Home » Berita » IMX 2019 Digelar Akhir September, Jadi Expo Modifikasi Terbesar

IMX 2019 Digelar Akhir September, Jadi Expo Modifikasi Terbesar

Jakarta – Ajang pameran dan kompetisi modifikasi mobil bertajuk Indonesia Modification Expo (IMX) akan kembali digelar pada 2019 ini. Terselenggaranya event ini menyusul kesuksesan acara perdananya tahun lalu. IMX diinisiasi oleh National Modificator & Aftermarket Associaton (NMAA)

IMX 2019 nantinya akan diselenggarakan di Balai Kartini, Jakarta. Expo terbesar di Tanah Air ini akan diadakan pada 28-29 September mendatang.

“Tahun kedua, dengan tema dan semangat ‘The Power of Collaboration’ semakin banyak booth tenant, yang artinya semakin banyak pilihan produk dan jasa aftermarket serta modifikasi yang ditawarkan untuk para pengunjung,” kata Andre Mulyadi, founder NMAA yang juga selaku IMX Project Director di sela konferensi pers IMX 2019 di Jakarta, Rabu (11/9/2019).

IMX sendiri diklaim sebagai ajang stimulan bagi industri modifikasi di Indonesia. Bukan hanya menjadi ranah hiburan atau hobi semata, namun juga bisa menjadi ladang menjanjikan bagi para pelaku di dalamnya.

IMX Semakin Berkembang di Tahun 2019

Pada kesempatan yang sama, Andre pun menuturkan bahwa terjadi perkembangan yang sangat positif untuk IMX 2019 nanti hingga hari ini. Seperti misalnya, jumlah peserta modifikasi untuk dipilih menjadi 50 mobil terbaik, kini sudah menembus 600 unit.

Demi menembus 50 mobil modifikasi terbaik, para peserta akan diseleksi oleh kurator-kurator kenamaan di dunia modifikasi. Mereka adalah Sam Du (Super Street – AS), Ryan Basseri (Rywire Motorsport Electronics – AS), Jonas Liu (JDM Yard – Australia), dan Yoshioka Shinta (Osaka Automesse – Jepang).

Semua kurator akan hadir langsung di IMX 2019 nanti, untuk kembali memilih mobil mana yang masuk ke dalam 10 besar dan 5 besar. Nantinya para nominator 5 besar sendiri yang akan memilih The Ultimate of IMX NMAA Top 50 di antara mereka,”

Selain itu, jumlah merek aftermarket pun sekarang sudah mencapai 70-an nama.

“Tahun ini sudah ada sekitar 70 brand, kalau dibandingkan tahun lalu itu cuma sampai 40 brand yang ikut (di IMX),” tutur Andre.

Melibatkan APM

Tidak melulu diisi oleh merek aftermarket, IMX 2019 nanti juga akan dimeriahkan oleh New Car Dress Up. Event ini merupakan ajang unjuk gigi agen pemegang merek (APM) yang bekerja sama dengan para modifikator dan industri aftermarket untuk membuat mobil baru yang sudah dimodifikasi.

Seperti misalnya Suzuki akan memboyong New Carry mereka dengan modifikasi berutilitas tinggi. Sedangkan Honda akan menghadirkan kolaborasi modifikasi untuk Honda HR-V Special Edition. Datsun juga akan berkolaborasi dengan Mooneyes untuk menghadirkan MQQN Car series Datsun GO yang didesain langsung oleh Shige San.

Belum cukup sampai di situ, PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia selaku produsen AMMDes juga akan meramaikan event akbar tahunan ini. AMMDes akan berkolaborasi dengan NMAA yang membawa mobil pedesaan AMMDes modifikasi. Modifikasi sendiri merupakan karya realisasi pemenang kompetisi desain AMMDes Digimodz.

Sebagai informasi, AMMDes Digimodz merupakan kompetisi modifikasi digital pertama untuk AMMDes yang mendapat apresiasi besar dengan lebih dari 100 karya ikut berpartisipasi. Hadirnya AMMDes modifikasi pada IMX 2019 nanti juga sekaligus menjadi pengumuman karya siapakah yang dibuat menjadi mobil asli dan berhak mendapatkan Piala Menteri Perindustrian.

Banjir Peluncuran Produk Baru Aftermarket

Event IMX 2019 juga nanti bisa dibilang sebagai Hari Rayanya para produsen aftermarket. Selain pameran, IMX juga akan menjadi ajang peluncuran produk anyar produsen aftermarket. Salah satunya adalah produsen body kit kesohor Tanah Air, Karma. Produsen yang produknya sudah go international ini akan meluncurkan body kit series di mobil yang masih sangat dirahasiakan.

Selanjutnya juga ada V-Kool yang akan merilis V-Kool PPF seri terbaru. Disusul Chemco, perusahaan pelek lokal yang juga akan menghadirkan pelek racing buatan anak bangsa yang siap bersaing di industri after market Indonesia.

Selain itu, Garuda Bodykit akan menjalani debut dan menawarkan produk untuk Mitsubishi Xpander dan Daihatsu Terios. Dari industri lampu otomotif ada Yoong Motor Group dan Autovision yang siap memamerkan teknologi terbaru mereka.

Merek lain yang juga akan merilis produk antara lain Turtle Wax, STP, Velg Avantech x Prorock, air suspension Airpride, serta rumah sticker Dice Sticker.

Adapun bagi Carmudian yang ingin datang dan menyaksikan event modifikasi akbar ini, cukup membayar tiket masuk seharga Rp75 ribu/hari. Pengunjung nantinya berkesempatan mendapatkan Giveaway dan Supergiveaway. Sekurangnya ada 11 slot Giveaway bernilai puluhan juta yang bisa didapat setiap harinya dan diundi hampir setiap jam.

 

Penulis: Dimas Hadi

Editor: Tutus Subronto

 

Baca Juga:

Pemanasan IMX 2019, Bawa Produk Aftermarket Lokal ke Jepang

Gaya modifikasi scrambler, punya ciri khas knalpot yang tinggi
Previous post
Tren Modifikasi Motor 2019 di Indonesia, Mana yang Masih Digemari?
Next post
Jiplak Mobil China, Benarkah Esemka Karya Anak Bangsa?