BeritaEventMobilSumber informasi

Dua Varian Tata Motors Siap Perang di Segmen Bus Medium

Jakarta – Tak hanya mengandalkan Tata Xenon dan Super Ace, Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) di Indonesia International Motors Show (IIMS) 2017 juga memperkenalkan model kendaraan bus. Dua model bus ini menggunakan basis (sasis) varian LPT 407 dan LP 713 yang merupakan bus medium dan masuk ke dalam segmen kendaraan niaga katagori 2.

Bus LP 713 merupakan bus 6 ban, 30 kursi penumpang dengan rute antar kota dengan jarak tempuh nyaman 200-300 km. Menggunakan desain bodi eksterior dan interior dari perusahaan karoseri Rahayu Santosa.

Sementara LPT 407 yang menggunakan desain dari karoseri Adiputro memiliki konfigurasi tempat duduk 21 + 1. Disediakan oleh TMDI untuk memenuhi kebutuhan bus wisata antar kota dengan rute tempuh di bawah 300 km dan mengincar ceruk pasar shuttle bus perusahaan atau instansi pemerintahan.

Khusus mengenai LPT 407, TMDI menawarkan dimensi bus yang lebih lebar dari rival sekelasnya yang menjamin proporsi dimensi bisa lebih tinggi. Hal ini berkontribusi besar kepada kenyamanan kabin dan kabin menjadi lebih luas. Selain lebih luas, konfigurasi kursi memungkinkan menjadi 2 kursi di sisi kiri dan 2 di sisi kanan.

Penumpang LPT 407 dapat dengan mudah serta leluasa lalu-lalang ke area depan dan belakang bus melalui lorong yang lega dan bisa berdiri, karena kabin LPT 407 tinggi.
Di sisi keselamatan dan keamanan, LPT 407 dilengkapi dengan hanya 2 pintu akses keluar masuk penumpang di sebelah kiri bagian depan dan belakang. Dengan tujuan keamanan, dan sesuai standar keselamatan internasional, LPT 407 meniadakan pintu sopir bus.

Selain itu, LPT 407 menyediakan pintu darurat di sebelah kanan bagian belakang kendaraan dan 2 buah jendela darurat di atapnya. Wilda Bachtiar, Marketing Manager – Commercial Vehicles TMDI mengatakan, TMDI saat ini telah siap melayani permintaan bus medium dari perusahaan travel dan instansi pemerintah melalui LKPP.

Potensi bisnis kendaraan bus akan terbuka luas seiring pembangunan proyek infrastruktur jalan tol pemerintah yang sangat massif. Ditambah, gencarnya pembenahan transportasi perkotaan dan tumbuhnya bisnis travel di semua propinsi di Indonesia.

Spesifikasi LPT 407

LPT 407 dibekali mesin dengan model Tata 4SPTC Turbo Intercooler yang besar tenaganya dan hemat bahan bakarnya. Mampu menghasilkan tenaga 100 Hp dengan torsi maksimum 300 Nm. Turbo Intercooler telah teruji keandalan dan kemudahannya dalam perawatan.

Transmisinya menggunakan transmisi Tata GBS-27 dengan variasi rasio gigi yang disesuaikan dengan torsi mesin sehingga daya tanjak melimpah dan daya tahan gardan lebih lama.

Tata

Bus Tata LPT 407 yang mempunyai sasis lebih lebar. Foto/Carmudi Indonesia.

ParameterLPT 407 Cab chassis
Engine typeTATA 4SP TURBO INTERCOOLED (BS-III)
Engine Capacity2956 cc
Power100PS @ 2800 rpm
Torque300Nm at 1400-1500 rpm
Gear Ratio1st – 7.36 2nd – 4.38 3rd – 2.48 4th – 1.58 5th – 1.00 Rev – 6.67
Final gear ratio4.125
SuspensionFront axle: Heavy duty, Forged I beam. Reverse Elliot type

 

Rear axle: Single reduction, hypoid gears, fully floating axle shafts.

 

Suspension: Semi elliptical leaf spring at front and rear with auxiliary springs at rear only. Antiroll bar at front only.

Brakes Vacuum assisted dual circuit hydraulic with tandem master cylinder.
SteeringIntegral hydraulic power steering
Kerb weight (in kgs)2870 kgs.
GVW (in kgs.)7250 kgs
Wheel base3400 mm
Fuel tank capacity60 litres
Load body Dimensions (in mm)NA
Tires8.25 x 16 -16 PR

 

Grade ability27%
Maximum speed104 kmph

Spesifikasi LP 713

Tata

Tata LP713 yang lebih modern dengan sasis standart. Foto/Carmudi Indonesia.

LP 731 dibekali mesin Tata 697 TCIC Euro 2. Mesin ini memiliki kapasitas silinder 5.675 cc, terbesar di kelasnya. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 130 PS pada 2.400 rpm dan torsi puncak 416 Nm pada 1400 sampai 1700 rpm.(Dol)

ParameterLP 713
Engine typeTATA 697 TCIC E2
Engine Capacity5675 cc
Power130PS @ 2400 rpm
Torque416Nm at 1400-1700 rpm
Gear Ratio1st – 7.51 2nd – 3.99 3rd – 2.50 4th – 1.51 5th – 1.00 Rev – 6.93
Final gear ratio3.111
SuspensionSuspension: Semi elliptical leaf spring at front and rear. Antiroll bar at front and rear.
BrakesDual circuit full air S-cam brake.
SteeringPower steering
Kerb weight (in kgs)3160 kgs
GVW (in kgs.)7700 kgs
Wheel base3800 mm
Fuel tank capacity120 litres
Load body Dimensions (in mm)NA
Tires7.5 x 16 -14 PR

 

Grade ability30%
Maximum speed112 kmph

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts