Home » Berita » Lebih Mahal Rp90 Juta, Pertimbangan Honda Belum Bawa HR-V Turbo di Indonesia

Lebih Mahal Rp90 Juta, Pertimbangan Honda Belum Bawa HR-V Turbo di Indonesia

hr-v turbo di indonesia
Mesin HR-V 1.5 turbo sama seperti CR-V (Foto: MotorTrend)

Penulis: Santo Evren Sirait

Jakarta – Selain di Indonesia, Honda HR-V juga dipasarkan di sejumlah negara, sebut saja China dan di kawasan Eropa. Tapi bedanya dengan yang ada di Indonesia, di China HR-V sudah dibekali mesin turbo dan menyusul di Eropa.

Pengemar mobil bermesin turbo bukannya minim di Tanah Air. Namun alasan PT Honda Prospect Motor (HPM) belum mau memasukkan HR-V turbo di Indonesia karena pertimbangan harga jualnya akan mahal.

“Kami masih bicara mengenai harga, karena turbo itu cukup mahal. Kalau kita lihat, pasang turbo di CR-V dengan Thailand yang tidak pasang turbo itu bedanya bisa sampai Rp90 juta,” kata Jonfis Fandy selaku Marketing and After Sales Service Director PT HPM, Rabu (29/8).

Dijelaskan Jonfis, seandainya HR-V turbo di Indonesia dipasarkan, maka harga yang ditawarkan bakal mendekati banderol CR-V. Dampaknya, tambah dia, memasukkan HR-V turbo di Indonesia pasti konsumen akan lebih memilih membeli CR-V. Alasannya adalah selain mesin sama, fitur yang ada lebih berlimpah.

“Harganya akan lari ke CR-V nanti. ‘Kan harganya tinggi. Karena dengan HR-V dengan mesin 1.5 saja fun to drive-nya sudah cukup. Dengan teknologinya parking brake system, Hill start Assist, mereka (pengemudi) akan merasakan tenaga yang tidak kurang. Tapi tentunya semakin fun pakai turbo, tapi dilihat dari positioning HR-V mungkin rasanya sampai saat ini belum ada rencana memasukkan HR-V turbo,” terang Jonfis.

hr-v 1.5 special edition
Honda memilih meluncurkan HR-V 1.5 special edition ketimbang HR-V turbo (Foto: Santo/Carmudi)

Di China dan Eropa Hanya Beda Kapasitas Mesin

Di Negeri Tirai Bambu, Honda HR-V turbo dibekali mesin 1.0 liter dengan transmisi otomatis jenis CVT. Mesin tersebut digunakan juga pada model Civic 180Turbo yang dijual oleh Dongfeng Honda. Di sedan tersebut, mesin 1.0 turbo mampu mengeluarkan tenaga sekuat 123 hp pada 5.500 rpm dan torsi puncak 173 nm pada 2.000-4.500 rpm.

Honda HR-V turbo telah meluncur di China pada akhir Maret 2017. Sementara itu di Eropa, Honda bakal terlebih dahulu meluncurkan HR-V facelift ini dengan mesin standar. Rencananya Honda akan menambahkan HR-V facelift dengan mesin bensin turbocharged VTEC 1.5 liter dan 1.6 liter i-DTEC diesel pada pertengahan 2019.

Honda belum mengkonfirmasi rincian tenaga mesin turbo yang ditawarkan. Namun mesin bensin yang disematkan ke HR-V facelift merupakan milik Honda Civic hatchback dengan tenaga 173 hp pada 5.500 rpm dan torsi maksimal 219,6 Nm pada 5.500 rpm. (dna)

hr-v 1.5 special edition
Previous post
Punya Fitur Mirip Varian 1.8, Ini Alasan Honda Hadirkan HR-V 1.5 Special Edition
Next post
Tunggu Pemerintah, Harga All New Honda Brio Baru Diumumkan September