Home » Sumber informasi » Infografis: Melihat Spesifikasi Kendaraan Pengawal Presiden Joko Widodo

Infografis: Melihat Spesifikasi Kendaraan Pengawal Presiden Joko Widodo

Jakarta – Bagi seorang kepala negara, kendaraan menjadi salah satu alat transportasi yang utama. Maka dari itu, keamanan menjadi faktor mutlak yang tak dapat diganggu gugat. Karena sudah seharusnya kepala negara mendapatkan pengawalan ekstra ketat. Seperti Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Salah satu kendaraan pengawal Presiden Indonesia adalah Mercedes tipe G-Class yang digunakan Pasukan Pengamanan Presiden atau Paspampres. Bila melihat  iring-iringan kendaraan Presiden ataupun Wakil Presiden, hampir dapat dipastikan bertemu G-Class yang ikut serta.

Sebelum rutin digunakan sebagai kendaraan Paspampres, keberadaan G-Class di Indonesia sebenarnya sudah populer saat digunakan sebagai kendaraan harian Presiden Kedua RI, Soeharto.

Mobil buatan Jerman ini juga dibekali dengan beberapa fitur keselamatan. Memiliki panjang 2.400mm untuk model short wheelbase, dan 2.850mm long wheeelbase. Seri W460 dan W461  masih menawarkan transmisi manual, selain yang otomatis.

Selain dikawal dengan mobil, pengawalan juga menggunakan kendaraan yang tak kalah spesial. Pasukan Keamanan Presiden (Paspampres) juga menggunakan sepeda motor gede, Yamaha FZ1. Motor ini dibekali dengan mesin 998 cc, 4 silinder, DOHC, dengan sistem pengabutan injeksi. Motor ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 150 hp dengan torsi maksimal 106 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda belakang dengan transmisi manual 6 percepatan.

Soal kecepatan yang dapat diraih, motor ini sanggup melesat hingga 200 km/jam untuk mengawal sang presiden. Fitur unggulan dari sepeda motor ini adalah layar LCD yang dilengkapi dengan sistem rem ABS depan dan belakang. Oiya, motor ini tidak dijual secara umum, alias merupakan pesanan khusus dari pihak Istana Negara. Bagaimana, keren kan pengawal pak Presiden Joko Widodo ini?

Infografis: Nadya Andari

Bluebird pakai mobil listrik
Previous post
Taksi Bluebird Pakai Mobil Listrik Tesla Model X 75D dan BYD e6
Next post
Dekatkan Diri dengan Konsumen, DFSK Buka 40 Dealer Baru