Berita

Catat Tanggalnya, Pameran Otomotif GJAW akan Hadir 2022

Jakarta – Tak cuma GIIAS, tahun depan asosiasi kendaraan bermotor di Indonesia akan menyelenggarakan pameran otomotif Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW). Berbeda dengan GIIAS, fokus utama GJAW lebih kepada penjualan mobil untuk meningkatkan kembali industri otomotif di Indonesia.

Sedianya pameran otomotif GJAW dilaksanakan pada 2020, sebagai pengganti GIIAS yang urung digelar karena adanya pembatasan mobilitas dan aktivitas masyarakat akibat pandemi.

Bus Hino di GIIAS 2021 (Foto: Santo/Cramudi)

Namun, pada akhirnya hingga penghujung tahun GJAW juga batal diselenggarakan karena kondisi pandemi Covid-19 belum menunjukkan tanda-tanda menurun.

Setelah melalui pertimbangan matang, Gaikindo memutuskan untuk mengeser waktu pelaksanaan pameran otomotif GJAW menjadi 2022, tepatnya pada 5-13 Maret di Jakarta Convention Center (JCC).

Direktur Jenderal ILMATE, Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Taufiek Bawazier dalam keterangan resminya, Kamis (17/12/2021) menyampaikan bahwa pelaksanaan GJAW merupakan sebuah momentum penting, karena sektor otomotif memiliki kontribusi cukup besar terhadap perekonomian.

“Jakarta Auto Week ini salah satu penjaga momentum, jangan sampai transisi ke tahun 2022 terjadi penurunan,” tutur Taufiek.

Dia menambahkan, Kemenperin akan terus memantau sekaligus mengawal jalannya GJAW mulai dari persiapan hingga selesai pameran.

Sejauh ini belum diketahui pasti jumlah serta merek kendaraan apa saja yang akan berpartisipasi dalam pameran otomotif berskala kecil tersebut. Namun, Rizwan Alamsjah, Ketua III Gaikindo sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran memastikan GJAW bakal diramaikan oleh berbagai merek otomotif ternama, baik itu dari kendaraan penumpang maupun kendaraan komersial, serta industri pendukung.

“Sesuai dengan fokus dan tujuan penyelenggaraannya untuk menjadi momentum yang mendorong penjualan, kami mempersiapkan berbagai program yang akan menstimulus transaksi di pameran,” tutur Rizwan.

Terapkan Prokes Ketat

Sama seperti GIIAS 2021 yang digelar bulan lalu, GJAW akan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat selama pameran berlangsung, seperti memakai masker, mencuci tangan secara berkala, dan menjaga jarak.

Kebijakan ini berlaku tidak cuma bagi seluruh pengunjung, tapi juga untuk peserta pameran.

“Selama sembilan hari akan dilangsungkan dengan protokol kesehatan yang ketat,” pugkas Rizwan.

Pameran Otomotif GJAW

(Foto: Hyundai)

Diketahui, penyelenggaraan GJAW merupakan tindak lajut atas arahan yang diberikan oleh Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita kepada Gaikindo. Tujuan pameran ini untuk memberikan dorongan baru kepada industri otomotif.

Informasi harga dan mobil baru bisa cek di sini.

Penulis: Santo Sirait

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts

/