Home » Berita » Perbandingan Harga dan Varian Jimny Generasi Ketiga dan Keempat

Perbandingan Harga dan Varian Jimny Generasi Ketiga dan Keempat

Suzuki Jimny
Donny Saputra, Direktur Marketing Suzuki Indomobil Sales begitu bersemangat menyambut kehadiran Jimny (Carmudi Indonesia – Amel)

Jakarta – Mengobati rasa rindu para penggemar mobil Sport utility vehicle (SUV) berukuran kecil, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mendatangkan Jimny generasi ketiga ke Indonesia. Saat itu peluncuran resminya dilakukan bersamaan dengan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. Suzuki Jimny generasi ketiga ini dijual dalam jumlah terbatas.

Kurang lebih satu tahun pasca peluncuran Jimny generasi ketiga, Suzuki kembali mendatangkan Jimny di pameran yang sama. Tapi kali ini yang dibawanya adalah Jimny Generasi keempat.

Sebelum lebih jauh membahas harga dan varian dari Suzuki Jimny model lama dan baru, perlu diketahui dahulu sedikit informasi terkait spesiifikasi keduanya.

Dimulai dari Suzuki Jimny Generasi ketiga. Kendaraan off road legendaris ini memiliki kepraktisan jauh lebih baik dari generasi sebelumnya. Namun tetap menawarkan karakteristik kuat untuk menaklukkan medan off road.

Suzuki Jimny generasi ketiga dilengkapi dengan desain lampu yang lebih besar, guard splash lebar dan ban berukuran 205/70 R15. Dipasangan pula Rail Roof Rack, serta ban cadangan guna menonjolkan karakter kuat SUV. Suspensi depan dan belakang Jimny menggunakan 3-Link Rigid Axle dengan Coil Spring , ground clearance mencapai 190 mm.

Transmisi otomatis memberikan kemudahan bagi pengemudi, sedangkan pertukaran sistem penggerak bisa dilakukan melalui tombol yang sudah tersedia.

Tenaga Suzuki Jimny

Keandalan dan ketangguhan Suzuki Jimny generasi ketiga didukung oleh mesin empat silinder dengan material alumunium. Sehingga bobot lebih ringan dan berdampak pada efesiensi bahan bakar. Mesin berkode M13A ini memiliki kapasitas 1.328 cc dengan VVT 16 katup bertenaga 80 hp pada 5.500 rpm, dan torsi puncak 110 Nm pada 4.500 rpm.

Sebagai mobil off road, Suzuki turut memperhatikan keamanan dan keselamatan penumpang dan pengemudi. Oleh sebab itu, Suzuki menyematkan sistem pengereman Antilock Braking System (ABS).

Adapun rem depan menggunakan cakram berventilasi dan belakang memakai drum, leading, dan trailing. Fitur keselamatan berkendara lainnya yang juga menjadi peranti standar Jimny generasi ketiga adalah Dual SRS airbag untuk melindungi penumpang dan pengendara.

Sementara itu mengenai Suzuki Jimny generasi keempat kembali dipamerkan oleh PT SIS di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 bulan lalu. Belum diketahui pasti kapan Suzuki resmi meluncurkannya. Informasi tentang spesifikasi Jimny generasi keempat yang akan dipasakan di Indonesia masih dirahasiakan.

Sebenarnya Suzuki Jimny generasi keempat hadir dalam dua model. Pertama Suzuki Jimny dengan mesin 660 cc. Model ini hanya diperuntukkan bagi pasar Jepang saja. Sedangkan kedua dinamai Jimny Sierra berkapasitas mesin 1.500 cc. Model inilah yang dipajang SIS di panggung utama booth Suzuki di GIIAS 2018 dan IIMS 2019.

Secara global Jimny Sierra ditawarkan dalam dua tipe, JC dan JL. Beberapa fitur yang diboyongnya antara lain lampu kabut halogen, pengaturan AC otomatis, keyless push-button engine start, kaca spion elektrik, smoked glass, dan velg 15 inci (JC).

Sementara JL jadi tipe tertinggi Jimny Sierra dengan seluruh fitur yang ada di tipe JC ditambah fitur lainnya seperti lampu utama LED, pembersih kaca lampu utama, cruise control, kaca spion dengan lampu LED, serta velg ukuran 15 inci, dan didukung oleh dual sensor brake.

Selain fitur-fitur tersebut, Suzuki juga menempatkan bumper yang lebih lebar, lapisan pelindung tambahan di sekitar lengkungan roda, dan ban yang lebih tebal.

Suzuki Jimny generasi keempat di IIMS 2019 (Foto: Ria/Carmudi)

Harga dan Varian

Suzuki Jimny generasi ketiga didatangkan secara utuh atau CBU (Completely Built Up) ke Indonesia dari Jepang. Pada saat peluncuran, Jimny generasi ketiga hanya tersedia dalam satu varian saja bertransmisi otomatis. Harga yang ditawarkan Rp285 juta. Sedangkan pilihan warnanya ada dua yakni Superior White dan Bluish Black 3.

Sementara harga dan varian Suzuki Jimny generasi keempat belum secara resmi diumumkan oleh PT SIS. Akan tetapi berdasarkan surat internal PT SIS kepada dealer mobil Suzuki yang telah bocor di media sosial mengungkap bahwa Jimny terbaru akan hadir dengan beragam pilihan warna serta varian.

Isi surat tersebut mengungkap setidaknya ada delapan pilihan warna untuk Jimny generasi keempat. Di antaranya white, grey, yellow (two tone), Chiffon Ivory (two tone), Brisk Blue (two tone), Silky Silver, Bluish Black dan Jungle Green.

Diperlihatkan pula harga jualnya dari masing-masing varian yang ditawarkan. Suzuki Jimny MT dibanderol Rp315,5 juta, Jimny AT Rp328 juta, Jimny MT two tone Rp317,5 juta dan Jimny AT two tone Rp 330 juta. Semua harga tersebut on the road Jakarta.(dol)

Previous post
CATAT! Aturan Satu Arah Saat Mudik Lewat Tol Trans Jawa
SPBU Pertamina
Next post
Musim Mudik 2019 BBM Sepanjang Jalur Tol Trans Jawa Cukup