Sepeda motor

Intip Spesifikasi Kawasaki H2R, Harga Bikin Nyali Menciut

Kawasaki Ninja H2R merupakan sepeda motor super sport yang diproduksi sejak tahun 2015. Harga yang ditawarkan ketika rilis pertama kali cukup membuat banyak orang takjub, mencapai Rp610 jutaan untuk harga Ninja H2R dan Rp305 jutaan untuk H2.

Mungkin banyak yang belum mengerti, apa bedanya Kawasaki Ninja H2 dan H2R,.Sekadar informasi, Kawasaki Ninja H2 merupakan motor yang diperuntukkan untuk di jalan raya. Sedangkan Ninja H2R merupakan sepeda motor yang khusus untuk keperluan balap di sirkuit.

kawasaki h2r harga

Kawasaki Ninja H2 memiliki tenaga di angka 200 hp sedangkan H2R memiliki tenaga yang jauh lebih besar mencapai 310 hp. Dari segi harga, Kawasaki Ninja H2R juga dua kali lipat lebih mahal dibanding H2.

Sejarah Kawasaki Ninja H2R

Sebelum mengupasnya secara detail, kita kupas dulu sedikit sejarah mengenai sepeda motor tersebut. Ninja H2 merupakan sepeda motor yang diproduksi oleh Kawasaki Heavy Industrie yang dibekali supercharge tipe sentrifugal dengan kecepatan variabel.

Sedangkan Ninja H2R memang khusus diperuntukkan untuk keperluan di atas sirkuit. Saat pertama kali dirilis, motor dengan desain aerodinamis tersebut menyandang gelar sebagai motor terkencang dengan tenaga terbuas yang ada di dunia.

kawasaki h2r harga

Kawasaki Ninja H2R

Seperti yang sudah dijelaskan sedikit di atas, perbedaan tenaga antara H2 dan H2R yang cukup jauh inilah yang membuat H2R dinobatkan sebagai motor terkencang.

Tes Kecepatan 2015

Di tahun 2015, pembalap TT Isle of Man bernama James Hillier menguji H2R di atas trek lurus Sulby Straight, sepanjang 1,2 km. Tanpa disadari ia pun melesat bak roket bersama Ninja H2R dengan kecepatan maksimal mencapai 332 km/jam.

Kecepatan tersebut direkam menggunakan aplikasi gadget Strava pribadi Hillier. Sontak kecepatan tersebut membuat H2R menjadi motor terkencang saat itu menurutnya.

Tes Kecepatan 2016

Setahun berselang, ternyata Kenan Sofuoglu, pembalap motor berkebangsaan Turki ingin menjajal motor tersebut di jembatan Osman Gazi. Sekadar informasi, jembatan tersebut merupakan jembatan yang terbentang di atas teluk Izmit, Turki.

tes kecepatan jembatan osman gazi

Foto Kecepatan Maksimal Kawasaki Ninja H2R

Panjang jembatan gantung ini mencapai 2,6 km yang dinilai cocok untuk menguji kecepatan Ninja H2R di atas trek lurus. Hasilnya, Ninja H2R yang dikendarai Kenan mampu melesat hingga kecepatan maksimal 400 km/jam yang diraih hanya dalam waktu 26 detik saja!

Video yang dirilis pada Juli 2016 ini langsung viral lantaran banyak orang terkagum dengan performa buas dari Ninja H2R. Sejak saat itulah banyak orang yang mengincar motor tersebut untuk dijadikan koleksi ataupun pemacu adrenalin di atas lintasan sirkuit.

Spesifikasi Lengkap Kawasaki Ninja H2R

Mesin dan Dimensi

Di atas kertas, Kawasaki Ninja H2R memiliki mesin dengan kapasitas mesin 998 cc, 4 silinder segaris, supercharger yang dibekali pendingin cairan. Tenaga yang dihasilkan 305 hp @14.000 rpm dengan torsi 165 Nm @12.500 rpm.

Transmisi yang digunakan memakai 6 percepatan dengan dog-ring yang dipadukan dengan kopling basah. Berikut spesifikasi lengkapnya kami sajikan dalam bentuk tabel di bawah ini.

Spesifikasi Mesin Kawasaki Ninja H2R

Kapasitas 998 cc
Jumlah silinder 4 silinder segaris
Teknologi Injeksi, DOHC, 16 valve, supercharge
Kompresi 8,3:1
Tenaga 305 hp @14.000 rpm
Torsi 165 Nm @12.500 rpm
Transmisi 6 percepatan, dog-ring

Dimensinya pun terbilang tidak terlalu besar untuk ukuran sepeda motor balap. Panjangnya mencapai 2.070 mm, lebar 850 mm, dan tinggi 1.160 mm saja.

Wheelbase-nya ada di angka 1.450 mm dengan ground clearance 130 mm. Tinggi joknya sendiri di angka 830 mm dengan kapasitas tangki BBM mencapai 17 liter.

Dimensi Kawasaki Ninja H2R

Panjang 2.070 mm
Lebar 850 mm
Tinggi 1.160 mm
Wheelbase 1.450 mm
Ground clearance 130 mm
Bobot 216 kg
Kapasitas BBM 17 liter

Untuk memberikan handling mumpuni, Kawasaki menanamkan sasis trellis dengan material high-tensile steel yang biasa digunakan di motor MotoGP. Swingarm belakang menggunakan mounting plate yang diklaim memberikan kestabilan berkendara.

Bertabur Fitur

Motor balap legal ini juga dibekali dengan fitur yang sangat banyak. Saking banyaknya, motor ini bahkan banyak diklaim setara dengan motor balap yang ada di MotoGP.

  • Kawasaki Cornering Management Function (KCMF)
  1. Traction control, wheelie and sliding control
  2. Pitching and corner braking control
  3. Kawasaki engine brake control
  • Downforce Generation
  1. Sayap yang terletak di depan windshield depan
  • Bank angle display
  • Electronic throttle valves
  • Kawasaki quick shifter
  • Hydraulic clutch & back-torque limiter
  • Oil jets

Fitur-fitur di atas diklaim mampu memberikan kenyamanan dan keamanan berkendara bagi penggunanya. Wah, ribet juga ya fitur-fitur yang ada di motor balap yang legal buat dipakai di jalanan ini.

Suspensi dan Rem

Di bagian depan, remnya menggunakan dual semi-floating cakram ukuran 330 mm lansiran Brembo. Kaliper yang digunakan memakai model dual radial-mount lansiran Brembo dengan Stylema monobloc 4 piston.

Sedangkan di bagian belakang memakai rem single cakram ukuran 250 mm lansiran Brembo dengan kaliper 2 piston. Kedua rem tersebut punya performa yang sangat baik untuk mengerem di kecepatan sangat tinggi.

Lanjut di bagian suspensi, di depan dipasangkan suspensi berukuran 43 mm dengan rebound and compression damping. Suspensi tersebut juga masih bisa diatur preload dan adjustability and top-out springs.

Di bagian belakang terdapat Uni-trak yang dipadukan suspensi Ohlins TTX36 gas-charged shock with piggyback reservoir. Suspensi tersebut juga masih bisa diatur preload dan adjustability and top-out springs.

Pelek dan Ban

Bagaimana dengan ukuran pelek dan ban yang digunakan? Pelek dan ban yang digunakan oleh H2R berbeda dengan H2 biasa.

Untuk pelek memakai material serat karbon terbaik berukuran 17 inci. Ban yang digunakan memakai Pirelli yang sama dengan yang digunakan di balap MotoGP.

kawasaki h2r harga

Ukuran ban di bagian depan memakai 120/600, sedangkan ban belakang memakai ukuran 190/650. Enggak heran kalau ban tersebut sanggup dipacu hingga kecepatan lebih dari 300 km/jam.

Harga Kawasaki Ninja H2R

Di tahun 2021, Kawasaki Ninja H2R terpantau memiliki harga yang masih bikin nyali menciut. Sayangnya, harga kawasaki Ninja H2R ini tidak ada yang pasti.

Hal tersebut dikarenakan Kawasaki Heavy Industries resmi menghentikan produksi dari H2R. Tetapi, konsumen masih diberi tenggat waktu bagi mereka yang ingin memesan hingga 21 Oktober 2021 mendatang.

Bahkan di laman website Kawasaki UK (Inggris) disebutkan jika pemesanan masih bisa dilakukan hingga 20 November 2021 mendatang. Namun jika memberikan kisaran, Kawasaki H2R ini memiliki banderol harga Rp900 jutaan sampai Rp1 miliar.

Harga tersebut tentunya merupakan banderol harga yang ada di Inggris. Bisa dibayangkan kalau motor ini sampai ke Indonesia mungkin saja harganya bisa lebih mahal dua kali lipat akibat pajak.

Kalau melihat dari harga Kawasaki Ninja H2R di atas, kira-kira Carmudian mau membeli enggak ya? Kalau buat sultan-sultan yang ada di Indonesia sih rasanya harga segitu masih murah.

Baca Juga:

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts