Tips dan Trik

Daftar Komponen Mobil yang Perlu Diperiksa Usai Dipakai Jarak Jauh

Komponen mobil

Periksa komponen mobil usai melakukan perjalanan jauh (Foto: Auto2000)

Jakarta – Setelah melakukan perjalanan jauh, sebaiknya pemilik kendaraan melakukan pemeriksaan terhadap beberapa komponen yang ada mobil.

Hal ini sangat penting untuk memastikan kondisi komponen mobil dalam keadaan prima. Sehingga layak dikendarai dan bisa menemani aktivitas harian Anda tanpa masalah.

Pemeriksaan komponen mobil bisa dilakukan sendiri di rumah. Sebagai rujukan, berikut ini daftar komponen mobil yang perlu diperiksa usai perjalanan jauh.

Baca Juga:

Ban Mobil

Ban merupakan satu-satunya komponen mobil yang berhubungan langsung dengan jalanan. Saat digunakan untuk perjalanan jauh, biasanya mobil diisi penuh oleh penumpang dan barang bawaan.

Oleh sebab itu, wajib periksa tekanan angin ban sesuai rekomendasi pabrikan. Perhatikan pula kondisi telapak dan dinding ban, serta bibir pelek mobil.

Jika ada yang mencurigakan, segera bawa ke bengkel resmi untuk pengecekan lebih lanjut.

Jangan lupa pula memeriksa ban cadangan.

Tekanan angin ban

Periksalah tekanan angin ban sebelum melakukan perjalanan jauh. (Foto: Istimewa).

Oli Mesin

Pastikan volume oli mesin sesuai takaran. Perhatikan juga warnanya, jangan sampai berubah menjadi keruh, hitam pekat, atau seperti tercampur air. Jika demikian, segera bawa mobil ke bengkel resmi untuk pengecekan.

Mesin

Usai melakukan perjalanan jauh, biasanya ruang mesin kotor dan berdebu. Bersihkan mesin dengan menggunakan kain lap basah. Dengan begitu, bisa terlihat jika ada kebocoran atau kerusakan lainnya.

Selain itu lakukan pemeriksaaan di panel instrumen. Posisikan kunci kontak dalam posisi ON, jika mesin bermasalah maka lampu indikator akan menyala.

Cairan di Ruang Mesin

Bisa dimulai dari mengecek air di radiator dan tabung penyimpan cadangan air radiator. Perhatikan ketinggian tabung penyimpan minyak rem dan pembersih kaca depan.

Komponen mobil

Mengecek oli mobil (Foto: Ilustrasi/TechCrack)

Periksa pula volume tabung fluida kopling untuk mobil transmisi manual. Cek ketinggian air aki serta bersihkan permukaan terminal aki dan tutup pengisi jika terjadi pengapuran. Selanjutnya, cek volume minyak power steering hidrolis dan pastikan freon AC dalam kondisi penuh.

Kolong Mobil

Perhatikan shock absorber dari kebocoran, termasuk karet-karet penyangga yang ada di sekitarnya dari potensi getas dan robek.

Waspada kebocoran dengan melihat kondisi selang rem. Untuk mobil dengan rem cakram bisa melihat langsung kondisi kampas rem. Sedangkan rem teromol, waspadai kebocoran dengan memperhatikan dinding teromol rem.

Komponen mobil

Cuci mobil usai perjalanan jauh (Foto: Polishingcar)

Mencuci dan Bersihkan Kabin Mobil

Jangan lupa juga untuk mencuci mobil. Pastikan seluruh bagian mobil dicuci bersih, mulai dari bodi, kolong mobil, hingga ruang mesin. Bersihkan pula Kabin dan bagasi, pastikan tidak ada kotoran tersisa. Bila perlu semprotkan cairan disinfektan untuk membunuh bakteri, virus, dan kuman.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts