Corak Batik Cirebonan dan Maritim Hiasi Chevrolet Spark

Penulis: Yongki Sanjaya
Jakarta – Ajang modifikasi selalu memikat kalangan muda Indonesia. Hal inilah yang mendasari General Motors Indonesia menggelar modifikasi virtual bertajuk Spark It Happen: From Sketch to Drive. Tepat pada Jumat, 27 Oktober 2017, GM Indonesia mengumumkan pemenang utama dan favorit dari modifikasi berbasis Chevrolet Spark.
Dua pemenang utama yaitu Dandung Prasojo asal Banyuwangi dan Novita Saroh dari Jakarta. Dandung sebagai pemenang pertama menggarap konsep dengan perpaduan desain topeng barong asal Bali dan motif batik mega mendung khas Cirebon. Sementara Novita, desainnya terinspirasi dari kekuatan Indonesia sebagai negara Maritim.
Program ini bergulir pertama kali tepat pada 17 Agustus 2017 lalu. GMI telah menerima lebih dari 200 karya desain virtual. Chevrolet juga memilih Fandy Bagaswati dari kota Makassar sebagai pemenang favorit dengan tema Jaranan Buto dan mendapat likes terbanyak di media sosial.
“Chevrolet mengucapkan terima kasih kepada ratusan anak muda yang berpartisipasi dalam kompetisi desain ini. Antusiasme dari pecinta Chevrolet menunjukkan bahwa The All New Chevrolet Spark semakin mencuri perhatian,” ucap Yuniadi Haksono Hartono, External Affairs & Communications Director GM Indonesia
Dalam babak grand final ini terpilih 10 finalis. Dalam proses penilaian dan pemenang, Chevrolet Indonesia berkolaborasi dengan NMAA (National Modificator & Aftermarket Association). Keduanya memastikan karya terpilih sesuai dengan tema kompetisi serta memenuhi ketentuan yang diberikan.
“Chevrolet berharap program ini dapat semakin mendekatkan kami dengan para pelanggan dan pecinta Chevrolet di seluruh Indonesia,” imbuh Yuniadi.
Digarap Secara Kilat
Proses penjurian menilai berdasarkan orisinalitas desain body graphic, kreativitas, lalu ubahan desain kabin yang mengedepankan keamanan berkendara.
Karya kedua pemenang Spark It Happen:From Sketch to Drive ditampilkan di Central Park pada 27-29 Oktober 2017. Pada kesempatan yang sama, Chevrolet juga membuka sesi test drive di mall yang berlokasi di Jakarta Barat tersebut.
Adapun karya virtual kedua pemenang langsung digarap oleh tim dari NMAA dengan waktu hanya seminggu setelah hasil penjurian dirilis. Chevrolet menyediakan dua unit The All New Chevrolet Spark sebagai ‘kanvas’ karya virtual dari pemenang. Tomy Gunawan dari NMAA mengakui kesulitan saat menggarap dua unit ini karena keterbatasan waktu.
“Jadi kami mempunyai kesulitan di waktu. Untuk menghasilkan hasil yg bagus itu biasanya 1-1,5 bulan. Tapi, kemarin ini waktunya dari pengumuman pemenang, serah terima mobil ke tempat kami, sampai kita publish hari ini waktunya bisa dikatakan maksimal satu minggu untuk dua mobil,” ungkap Tomy yang juga menjadi juri.