Berita

Catatan Penjualan Kendaraan Elektrifikasi Toyota di Indonesia

Kendaraan Elektrifikasi Toyota

Toyota Prius PHEV dipasarkan di Indonesia (Foto: Carmudi/Santo)

Jakarta – Sepanjang 2020 PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Toyota dan Lexus di Indonesia telah meluncurkan belasan mobil baru, beberapa di antaranya kendaraan elektrifikasi.

Walaupun terbilang baru, TAM mengakui bahwa peminatan kendaraan elektrifikasi mulai menunjukkan peningkatan.

Di awal 2020, TAM telah menghadirkan kendaraan berteknologi elektrifikasi, Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), Toyota Prius PHEV.

Mobil ramah lingkungan tersebut tidak dijual untuk konsumen individual melainkan ke konsumen borongan (fleet).

Tak sampai di situ, TAM kembali mendatangkan kendaraan elektrifikasi yang masuk dalam segmen Hybrid Electric Vehicle (HEV), Toyota Corolla Cross HEV.

Kemudian jelang tutup tahun 2020, TAM menghadirkan mobil listrik murni atau Battery Electric Vehicle (BEV) melalui Lexus UX300e.

Baca Juga:

Jika ditotal, saat ini TAM memiliki 10 produk kendaraan elektrifikasi, delapan model HEV, satu PHEV, dan satu BEV.

Berdasarkan data penjualan milik TAM, sejak awal diperkenalkan hingga Desember 2020, perusahaan telah berhasil membukukan penjualan ritel kendaraan elektrifikasi lebih dari 3.400 unit.

Kendaraan Elektrifikasi Toyota

All New Corolla Altis HEV (Foto: Santo/Carmudi)

Tren kendaraan elektrifikasi keluaran TAM setiap tahunnya terus meningkat.

Pada 2009, rata-rata penjualan ritel kendaraan elektrifikasi hanya dua unit per bulan. Lalu pada 2015 mulai menjadi rata-rata 15 unit per bulan. Sementara di 2020, meningkat signifikan menjadi rata-rata 86 unit per bulan.

Hal ini menandakan bahwa secara bertahap masyarakat semakin menerima kendaraan elektrifikasi khusunya merek Toyota.

“Kami melihat pelanggan semakin memahami pentingnya kehadiran kendaraan elektrifikasi sebagai salah satu pilihan sarana mobilitas. Oleh karena itu, kami berkomitmen untuk tidak hanya terus menghadirkan teknologi elektrifikasi yang lengkap mulai dari HEV, PHEV, dan BEV, tapi juga membangun ekosistem. Supaya lebih banyak lagi masyarakat yang dapat merasakan pengalaman bermobilitas dengan kendaraan elektrifikasi,” kata Wakil Presiden Direktur PT TAM, Henry Tanoto dalam keterangan resminya, Selasa (19/1/2021).

Toyota Jadi Merek Mobil Terlaris Pertama

Sepanjang 2020, TAM berhasil membukukan penjualan ritel mobil Toyota sebanyak 182.665 unit.

Walaupun angka penjualan tahun lalu turun drastis dibandingkan capaian 2019, tetapi Toyota masih menjadi merek mobil terlaris nomor satu di Indonesia.

Kendaraan Elektrifikasi Toyota

Toyota Corolla Cross (Foto: TAM)

Penjualan tertinggi Toyota sepanjang 2020 masih didominasi oleh mobil jenis MPV, dengan jumlah 105.274 unit.

AvanzaVeloz berhasil mendongkrak dengan membukukan 40.728 unit. Sementara Kijang Innova juga turut menopang segmen MPV Toyota dengan berkontribusi sebesar 29.952 unit sepanjang 2020.

Kontributor penjualan ritel Toyota terbesar kedua adalah segmen SUV dengan penjualan 47.995 unit. Toyota Rush menjadi kontributor terbesar di segmen ini dengan mencatatkan angka penjualan ritel sebesar 34.528 unit.

Mobil komersial Toyota juga turut berkontribusi besar terhadap penjualan tahun lalu.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts