Home » Berita » CATAT! Aturan Satu Arah Saat Mudik Lewat Tol Trans Jawa

CATAT! Aturan Satu Arah Saat Mudik Lewat Tol Trans Jawa

Jakarta – Segala persiapan telah dilakukan semua stakeholder untuk kelancaran arus mudik 2019. Termasuk akan diberlakukannya penerapan sistem satu arah atau one way di jalan tol Trans Jawa saat mudik Lebaran 2019. Hal ini diyakini akan mampu mengurai kemacetan di Tol Trans Jawa ketika musim mudik berlangsung.

“Kami sepakat menggunakan sistem one way karena ada kecenderungan masyarakat mudik dengan rombongan. Biasanya bisa sampai dua hingga tiga mobil. Kalau ada yang (bernomor) ganjil dan yang genap pasti akan terpisah mobilnya,” ungkap Budi Setiyadi selaku Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan dalam keterangan tertulis ….

Budi menambahkan tidak diberlakukannya ganjil-genap hal ini dikhawatirkan akan ada penumpukan di pintu-pintu tol bagi masyarakat yang tidak tahu. Sistem satu arah ini diberlakukan hanya untuk arus mudik. Yaitu mulai dari Cikarang Utama sampai dengan KM 262 atau Brebes Barat.

“Untuk kendaraan dari arah Timur nanti dari Brebes barat keluar melewati jalan arteri atau jalan negara sampai ke Cirebon lalu Indramayu sampai ke Jakarta. Ini akan diberlakukan mulai 30 Mei hingga 2 Juni dan berlangsung selama 24 jam,” tambah Budi.

Aturan Sistem Satu Arah

Masyarakat harus mengetahui poin pemberlakuan sistem satu arah, ini akan diberlakukan saat musim mudik Lebaran 2019. Jalan Tol Trans Jawa nantinya akan dibuka sepanjang 965 km mulai dari Merak, Banten, hingga Probolinggo, Jawa Timur.

Dalam menunjang kelancaran arus mudik, pemerintah resmi memberlakukan sistem satu arah. Diberlakukan mulai dari KM 29 Cikarang Utama sampai KM 262 Brebes Barat.

Berlaku mulai 30 Mei sampai 2 Juni 2019 selama 24 jam penuh, sistem satu arah digunakan dari arah barat ke timur, sedangkan dari timur ke barat melalui Jalan Pantura.

Previous post
Test Drive Wuling Confero S ACT, Kaki Kiri Sekarang Bisa Santai
Mobil Suzuki
Next post
Perbandingan Harga dan Varian Jimny Generasi Ketiga dan Keempat