Home » Mobil » Infrastruktur Jalan Belum Membaik, Jadi Alasan Mobil SUV Semakin Laris

Infrastruktur Jalan Belum Membaik, Jadi Alasan Mobil SUV Semakin Laris

Mobil SUV semakin laris di Indonesia (Foto: TAM)

Jakarta – Mobil dari segmen Sport Utility Vehicle atau SUV semakin naik daun tidak hanya secara global tapi juga di pasar domestik Indonesia. Untuk pasar domestik, tren yang terjadi di masyarakat mencari mobil yang tangguh tapi juga nyaman. Alasan ini tak lepas dari kondisi infrastruktur jalan banyak yang masih bergelombang.

“Karena memang sekarang trennya SUV, khususnya di Indonesia. Kenapa kita meluncurkan Toyota Corolla Cross di indonesia, karena demand-nya udah dari dulu banyak customer yang nanya. Mereka pengen mobil yang handling dan comfort performance kayak sedan, tapi tampangnya harus yang gahar,” ucap Anton Jimmy Suwandy, Marketing Director PT Toyota Astra Motor saat peluncuran Toyota Corolla Cross.

Senada dengan Anton Jimmy, Kazunori Minamide yang juga menjabat Marketing Director PT TAM menjelaskan bila tren SUV telah terjadi di pasar otomotif global. Kecenderungan ini mulai terlihat kira-kira beberapa tahun yang lalu banyak brand yang sudah mulai memperkenalkan berbagai macam line up mobil SUV.

“Tren SUV juga terjadi di global, kecenderungan ini mulai terlihat kira-kira sejak beberapa tahun yang lalu. Banyak brand yang sudah mulai memperkenalkan berbagai macam line up SUV,” tambah Minamide pada kesempatan yang sama.

Lebih lanjut, Anton menjelaskan bila kenaikan SUV dalam lima tahun terakhir cukup banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Selama lima tahun, kenaikan penjualan mobil SUV di Toyota Indonesia mencapai 65 persen. Namun demikian, SUV belum bisa menggeser dominasi MPV sebagai mobil favorit masyarakat.

“Market indonesia itu paling besar di MPV 7-seater, tapi SUV juga meningkat luar biasa. Di Toyota, dari 2014 sampai 2019 itu peningkatan volumenya 65 persen. Marketnya SUV dulu komposisinya hanya 9%, sekarang sudah mencapai 17%, naik dua kali lipat,” beber Anton.

Transformasi Toyota Corolla Jadi Mobil SUV, Ikuti Kemauan Pasar

Toyota Corolla Cross adalah varian keempat dalam keluarga Corolla (Foto: TAM)

Rupanya, Toyota Corolla menjadi model kendaraan yang cukup fleksibel dalam lini Toyota secara global. Toyota meluncurkan Corolla pertama kali pada 1966, dan selama lebih dari setengah abad Corolla sudah memiliki beberapa varian. Itulah mengapa Corolla menjadi kendaraan yang cukup populer di dunia.

“Toyota meluncurkan Corolla pertama kali di tahun 1966, itu artinya Corolla sudah hadir lebih dari 50 tahun. Selama itu, Corolla sudah hadir dengan berbagai bentuk kendaraan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, mulai dari sedan, hatchback, dan station wagon,” ungkap Minamide.

Penulis: Yongki

Editor: Lesmana

harga toyota corolla cross
Previous post
Sekarang, Masyarakat Umum Bisa Pakai Mobil Baru Toyota Tanpa Beli
Next post
Toyota Corolla Cross Punya Fitur Anti Panik Ketika Mau Masuk Tol