Home » Berita » Kontribusi Suzuki Carry Terhadap Penjualan Mobil Nasional Naik 10%

Kontribusi Suzuki Carry Terhadap Penjualan Mobil Nasional Naik 10%

New Suzuki Carry
New Suzuki Carry sahabat pengusaha. Foto/Carmudi.

Jakarta – Penjualan mobil secara nasional selama dua bulan terakhir mengalami kemerosotan. Di satu sisi ada juga beberapa model mobil yang berhasil mempertahankan market share (pangsa pasar). Sebut saja satu di antaranya New Suzuki Carry. Mobil pikap ini berhasil memberikan kontribusi positif bagi penjualan Suzuki dan penjualan mobil secara nasional.

“Kebutuhan akan mobil niaga ringan seperti New Carry tetap ada meski dalam kondisi pandemi seperti sekarang, terutama dari pengusaha Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya kontribusi New Carry terhadap total penjualan nasional dari 8% di periode Januari-Mei 2019 menjadi 10% di periode yang sama tahun ini,” ungkap Dony Saputra, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), dalam keterangan resminya, Selasa (30/6/2020).

Dirinya pun optimis jika kontribusi kendaraan di segmen komersial akan terus mengalami peningkatan pada bulan-bulan berikutnya walaupun masih dalam masa pandemi corona.

Selain oleh pengusaha UMKM, New Carry juga banyak digunakan sebagai kendaraan untuk mendistribusikan barang-barang ke masyarakat yang aktivitasnya terbatas selama pandemi. Hal inilah yang mendorong peningkatan kontribusi New Carry terhadap total penjualan Suzuki pada periode Januari-Mei 2020. Pada periode tersebut, total penjualan ritel New Carry tercatat sebanyak 15.021 unit atau berkontribusi sebesar 50%.

Sementara itu di segmen kendaraan komersial jenis pikap, mobil yang diproduksi di dalam negeri tersebut mencatat kenaikan pangsa pasar. Dari 54,5% pada periode Januari-Mei 2019 menjadi sebesar 59,4% pada periode yang sama tahun ini.

“Raihan ini membangun optimisme kami untuk terus berupaya menggerakkan kembali perekonomian Indonesia. Kami harap wabah ini cepat berlalu dan Suzuki Indonesia akan terus memberikan yang terbaik dalam fase pemulihan ini,” tutup Donny.

New Suzuki Carry Pakai Mesin Ertiga

Suzuki Carry Luxury sebagai varian tertinggi
Suzuki Carry Luxury sebagai varian tertinggi. (Foto: Carmudi/Dimas)

New Suzuki Carry meluncur pada 2019. Suzuki mengubah total desain Suzuki Carry keluaran terbaru. Kali ini ukuran mobil lebih bongsor dan tinggi, sehingga bila dijadikan mobil angkot maka memiliki ruang kepala yang lega. Kini New Carry punya panjang 4.195mm, lebar 1.765mm, dan tinggi 1.910mm.

Selain itu, New Suzuki Carry sekarang memakai mesin K15B yang juga dipakai pada Suzuki Ertiga. Mesin tersebut mampu mengeluarkan tenaga hingga 96 hp dengan torsi 135 Nm.

Spesifikasi Mesin All New Suzuki Carry
Isi silinder (cc)1462
Konfigurasi mesinK15B-C
Kapasitas Tangki Bahan Bakar43 liter
Jenis bahan bakarBensin
Jumlah silinder4
Konfigurasi TransmisiManual 5 speed

Daftar Harga New Suzuki Carry Juni 2020 OTR Jakarta:

  • Carry Pick-Up Flat-Deck Rp143,6 juta
  • Carry Pick-Up Flat-Deck AC/PS Rp152,1 juta
  • Carry Pick-Up Wide-Deck Rp144,6 juta
  • Carry Pick-Up Wide-Deck AC/PS Rp153,1 juta
  • Carry Pick-Up CH Rp109,6 juta
  • Carry Pick-Up CH PS Rp118,1 juta
  • Carry Luxury FD PS LUXURY Rp157,1 juta
  • Carry Luxury WD PS LUXURY Rp158,1 juta.
Previous post
Indonesia Modification Expo 2020 Tetap Digelar dengan Konsep Hybrid
Euro4
Next post
Pertamina Prihatin Banyak Mobil Baru "Konsumsi" BBM Premium