BeritaMobil

Honda Pamer NSX di Indonesia, Sudah Bisa Dipesan?

nsx

Honda NSX di Indonesia (Foto: Santo/Carmudi)

Jakarta – Honda Gallery merupakan hasil kolaborasi antara PT Honda Prospect Motor (HPM), selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Honda di Indonesia, dengan PT Astra Honda Motor (AHM) sebagai APM sepeda motor.

Galeri yang berlokasi di Senayan City, Jakarta memamerkan beberapa produk unggulan baik dari mobil maupun sepeda motor. Produk yang dipajang berkarakter sporti dan mengadopsi teknologi tinggi. Sebut saja Honda NSX.

Supercarhybrid yang di belahan dunia lain juga dipasarkan lewat brand Acura itu diletakkan paling depan, sehingga terkesan sebagai mobil yang menyambut kedatangan pengunjung galeri. Walaupun sudah memamerkan Honda NSX, HPM belum bisa memastikan akan meluncurkannya di Indonesia atau tidak.

“Itu rahasia,” ujar Takehiro Watanabe, President Director HPM di Jakarta, Selasa (10/4), ketika ditanya mengenai kapan HPM akan meluncurkan Honda NSX.

Ketika pertanyaan yang sama diajukan kepada Jonfis Fandy, Marketing & Aftersales Service Director HPM, dia juga belum bisa berkomentar banyak. “Kita belum ada rencana hadirkan (Honda NSX) di Indonesia, nanti kita lihat saja ke depan,” katanya pada kesempatan yang sama.

Namun Jonfis tidak menampik, bila ada konsumen yang ingin memesan mobil dengan nama panjang ‘New Sportscar eXperimental’ ini diperbolehkan. Nanti nama calon konsumen tersebut akan dicatat oleh tim Honda yang ada di galeri. Tetapi soal kapan meluncur atau bahkan kapan unit bisa sampai tangan konsumen, belum dapat dipastikan.

“Kalau dia (calon konsumen) ingin unitnya (Honda NSX) ya bisa di data dulu nanti di tulis saja dulu. Kalau misalkan ada keputusan untuk kami jual ya akan kami hubungi konsumen tersebut,” terang Jonfis.

NSX merupakan mobil sport legendaris yang pada generasi barunya naik kelas menjadi supercar. Mobil memadukan performa dan tampilan sporti dengan efisiensi mesin hybrid. Honda NSX mengusung mesin V6 3.5 liter twin-turbo dengan dukungan tiga motor listrik. Konfigurasi mesinnya dikawinkan dengan transmisi 9-percepatan dual clutch.

nsx

NSX di Indonesia disewa selama tiga bulan (Foto: Santo/Carmudi)

Menakar Pasar Supercar CBU

Penjualan supercar di Indonesia memang tidak masif dibandingkan dengan kendaraan lain di kategori SUV, MPV, maupun hatchback. Meski begitu peminatnya tetap ada. Banyak peminat dari kalangan kolektor mobil dan mereka yang menyukai mesin bertenaga buas.

Menurut Jonfis, keberadaan mobil CBU sangat lesu. Faktor utamanya adalah harganya yang tidak murah sehingga banyak konsumen yang enggan untuk membelinya. Bahkan, tambah Jonfis, bisnis impor mobil saat ini kurang bergairah.

“Setahu saya sekarang posisi mobil impor CBU masih lesu sekali. Tetapi ya memang susah dibicarakan. Maksudnya uang tidak punya. Melihat kondisi sekarang, belum ada konsumen yang mau spending, makanya anda bisa lihat bisnis-bisnis importir turun. Karena bisnis mobil ini kan cukup tinggi, konsumen belum mau lahspending. Spending ke mobil biasa aja masih menahan-nahan,” jelas Jonfis.

Honda NSX yang dipamerkan di Honda Gallery berstatus dipinjamkan, jadi kemungkinan besar keberadaannya di Indonesia tidak akan lama.

“Ini cuma satu di Indonesia. Kita sewa tiga bulan dari Jepang. Ini mobil versi produksi, biasanya kan yang kita perlihatkan dulu versi konsep,” pungkas Jonfis. (dna)

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts