Home » Reviews » Deretan Motor dengan Fitur Lengkap, Isi Baterai Ponsel Bisa Sambil Berkendara

Deretan Motor dengan Fitur Lengkap, Isi Baterai Ponsel Bisa Sambil Berkendara

Yamaha Lexi
Yamaha Lexi jadi motor dengan fitur paling lengkap dan harga cukup terjangkau

Jakarta – Sepeda motor sekarang menjadi sarana transportasi utama masyarakat, khususnya di kota besar. Mobilitas tinggi dari para pengendara mendorong pabrikan sepeda motor terus berinovasi dengan menambah banyak fitur. Motor dengan fitur lengkap biasanya banyak dipilih, karena menawarkan kemudahan selama berkendara.

Saat ini motor dengan bagasi besar sudah biasa, atau adanya glove box di tebeng sayap juga sudah lumrah. Pengendara masa kini butuh fitur yang lebih fungsional, seperti misalnya mengisi daya baterai ponsel atau sistem pengereman bersamaan pada skutik agar kian responsif di tengah kemacetan.

Hampir tiap merek berusaha menghadirkan kendaraan roda dua dengan fitur yang memudahkan para bikers saat perjalanan. Zaman sekarang, motor tidak hanya sekedar kendaraan jarak dekat untuk pergi ke kantor atau ke sekolah. Sebuah motor juga harus nyaman ketika digunakan berkendara jarak jauh.

Sebagai intermezzo, pada tahun 2009 lalu TVS Company Indonesia sempat merilis motor bebek bernama TVS Rockz. Fitur yang ditawarkan pun tak lazim di antara motor bebek pada umumnya. TVS Rockz menjadi motor dengan fitur lengkap seperti MP3 player berikut speaker kecil terintegrasi yang berada di bagian sayap tengah motor.

TVS Rockz
TVS Rockz Dibekali MP3 player

Sayangnya, motor tadi keburu punah karena minimnya peminat. Padahal, TVS Rockz dahulu juga sudah dibekali juga dengan soket lighter yang berfungsi mengisi daya ponsel. Saat itu, fitur seperti soket lighter kurang berguna karena daya baterai ponsel yang relatif irit tidak seperti sekarang.

Berikut ini motor dengan fitur lengkap yang berhasil dihimpun Carmudi dari berbagai merek:

Honda Scoopy (Skutik 110-115 cc)

Honda Scoopy
Honda Scoopy fiturnya lengkap

Untuk kategori skutik bermesin 110 cc, fitur Honda Scoopy termasuk lengkap. Scoopy telah dibekali dengan Power Charger in Console Box dengan daya 12V 1A. Motor retro produksi PT Astra Honda Motor ini juga memiliki bagasi besar dengan volume 15,4 liter di balik jok.

AHM mengklaim bila Scoopy menjadi motor metik pertama yang memakai LED projector headlight. Sistem pencahayaan seperti ini punya pancaran yang lebih terang tapi konsumsi daya listrik rendah.

Soal fitur keamanan juga bukan kaleng-kaleng kalau kata orang Medan bilang. AHM membekali Scoopy dengan alarm terintegrasi answer back system. Jadi, kamu mudah mencari motor saat tersesat di parkiran atau mengamankan motor dari ancaman pencuri.

Yamaha Lexi (Skutik 125 cc)

Yamaha Lexi S
Yamaha Lexi S (Foto: Carmudi)

Untuk skutik di kelas 125 cc, ada Yamaha Lexi yang punya fitur lengkap. Skutik bongsor bikinan kubu garputala dilengkapi hazard lamp untuk memberikan isyarat kondisi darurat dalam perjalanan. sama seperti Scoopy, Lexi memiliki Electric Power Socket untuk mengisi daya gadget.

Soal fitur keamanan pada Yamaha Lexi bahkan cukup canggih karena memakai Smart Key System yang merupakan sistem kunci tanpa anak kunci (Keyless). Sementara sisi kenyamanan semakin baik karena Yamaha membekali Lexi dengan Sub-Tank Suspension.

Karakter suspensi dengan tabung ini lebih empuk dan lembut ketimbang suspensi biasa milik Yamaha yang kenyal. Untuk mesinnya pun berteknologi Variable Valve Actuation (VVA) sehingga pengendara akan merasakan sensasi berkendara efisien dan bertenaga.

Honda PCX (Skutik 150 cc)

Honda PCX
All New Honda PCX fiturnya paling lengkap di segmen 150 cc

Masuk kategori skutik bermesin pekgoan, ada Honda PCX yang menjadi motor dengan fitur lengkap. Rival kuat Yamaha NMax ini telah diproduksi lokal dan dijejali beragam fitur terkini untuk menyaingi popularitasnya.

Pertama dimulai dari bagasi, ukuran bagasi pada PCX ini gede banget lho mencapai 28,8 liter. Kamu bisa masukkan helm, jas hujan, cemilan untuk misalnya berhenti di jalan, atau bahkan pakaian ganti sekalian kalau bepergian jarak jauh.

Fitur lainnya yang tak kalah mutakhir yaitu smart key system seperti di mobil. Teknologi keyless ini terintegrasi immobilizer, alarm, dan aswer back system. Kamu tidak perlu mengeluarkan kunci dari saku, dan tinggal memutar knob starter.

Bila baterai ponsel habis di perjalanan karena dipakai untuk petunjuk jalan, tinggal colok saja di power charging yang ada pada konsol sebelah kiri. Berbeda dengan Scoopy yang terbuka, konsol box pada PCX ini bentuknya tertutup sehingga lebih aman.

Honda Supra X 125 (Motor Bebek)

Honda Supra X 125 FI
Honda Supra X 125 FI Energetic Red (Foto: AHM)

Segmen terakhir ini mulai ditinggalkan kalangan bikers kota besar. Namun, keberadaan motor bebek masih banyak dibutuhkan oleh masyarakat pedesaan atau kota kecil di pegunungan. Dengan transmisi semi otomatis, motor bebek lebih mudah melahap jalan naik turun pegunungan tanpa perlu main tuas kopling.

Untuk motor bebek yang punya fitur paling lengkap menurut Carmudi ialah Honda Supra X 125. Supra adalah bebek legendaris, yang hadir sejak 1997 dengan mesin 100 cc. Beda dengan motor bebek lain, Supra X 125 terbaru sudah memiliki Power Charger di dalam bagasi dan functional hook di tebeng tengah.

Power charger ini berfungsi mengisi daya ponsel saat perjalanan. Pengisian lebih aman karena ponsel tersimpan di dalam bagasi. Lalu untuk cantelan alias hook ini berbeda dari kepunyaan Honda Beat, karena bentuknya memiliki tutup sehingga menjaga barang bawaan tidak sampai terlepas.

Modifikasi Chevrolet Trooper
Previous post
Modifikasi Chevrolet Trooper, Mobil Camper Nyaman
Komunitas TeRuCI melakukan bedah rumah
Next post
TeRuCI Lakukan Bedah Rumah Di Nusa Kambangan