Berita

Gelis Mini Jeep Siap Jadi Teman Wara-wiri, Begini Rasa Mengedarainya

Jakarta — Pameran Indonesia Automodified x IIMS Motobike Show 2021 yang berlangsung akhir pekan, (27-28/11/2021) lalu di Mall Senayan Park (SPARK), Jakarta masih menyisakan cerita menarik. Salah satunya terkait kemunculan Gelis Mini Jeep.

Memiliki wujud mungil, mobil “mainan” ini terlihat wara-wiri di tengah area pameran yang dipenuhi mobil dan motor modifikasi. Pemandangan tersebut berhasil memancing rasa penasaran tim redaksi Carmudi untuk mencobanya.

Gelis Mini Jeep

(Foto: Carmudi)

Sebagai informasi, produk ini merupakan hasil garapan PT Solar Panel Indonesia (SPI) yang bermarkas di daerah Cikeas, Bogor. Berdasarkan informasi dari tenaga pemasar di booth SPI, diketahui Gelis Mini Jeep dijual dengan harga Rp60 juta.

Hadir sebagai mainan bagi para pehobi, spesifikasinya cukup sederhana. Di balik kap mesinnya tersemat baterai lithium 48 V – 26 Ah yang tersambung dengan motor listrik 1.000 Watt.

Klaim pabrikan menyebutkan kendaraan ini dapat melaju dengan kecepatan tertinggi 30 km/jam dan perkiraan jarak tempuh maksimum 30 km.

Sektor kaki-kakinya dikawal ban 145/80 dengan diameter 13 inci. Sementara itu untuk suspensinya menggunakan model per keong atau ulir.

Gelis Mini Jeep Mudah Dikendarai

Gelis Mini Jeep

(Foto: Carmudi)

Kabinnya yang terbuka diisi sepasang bangku yang bisa menampung dua orang dewasa walau luasnya terbatas.

Untuk mengendarainya sendiri cukup mudah. Hal pertama yang perlu dilakukan ialah memutar kunci kontak yang posisinya berada di samping kiri lingkar kemudi ke posisi “on”.

Langkah selanjutnya ialah melepas rem parkir yang posisinya cukup unik, yaitu menyatu dengan pedal rem. Mekanisme rem parkir itu sendiri memanfaatkan tuas bergergerigi untuk menahan pedal agar selalu tertekan saat tak diinjak.

Untuk mulai berkendara, pengemudi diharuskan memilih transmisi maju atau mundur melalui sebuah tombol yang terletak di dasbor. Satu hal yang disayangkan ialah tombol ini tidak memiliki simbol yang jelas untuk menunjukkan fungsinya.

Penambahan simbol, misalnya huruf “D” (Drive) dan “R” (Reverse) seperti pada transmisi mobil matik umumnya mungkin akan menambah pengoperasinya makin mudah.

Untuk diketahui, Gelis Mini Jeep juga dilengkapi dengan lampu depan, lampu sein, dan klakson.

Gelis Mini Jeep

(Foto: Carmudi)

Mengendarainya terasa cukup mengasyikkan. Sangat mudah untuk bermanuver bahkan di area yang sangat terbatas karena dimensinya ringkas. Walaupun mesin diakui kemudinya masih jauh dari level presisi karena putaran setirnya masih banyak yang terasa kosong.

Bagaimana pendapat Anda? Tertarik untuk mencobanya?

Penulis: Mada Prastya
Editor: Tutus Subronto

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts