Tips dan Trik

Kaki-kaki Mobil Bunyi Usai Dipakai Mudik? Cek 4 Bagian Ini

Usai melakukan perjalanan mudik biasanya kaki-kaki mobil akan terdengar bunyi aneh. Maklum, rute yang dilalui baik di jalan tol maupun jalur luar kota terbilang cukup menyiksa kaki-kaki mobil.

Hal ini sudah menjadi masalah rutin yang dialami para pemilik mobil. Tetapi jangan khawatir, Carmudian bisa segera mengecek empat bagian pada kaki-kaki mobil ketika mulai terdengar bunyi aneh.

Long Tie Rod

Komponen kaki-kaki mobil yang bisa dicek pertama ketika terdengar bunyi adalah long tie rod dan tie rod. Biasanya komponen ini bekerja sama dengan beberapa komponen seperti ball joint, rack end, dan tie rod yang berfungsi memberikan gerakan selaras antara kaki-kaki mobil dengan setir.

(Foto: Carmudi)

Ketika melibas jalan rusak, long tie rod dan tie rod ini akan menerima beban yang besar, sehingga berpotensi rusak.

Maklum, pada saat mudik biasanya beban mobil akan menjadi lebih berat lantaran mengangkut penumpang serta barang bawaan.

Bushing

Cek juga bagian bushing yang ada di mobil. Biasanya bushing-bushing ini terdiri dari karet yang berfungsi untuk menahan getaran dari ban dan mesin mobil.

Upper Arm

Bushing Arm Toyota Kijang (Foto: Google)

Seperti dilansir laman Auto2000, bushing seperti arm, bushing stabilizer biasanya sering rusak ketika sering menghantam lubang.

Jika didiamkan dalam waktu lama, bunyi pada kaki-kaki mobil akan terdengar semakin keras dan mobil akan kurang nyaman dikendarai.

Shockbreaker

Komponen lainnya yang wajib diperiksa ketika kaki-kaki mobil mengalami bunyi adalah shockbreaker. Shockbreaker bertugas untuk meredam guncangan yang diterima oleh mobil.

Pada saat mobil kelebihan beban, shockbreaker ini bisa cepat rusak. Terlebih jika saat mobil sedang terisi penuh dan dipaksa melibas jalan rusak dengan kecepatan yang cukup kencang.

Shockbreaker Pajero Sport

Biasanya komponen ini akan bocor, sehingga peredaman yang dihasilkan akan kurang maksimal. Satu-satunya cara adalah dengan menggantinya dengan yang baru atau servis.

Racksteer

Komponen terakhir yang bisa Carmudian cek adalah racksteer. Racksteer merupakan penghubung antara kemudi dengan roda dan suspensi.

Mobil yang sering menghantam lubang akan membuat racksteer bekerja ekstra keras dan mudah rusak. Salah satu ciri jika racksteer rusak adalah putaran setir yang terasa berat dan terdengar bunyi ketika sedang berjalan.

Selain itu di bagian bawah mobil terdapat adanya kebocoran oli jika kerusakan racksteer sudah cukup parah. Perbaikan komponen ini terbilang mahal dan cukup membuat pusing pemilik mobil.

Steering Rack Toyota Corolla DX (Foto Otomotrip)

Sekadar gambaran, perbaikan racksteer ini berkisar Rp2 jutaan hingga belasan juta rupiah tergantung mobil. Jika melihat dari harganya, perbaikan racksteer yang rusak terbilang paling mahal di antara perbaikan komponen lainnya.

Jika mobil Carmudian mulai terdengar bunyi aneh pada bagian kaki-kaki mobil usai dipakai mudik, alangkah baiknya segera diperiksa dan jangan didiamkan. Jika didiamkan kerusakan akan merembet ke komponen lainnya dan membuat biaya perbaikan makin membengkak.

Penulis: Rizen Panji
Editor: Dimas

Rizen Panji

Pikirannya selalu dipenuhi oleh mobil buatan asal Jerman, Swedia, dan Prancis dengan tahun produksi di bawah 2000. Jangan lupa, mesin yang bersemayam di dalam kap mesin tentunya harus 6 silinder guna memompa adrenalin ketika mengendarainya

Related Posts