Home » Mobil » Intip Spesifikasi dan Harga Toyota Yaris Terbaru 2020

Intip Spesifikasi dan Harga Toyota Yaris Terbaru 2020

Toyota Yaris facelif (Foto: TAM)

Jakarta – Toyota Yaris merupakan mobil Toyota jenis hatchback yang populer dan banyak diminati oleh para konsumen di Indonesia. Sebagai informasi, Yaris pertama kali diluncurkan pada 1999 silam yang berarti usianya sudah 21 tahun. Lantas, bagaimana dengan spesifikasi dan harga Toyota Yaris 2020?

Spesifikasi Toyota Yaris Terbaru

Seperti diketahui, PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Toyota di Indonesia telah meluncurkan Yaris terbaru yang memiliki tampilan lebih sporty dan modern khas mobil perkotaan masa kini. Yaris terbaru memiliki dua varian, yaitu varian G dan TRD Sportivo.

Selain itu, Toyota Yaris terbaru ini merupakan facelift pertama dari generasi ketiga yang juga memiliki kesan lebih elegan dan mengikuti selera kawula muda.

Toyota Yaris terbaru telah mendapatkan pembaruan, dimana tidak hanya sekedar diberikan pemanis saja. Tetapi, juga mendapatkan penyegaran hampir secara menyeluruh baik pada sisi eksterior maupun interiornya, serta fitur-fiturnya yang kini lebih canggih.

Dimensi Toyota Yaris Terbaru

Dari segi dimensi, pihak Toyota telah mendesain mobil hatchback-nya ini dengan struktur dimensi yang dinilai cukup ideal. Toyota Yaris terbaru memiliki ukuran panjang 4.145 mm, lebar 1.730 mm, dan tinggi 1.500 mm

Di sisi lain, mobil ini juga sudah dibekali suspensi handal dan mumpuni dalam menunjang keseimbangan saat berkendara. Pada bagian depan, disematkan suspensi tipe MacPherson Strut. Sedangkan di bagian belakang, mengandalkan suspensi tipe Torsion Beam. Kedua suspensi ini diklaim dapat memberikan kenyamanan pada pengemudi dan para penumpang Yaris terbaru saat melalui berbagai medan jalan yang bergeronjal sekali pun.

Tidak hanya itu saja, untuk menunjang keselamatan selama berkendara, Toyota Yaris terbaru ini sudah menggunakan rem Ventilated Disc berukuran 14 inci di bagian depan. Sedangkan pada bagian belakang, telah mengandalkan rem Drum.

Selain itu, bagian pengereman mobil ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi EBD, BA, serta ABS yang dapat memberikan pengereman sempurna dan mencegah ban mobil terselip.

Mesin ‘Fun to Drive’

Untuk bagian mesin, Toyota Yaris terbaru masih menggunakan mesin 2NR-FE 4 silinder tipe DOHC dengan teknologi Dual VVT-I yang memiliki kapasitas sebesar 1.496 cc. Mesin ini nantinya dikawinkan dengan dua pilihan transmisi, yaitu 5 manual percepatan dan 7 percepatan otomatis CVT.

Keduanya dapat mengeluarkan tenaga maksimal hingga 107 Ps pada 6000 Rpm, serta torsi maksimal sebesar 14.3 Nm pada 4200 Rpm.

Di sisi lain, mesin yang dibenamkan pada Toyota Yaris terbaru ini sudah dilengkapi dengan fitur tambahan ‘Fun to Drive’. Khusus Yaris varian TRD Sportivo, pengaturan berkendaranya memiliki pilihan Sport atau Eco Mode. Tidak hanya itu saja, konsumsi bahan bakar mobil ini diklaim irit dan efisien berkat disematkan Fuel Injection.

Eksterior Sporty dan Elegan

Toyota Yaris
Tampilan baru Toyota Yaris. foto/Carmudi.

Jika melihat sisi eksterior pada Toyota Yaris terbaru ini, desainnya hampir secara keseluruhan memang terlihat sangat sporty, futuristik, stylish dan begitu elegan. Ini bisa dilihat dari adanya lekukan desain dengan sudut-sudut tajam dari bagian depan hingga belakang mobil.

Pada bagian depan, mobil ini telah mengusung Dynamic Headlamp. Khusus Yaris varian TRD, turut disematkan red ring. Di sisi lain, Yaris terbaru sudah dilengkapi dengan lampu Daytime Running Lights (DRL) yang didesain menyatu dengan gril mobil. Dengan adanya lampu tersebut, tampilan sisi wajah mobil ini terlihat lebih berkarakter. Ditambah, terdapat juga black piano lower grille.

Khusus pada Toyota Yaris varian TRD, terdapat aksen garis merah pada bumper. Sehingga, tidak hanya terkesan sporty, tetapi juga membuat mobil ini terlihat lebih elegan dan maskulin. Tidak hanya itu saja, atap Yaris terbaru didesain unik yang membuatnya terlihat seperti melayang.

Mobil hatchback Toyota tersebut kini dilengkapi dengan side skirt serta velg berukuran 16 inci bergaya two-tone machining yang terlihat selaras dengan desain eksterior secara keseluruhan. Di bagian belakang, Yaris terbaru menggunakan gaya desain yang mengikuti konsep eksterior sisi depan maupun samping. Ini terlihat jelas dari disematkan lampu belakang berupa Integrated LED Rear Combination Lamp.

Desain lampu tersebut dibuat berlapis dengan alur garis horizontal dan tipis. Sehingga, membuat tampilan mobil terlihat lebar. Tidak hanya itu saja, desain bodi di bagian belakang juga dibuat aerodinamis. Khusus Yaris terbaru varian TRD Sportivo, kesan sporty semakin menonjol dengan adanya Rear-roof Spoiler dan diffuser yang bernuansa racing.

Secara keseluruhan, Toyota Yaris generasi terbaru memiliki sisi eksterior yang tidak hanya terlihat sangat sporty. Tetapi, juga sangat elegan dan futuristik, serta memiliki kesan aerodinamis.

Interior Modern dan Nyaman

New Yaris
Interior Toyota Yaris terbaru di baris pertama. Foto/Carmudi.

Selain sisi eksteriornya mendapatkan penyegaran yang terlihat lebih sporty, interior Yaris terbaru turut mendapatkan penyegaran yang lebih elegan dan modern. Pihak Toyota telah mendesain ruang kabin mobil ini dengan ukuran yang lebih luas sehingga bisa memberikan ruang gerak yang lebih bebas bagi para penumpang.

Tidak hanya itu saja, bagian dasbor mobil ini juga mendapat pembaruan yang menarik. Dasbor tersebut sudah mengusung konsep Complete Features yang memiliki kesan lebih lapang. Sedangkan di bagian tengah terlihat menonjol ke depan yang sekilas seperti gelombang selancar atau surf wave.

Di sisi lain, beberapa ornamen interiornya menggunakan warna silver yang diklaim dapat membuat suasana kabin Toyota Yaris terbaru ini menjadi terlihat lebih modern. Seperti, konsol bagian depan, register knob, speaker, serta pengatur AC mobil.

Selain itu, bagian center atau tengah di bagian dasbor mobil ini juga sudah dilengkapi dengan layar sentuh atau Touch Screen seluas 7 inci HD Display yang menawarkan beberapa menu pilihan hiburan. Antara lain, Radio FM/AM, DVD, USB, AUX, dan bluetooth.

Khusus pada varian G dan TRD Sportivo, sudah bekali dengan berbagai fitur tambahan yang canggih. Seperti, miracast, weblink, iPod ready, konektivitas internet, multitasking window, serta remote apps melalui smartphone.

Tidak ketinggalan, di bagian pengemudi, Toyota Yaris terbaru ini sudah menggunakan setir kemudi berdesain baru dengan disematkan beberapa tombol navigasi yang fungsional. Selain itu, terdapat paddle shift khusus untuk Yaris varian TRD Sportivo CVT.

Terdapat juga panel instrumen dengan layar TFT MID yang dapat menampilkan berbagai informasi berkaitan dengan kondisi mobil. Sehingga, pengemudi bisa mengetahui kondisi mobilnya dengan lebih jelas saat berkendara.

Khusus untuk Yaris varian TRD Sportivo, telah disematkan beberapa fitur khusus. Antara lain, fitur auto AC, smart entry dan engine start/stop button, TFT MID, Sport/Eco Mode, dan Paddle Shift. Setir kemudi pada varian tersebut juga sudah menggunakan bahan kulit berkualitas tinggi.

Dengan demikian, interior yang diusung Toyota Yaris terbaru ini terkesan modern dengan dibekali berbagai fitur canggih dalam menunjang kenyamanan yang sempurna bagi pengemudi serta para penumpang mobil ini.

Fitur Canggih, Keselamatan Pengguna Mobil Terjamin

Bagian fitur pada Toyota Yaris terbaru menjadi bagian menarik untuk dibahas. Mobil hatchback tersebut telah dibekali dengan berbagai fitur canggih dan mumpuni. Seperti salah satunya pada bagian pengereman yang berteknologi EBD, ABS, serta BA. Dengan demikian, dapat memberikan hasil pengereman yang sempurna, serta mencegah ban mobil terkunci jika pengemudi melakukan pengereman mendadak.

Tidak hanya itu saja, Yaris terbaru sudah dibekali dengan fitur keselamatan standar. Yakni, Airbag sebanyak 7 buah dalam melindungi penumpang mobil ini jika terjadi kecelakaan atau benturan keras.

Selain itu, Yaris terbaru juga dilengkapi dengan fitur VSC (Vehicle Stability Control). Fitur tersebut membuat mobil ini tetap stabil saat posisi menikung. Terdapat juga fitur Hill-Start Assist (HSA) agar kendali mobil tetap terjaga di jalanan tanjakan.

Harga Toyota Yaris Terbaru 2020

Toyota Yaris terbaru. Foto/Toyota.

Dengan mengetahui spesifikasi di atas, beberapa di antara Carmudian pastinya merasa penasaran dengan harga Toyota Yaris terbaru 2020. Carmudi telah merangkum harga Toyota Yaris terbaru 2020 sebagai berikut.

  • New Yaris G M/T Rp288,45 juta
  • New Yaris G CVT Rp267,25 juta
  • New Yaris S M/T TRD Rp276,65 juta
  • New Yaris S CVT TRD Rp288,45 juta

Penulis: Nadya

Editor: Lesmana

Previous post
Penyebaran Virus Corona Melambat, Industri Mobil di China Bangkit Lagi
Next post
Cegah Penularan Virus Corona ala Bengkel Carfix