Home » Berita » Hari Ini Terakhir GM Jual Mobil Chevrolet di Indonesia

Hari Ini Terakhir GM Jual Mobil Chevrolet di Indonesia

Tips bermain offroad ala komunitas dan Chevrolet Indonesia
Mobil Chevrolet kerap digunakan untuk berkendara offroad.

Jakarta – Jelang penghujung 2019, General Motors (GM) secara mengejutkan mengeluarkan pengumuman yang amat menyedihkan. Perusahaan otomotif asal Amerika Serikat itu memutuskan berhenti menjual mobil baru merek Chevrolet di Indonesia terhitung mulai Maret 2020. Keputusan sulit tersebut terpaksa diambil oleh GM setelah melalui berbagai pertimbangan secara menyeluruh.

Hari ini, Selasa (31/3/2020) menjadi hari terakhir GM menjual mobil baru Chevrolet di Indonesia. Walaupun sudah tidak jual mobil baru Chevrolet lagi, tapi pihaknya masih tetap akan berada di sini untuk memberikan layanan purna jual kepada para pelanggan. Jadi pemilik mobil tidak perlu khawatir dengan urusan servis kendaraan.

“Pesan kami (GM), pertama kami mengucapkan terima kasih kepada para pelanggan atas kepercayaannya untuk memilih Chevrolet sebagai kendaraannya. Selanjutnya, kami tetap berkomitmen untuk terus melayani kebutuhan purna jual para konsumen kami mencakup perawatan, perbaikan, pengadaan suku cadang, dan layanan garansi,” ucap Yuniadi Haksono Hartono, External Affairs and Communications Director of PT General Motors Indonesia (GMI) kepada Carmudi, Selasa (31/3/2020).

Tak lupa, Yuniadi mengimbau kepada pelanggan apabila ada ingin mengetahui informasi lebih lanjut seputar mobil Chevrolet bisa langsung menghubungi Customer Assistance Center Chevrolet dengan layanan 24 jam selama 7 hari melalui 0811 1024389 atau 0818 1024389. Pelanggan bisa juga mengakses situs resmi Chevrolet.

Chevrolet Colorado Masih Ada

Tak lama setelah pengumuman berhenti menjual mobil Chevrolet, GM langsung menggelar program “Chevrolet Cuci Gudang”. Strategi ini diambil untuk menghabiskan stok mobil yang masih ada di diler.

Melalui program tersebut, GM memberikan diskon menarik kepada konsumen mulai dari Rp40 juta sampai Rp56 juta. Strategi tersebut berhasil memikat hati konsumen dan dalam waktu singkat mobil Chevrolet laris terjual. Tetapi tidak semuanya habis, dari empat mobil hanya ada satu model yang sampai sekarang masih tersisa yaitu Chevrolet Colorado.

“Hanya ada tinggal beberapa unit Chevrolet Colorado,” terang Yuniadi.

Ketika Carmudi bertanya berapa jumlah unit yang tersisa, dirinya menolak untuk menyebutkannya. “Maaf saya tidak bisa menyebutkan jumlahnya,” pungkasnya.

Sebelumnya, pada Oktober 2019 perusahaan memiih berhenti jual mobil di Indonesia karena ingin fokus kepada pasar yang lebih menguntungkan.

Chevrolet
All New Chevrolet Colorado di ajang Dare to Drive. Foto/Carmudi Indonesia/Enda

“Secara global, GM telah mengambil langkah-langkah yang sulit untuk memfokuskan aset dan sumber daya yang dimilikinya. Keputusan yang sulit ini konsisten dengan strategi global GM untuk tetap berfokus pada pasar yang memiliki jalur yang jelas untuk mencapai keuntungan yang berkesinambungan,” ungkap Hector Villarreal, Presiden GM Asia Tenggara dalam keterangan resmi yang diterima Carmudi, Senin (28/10/2019) silam.

Villarreal menambahkan bahwa di Indonesia pihaknya tidak memiliki segmen pasar otomotif yang dapat memberikan keuntungan berkesinambungan.

“Faktor-faktor ini juga membuat kegiatan-kegiatan operasional kami menjadi semakin terpengaruh oleh faktor-faktor yang lebih luas di Indonesia, seperti pelemahan harga komoditas dan tekanan mata uang asing,” sambungnya.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Virus Corona Belum Juga Reda, Ferrari Perpanjang Masa Penutupan Pabrik

Previous post
Telisik Harga Kawasaki Ninja RR Bekas, Lebih Mahal dari Harga Baru
Next post
Hasil Uji Tabrak, All New Honda City Raih Peringkat Tertinggi