Berita

Fakta Menarik Ioniq 5, Mobil Listrik Terbaru Hasil Garapan Hyundai

Mobil listrik Ioniq 5

Hyundai luncurkan mobil listrik Ioniq 5 (Foto: Hyundai)

Seoul – Menunjukkan eksistensinya dalam perkembangan teknologi ramah lingkungan, Hyundai melalui sub-merek Ioniq meluncurkan mobil listrik terbaru bernama Ioniq 5.

Mobil jenis crossover ini dibangun dengan arsitektur terbaru yang disediakan secara khusus untuk jajaran Battery Electric vehicles (BEV) yang disebut Electric-Global Modular Platform (E-GMP). Penggunaan E-GMP memungkinkan mobil listrik Ioniq 5 memiliki wheelbase panjang sehingga menawarkan ruang kabin yang lega.

Bahasa desain eksterior Ioniq 5 terinspirasi dari mobil konsep EV ’45’ yang pertama kali diperlihatkan pada ajang International Motor Show Germany 2019.

Semakin sempurna berkat performa yang kuat dipadukan dengan pengisian daya sangat cepat dan fungsi Vehicle-to-Load (V2L), serta fitur konektivitas canggih. Ditambah lagi dengan adanya fitur pendukung pengemudi yang menawarkan pengalaman berkendara yang menyenangkan dan aman.

Mobil listrik Ioniq 5

Mobil listrik Ioniq 5 dibangun menggunakan Electric-Global Modular Platform (E-GMP) (Foto: Hyundai)

“Ioniq 5 menghadirkan gaya hidup tanpa batas dan secara proaktif memperhatikan apa yang menjadi kebutuhan pelanggan selama perjalanan mereka. Ioniq 5 benar-benar merupakan mobil listrik pertama yang memberikan pengalaman baru dengan ruang interior dan kecanggihan teknologi terdepan dan inovatif,” ujar Thomas Schemera, Executive Vice President and Global Chief Marketing Officer Hyundai Motor Company.

Berikut ini beberapa fakta menarik dari crossover listrik terbaru hasil garapan Hyundai:

Desain Eksterior

Eksterior Ioniq 5 tampil unik yang terinspirasi dari profil Hyundai Pony dengan panjang wheelbase hingga 3.000 mm.

Bagian depan mobil dilengkapi dengan kap mesin bertipe clamshell pertama dari Hyundai yang meminimalkan celah panel untuk menghadirkan aerodinamis yang optimal.

Bemper depan berbentuk V digabungkan dengan daytime running lights (DRL) yang memberikan ciri khas lampu unik pada mobil Korea Selatan itu.

Mobil listrik Ioniq 5

Tampilan depan Ioniq 5 (Foto: Hyundai)

Nuansa berbentuk pixel pada bagian lampu juga hadir di bagian belakang kendaraan.

Di bagian samping, gagang pintu otomatis menghadirkan permukaan yang mulus dan meningkatkan aerodinamis. Bentuk depan dan belakang kendaraan menyatu di pintunya, menghadirkan nuansa desain ‘Parametric Dynamics’ Hyundai yang pertama kali terlihat pada all new Tucson.

Bentuk pillar C terinspirasi dari konsep EV ’45’ Hyundai, memberikan tampilan Iioniq 5 dapat dikenali dengan mudah dari kejauhan.

Pada bagian roda menghadirkan pelek berdiameter 20 inci, menjadikannya sebagai terbesar yang pernah dipasang pada mobil listrik Hyundai.

Pelanggan disuguhkan dengan sembilan warna eksterior, lima di antaranya warna baru yang terinspirasi dari alam.

Interior

Hyundai juga menghadirkan tema ‘Living Space’ di bagian interior, di mana konsol tengah dapat dipindahkan serta digeser mundur sekira 140 mm.

Lantai mobil didesain datar meski terdapat baterai di bawahnya, sehingga memberikan kebebasan dalam bergerak di dalam mobil.

Ioniq 5 juga dilengkapi dengan jok depan yang dapat diatur secara elektronik. Ketebalan jok depan dikurangi hingga 30 persen, memberikan lebih banyak ruang bagi penumpang yang duduk di baris kedua.

Interior Mobil listrik Ioniq 5 (Foto: Hyundai)

Menariknya, jok, headliner, door trim, lantai dan sandaran tangan, menggunakan material yang ramah lingkungan seperti pengunaaan serat benang wol berbahan alami, kulit olahan ramah lingkungan, dan cat berbahan alami.

Pilihan Performa

Ioniq 5 tersedia dalam beberapa konfigurasi power electric (PE) untuk menyesuaikan dengan kebutuhan mobilitas setiap pelanggan.

Hyundai menyediakan dua pilihan ukuran baterai, 58 kWh atau 72,6 kWh, dan dua tata letak motor listrik. Di bagian roda belakang saja Two Wheel Drive (2WD) atau bagian roda depan dan belakang atau All Wheel Drive (AWD).

Semua variasi PE menawarkan daya jangkau yang cukup jauh dan memberikan kecepatan tertinggi hingga 185 km/jam.

Pada pilihan AWD dipasangkan baterai berukuran 72,6 kWh, menghasilkan tenaga 301 Hp dan torsi 605 Nm. Mobil ini dapat melaju dari 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 5,2 detik.

Tampilan belakang Ioniq 5 (Foto: Hyundai)

Pengisian Baterai Ultra-fast dan fungsi V2L

Apabila menggunakan pengisi daya listrik berkekuatan 350 kW, Ioniq 5 5 dapat mengisi daya dari 10 persen menjadi 80 persen hanya dalam waktu 18 menit. Menurut WLTP, pengguna hanya perlu mengisi daya baterai selama lima menit untuk dapat menempuh jarak hingga 100 km.

Keluarga baru Hyundai ini juga dibekali fungsi V2L, yang memungkinkan pengguna bebas menggunakan atau mengisi daya perangkat listrik apapun, seperti sepeda listrik, skuter listrik, dan lainnya. Sehingga mobil ini dapat berfungsi sebagai pengisi daya listrik pada saat dalam perjalanan.

Fungsi V2L dapat memasok daya hingga 3,6 kW. Port V2L terletak di bawah kursi baris kedua, dan dapat diaktifkan saat kendaraan dalam keadaan menyala. Selain itu ada juga yang letaknya di luar mobil.

Dasbor Ioniq 5 (Foto: Hyundai)

Konektivitas

Ioniq 5 dilengkapi dengan head unit layar sentuh berukuran 12 inci dan hoodless digital gauge cluster 12 inci yang dapat disesuaikan sesuai kebutuhan pelanggan.

Untuk pertama kalinya di Hyundai, Ioniq 5 menampilkan Augmented Reality Head-Up Display (AR HUD), yang mengubah kaca depan menjadi layar.

Mobil ini juga mendapatkan Hyundai SmartSense terkini, yaitu sistem bantuan pengemudi yang dapat memastikan keselamatan dan kenyamanan tingkat tinggi saat berkendara.

Ioniq 5 adalah model Hyundai pertama yang menawarkan Highway Driving Assist 2 (HDA), Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), Intelligent Speed Limit Assist (ISLA), Driver Attention Warning (DAW), dan masih banyak lagi.

Mobil tanpa emisi ini akan tersedia di beberapa negara mulai semester pertama tahun 2021.

Kendaraan listrik Hyundai

Electric Global Modular Platform (E-GMP) merupakan platform khusus untuk kendaraan listrik Hyundai (Foto: Reuters)

Spesifikasi Ioniq 5

Dimensi

Wheelbase 3.000 mm
Panjang 4.635 mm
Lebar 1.890 mm
Tinggi 1.605 mm

Performa

Platform Electric-Global Modular Platform
Jarak tempuh maksimum (berdasarkan WLTP) 470-480 km (Saat memasangkan tipe 2WD dengan opsi baterai 72,6 kWh)

Baterai

72.6-kWh tenaga 301 Hp torsi 605 Nm (AWD)
72.6-kWh tenaga 214 Hp torsi 350 Nm (2WD)
58-kWh tenaga 232 Hp torsi 605 Nm (AWD)
58-kWh tenaga 167 Hp torsi 350 Nm (2WD)

Fitur Keselamatan

Forward Collision-Avoidance Assist (FCA)
Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA)
Safe Exit Assist (SEA)
Intelligent Speed Limit Assist (ISLA)
Driver Attention Warning (DAW)
High Beam Assist (HBA)
Surround View Monitor (SVM)
Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA)
Parking Collision-Avoidance Assist (PCA)
Highway Driving Assist 2 (HDA 2)
Remote Smart Parking Assist (RSPA)

Warna Eksterior

Gravity Gold Matte
Shooting-Star Grey Matte
Digital Teal-Green Pearl
Lucid Blue Pearl
Atlas White
Cyber Grey Metallic
Phantom Black Pearl
Galactic Grey Metallic
Mystic Olive-Green Pearl

Warna Interior

Obsidian Black dan Dark Pebble Grey / Dove Grey
Dark Teal / Dove Grey, dan Terra Brown / Mud Grey

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts