Mobil

Daftar Mobil Baru November 2022, WR-V, Almaz Hybrid, hingga Tiggo 7 Pro

Mobil baru yang meluncur sepanjang November 2022 bisa dikatakan cukup ramai. Berbeda dengan dua bulan sebelumnya, di mana hanya ada satu mobil baru yang meluncur pada September dan dua model baru di Oktober.

Sepanjang November 2022, mobil baru yang meluncur di Indonesia berdasarkan catatan Carmudi berjumlah enam model. Semuanya datang dari empat merek yang berbeda, perpaduan antara merek asal Jepang dan China.

Mobil Baru November 2022

Mobil baru November 2022 Honda WR-V (Foto: Honda)

Adapun merek-merek kendaraan yang menghadirkan mobil baru pada bulan lalu, yaitu Honda, Toyota, Wuling dan Chery.

Jenis kendaraan yang dihadirkan oleh masing-masing merek pun beragam, ada Sport Utility Vehicle (SUV) dan Multi Purpose Vehicle (MPV).

Tak kalah menariknya, dari enam model mobil baru yang diluncurkan, dua di antaranya berstatus World Premiere, serta ada tiga kendaraan elektrifikasi, baik itu hybrid maupun listrik murni.

Untuk lebih lengkapnya, berikut daftar mobil baru sepanjang November 2022 beserta dengan harga on the road Jakarta-nya.

Mobil Baru November 2022

Honda WR-V

Honda WR-V resmi meluncur pada 2 November 2022 di Jakarta. Indonesia menjadi negara pertama di dunia yang meluncurkan WR-V.

Model pertama Honda di segmen Small SUV ini merupakan bentuk nyata dari versi konsep bernama SUV RS yang pernah diperlihatkan oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) di berbagai kesempatan pameran otomotif.

WR-V mempunyai tampilan eksterior yang gagah sesuai karakter SUV yang dipadukan dengan desain sporty. Sedangkan interiornya menawarkan ruang yang lega dipadu penyematan material-material berkualitas untuk memberikan rasa nyaman bagi pengemudi maupun penumpang.

Simulasi Kredit Honda WR-V

(Foto: Honda)

Sumber tenaganya berasal dari mesin bensin 1.5 L i-VTEC DOHC 4 silinder segaris DBW, 16 katup yang mampu mengeluarkan tenaga 119 hp pada 6.600 rpm dan torsi puncak 145 Nm pada 4.300 rpm.

Tenaga tersebut disalurkan ke roda melalui transmisi otomatis jenis CVT dengan teknologi G-design shift.

Berbagai fitur canggih dan terkini ada di Honda WR-V, beberapa di antaranya Vehicle Stability Assist (VSA), ABS + EBD + BA, 4 Airbags, Hill Start Assist, Emergency Stop Signal, Brake Override System, Remote Engine Start, Keyless Entry, Auto Lock System by Speed, Immobilizer dan Alarm System, hingga Honda Sensing.

Harga Honda WR-V

  • Honda WR-V Tipe E CVT Rp271,9 juta
  • Honda WR-V Tipe RS CVT Rp289,9 juta
  • Honda WR-V Tipe RS CVT with Honda Sensing Rp309,9 juta.

Wuling Almaz Hybrid

Sehari setelah peluncuran WR-V tepatnya pada 3 November 2022, Wuling meluncurkan Almaz Hybrid. Medium SUV ini menjadi mobil hybrid pertama Wuling di Indonesia.

Almaz Hybrid dibangun dari basis Almaz RS Pro dengan sejumlah tambahan aksesori, dan mesin.

Adapun aksesori tambahan yang disematkan meliputi, Prominent Hybrid Emblem, Dynamic Blue Lines, dan pelek 18 inci.

Sedangkan mesinnya berkonfigurasi 2.0 liter bertenaga 123 hp dan torsi puncak 168 Nm yang dipadukan dengan motor listrik berdaya maksimal 174 hp dan torsi 320 Nm serta didukung baterai berkapasitas 1,8 kWh.

Mobil Baru November 2022

Wuling Almaz Hybrid (Foto: Santo/Cramudi)

Tenaga dari mesin dan motor listrik disalurkan ke roda depan lewat Teknologi Dedicated Hybrid Transmission (DHT) yang dikembangkan secara khusus dengan pilihan tiga mode berkendara, yaitu EV Mode, Series Hybrid, dan Parallel Hybrid.

Fitur unggulan Wuling seperti Advanced Driver Assistance System (ADAS), Internet of Vehicle (IoV) dan perintah suara berbahasa Indonesia, Wuling Indonesian Command (WIND) turut disematkan ke Almaz Hybrid.

Harga Wuling Almaz Hybrid

  • Almaz Hybrid Rp470 juta.

Toyota bZ4X

Mobil baru November 2022 selanjutnya ada Toyota bZ4X. Seremoni peluncurannya terjadi pada 10 November.

bZ4X menjadi mobil listrik murni pertama Toyota yang diniagakan di Indonesia. Sebelumnya PT Toyota Astra Motor (TAM) lebih banyak mendatangkan mobil hybrid.

Toyota bZ4X dibangun menggunakan platform e-Toyota New Global Architecture (TNGA) yang didedikasikan khusus bagi mobil listrik murni atau dikenal juga dengan sebutan Battery Electric Vehicle (BEV).

SUV ramah lingkungan ini punya tampilan eksterior yang gagah, modern dan futuristik. Interiornya hadir dengan nuansa mewah, nyaman serta lapang.

Lithium-ion Battery mempunyai kapasitas 71,4 kWh disematkan di bZ4X sebagai sumber energi bagi motor listrik. Baterai tersebut diklaim mampu membawa bZ4X berjelajah hingga 500 km.

Chery Tiggo 7 Pro

Launching Toyota bZ4X (Foto: Carmudi/Dimas)

Fitur-fitur unggulan yang terdapat di Toyota bZ4X, antara lain Advanced Park, Toyota Safety Sense (TSS) 3.0, dan head unit layar sentuh 12,3 inci.

Harga Toyota bZ4X

  • BZ4X Panoramic Roof (Spot Order) Rp1,19 miliar.

Toyota Kijang Innova Zenix

Kurang dari dua minggu setelah mendatangkan bZ4X, TAM kembali meluncurkan mobil baru yang sudah lama menjadi perbincangan di kalangan pecinta otomotif Tanah Air, yaitu Kijang Innova Zenix.

Meluncur pada 21 November, kehadiran Toyota Kijang Innova Zenix di Indonesia menjadi yang perdana di dunia.

Mobil keluarga ini tersedia dalam dua tipe, Kijang Innova Zenix bensin dan hybrid. Kedua tipe menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) GA-C dengan struktur monokok sebagai pengganti platform tangga (ladder) yang digunakan oleh generasi terdahulu.

Kijang Innova Zenix bensin menggunakan mesin 2.0-liter berkode M20A-FKS. Tenaga yang dikeluarkan sebesar 171 hp pada 6.600 rpm dan torsi puncak 204 Nm pada 4.500-4.900 rpm.

Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid

All New Toyota Kijang Innova Zenix resmi menjadi mobil elektrifikasi pertama Toyota yang diproduksi secara lokal. (Foto: Carmudi/Rizen)

Sementara Kijang Innova Zenix hybrid menggendong mesin M20A-FXS berkapasitas 2.0-liter bertenaga 149 hp pada 6.000 rpm serta torsi 187 Nm pada 4.400-5.200 rpm. Kemudian dipadukan dengan motor listrik berdaya maksimal 111 hp) dan torsi 205 Nm. Sumber energi motor listrik berasal dari Baterai Ni-MH yang disimpan di bawah kedua jok depan.

Semua tipe dibekali transmisi otomatis 10-direct shift CVT yang menyalurkan tenaga dari mesin ke roda depan.

Fitur-fitur standar yang ada di kedua tipe, yaitu Electric Parking Brake (EPB), Auto Brake Hold (ABH), Digital Auto AC, Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Smart Door Lock, dan sebagainya.

Khusus Kijang Innova Zenix hybrid tipe termahal ada tambahan fitur keselamatan canggih, TSS 3.0. Di dalam TSS 3.0 terdapat Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert (LDA), Lane Tracing Assist (LTA), dan Automatic High Beam (AHB).

Harga Toyota Kijang Innova Zenix

Tipe Bensin

  • Gasoline 2.0 G CVT Rp419 juta
  • Gasoline 2.0 V CVT Rp467 juta

Tipe Hybrid

  • Hybrid 2.0 G HV CVT Rp458 juta
  • Hybrid 2.0 V HV CVT Rp522.15 juta
  • Hybrid 2.0 V HV CVT Modellista Rp532 juta
  • Hybrid 2.0 Q HV CVT TSS Rp601,15 juta
  • Hybrid 2.0 Q HV CVT TSS Modellista Rp611 juta.

Chery Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro

Menandai Chery kembali ke Indonesia, diluncurkanlah Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro. Kedua SUV premium ini resmi meluncur pada 23 November, setelah sebelumnya sempat mundur beberapa kali.

Chery Tiggo 8 Pro

Chery Tiggo 7 Pro (Foto: Carmudi)

Chery Tiggo 7 Pro menyasar konsumen elit perkotaan yang antusias dengan teknologi. Sebagai modal untuk menggaet konsumen di segmen tersebut, Chery telah mempersenjatai mobil ini dengan desain gagah dan sporty pada bagian eksterior. Interiornya, dibekali dengan berbagai perangkat canggih untuk menunjang kenyamanan bagi pengemudi dan penumpang selama berkendara.

Fitur keselamatan canggih, Advance Driver-Assistance System (ADAS) generasi terbaru turut melekat di Tiggo 7 Pro.

Chery Tiggo 8 Pro hadir dengan nuansa mewah yang berorientasi untuk menyasar konsumen kalangan atas yang berdomisili di perkotaan.

Tiggo 8 Pro mengadaptasi gaya berkelas, dengan fitur-fitur elegan dan berteknologi mewah.

SUV China dengan konfigurasi 7 penumpang ini dibekali mesin 2.0TGDI. Fitur-fitur unggulannya, antara lain LCD berukuran 12,3 inci, layar kontrol pusat 12,5 inci,  Speaker 8 buah, dan filter udara kabin anti bakteri.

Mobil Baru November 2022

Chery Tiggo 8 Pro (Foto: Carmudi)

Harga Chery Tiggo 7 Pro

  • Tiggo 7 Pro Comfort 1.5 T + CVT Rp368,5 juta
  • Tiggo 7 Pro Luxury 1.5 T + CVT Rp398,5 juta
  • Tiggo 7 Pro Premium 1.5 T + CVT Rp428,5 juta
  • Tiggo 7 Pro Premium Two Tone Rp433,5 juta

Harga Chery Tiggo 8 Pro

  • Tiggo 8 Pro Luxury Rp518,5 juta
  • Tiggo 8 Pro Premium Rp548,5 juta.

Demikian daftar mobil baru yang meluncur di Tanah Air selama November 2022.

Memasuki Desember 2022, sudah ada beberapa Agen Pemegang Merek (APM) yang tengah bersiap meluncurkan produk barunya di awal maupun di pertengahan bulan.

Cari Mobil Bekas di CARSOME

Bagi Carmudian yang mau cari mobil bekas berkualitas dan bergaransi, ada baiknya cek pilihannya di CARSOME.

Mengapa di CARSOME?

Pertama, CARSOME punya mobil bekas bersertifikasi. Maksudnya, semua mobil yang disediakan CARSOME Certified hadir dengan CARSOME Promise untuk memastikan pengalaman membeli mobil Anda berjalan lancar.

CARSOME Promise mencakup pemeriksaan pada 175 titik inspeksi dan proses rekondisi mobil secara profesional. Semua sudah termasuk dalam harga yang tetap, dengan jaminan uang kembali dalam 5 hari dan garansi selama 1 tahun.

Penulis: Santo Sirait

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts