Modifikasi

Lamborgini ‘Murtad’, Mesin Pakai 2JZ Tenaga 1.000 Hp

Amerika Serikat – Lamborghini Gallardo sudah terkenal dengan performa mesinnya yang sangat buas dan kencang. Tetapi apa jadinya jika sebuah mesin asli Lamborghini tersebut diganti dengan mesin berkode 2JZ milik Toyota Supra?

Hal tersebut rasanya cukup mengundang rasa penasaran orang banyak. Pasalnya mesin bawaan Lamborghini Gallardo ini berkapasitas 5.200 cc dengan konfigurasi V10.

Di atas kertas, mesin tersebut mampu mengeluarkan tenaga 570 hp dengan torsi maksimum 550 Nm. Namun bagi rumah modifikasi bernama Street Aero di Amerika Serikat, mesin tersebut dirasa masih kurang “nendang”.

lamborghini mesin 2jz

Modifikasi Lamborghini Gallardo dengan mesin 2JZ GTE

Street Aero pun melakukan modifikasi dengan mengganti mesin bawaan Gallardo dengan 2JZ. Mobil yang dipajang pada pameran Specialty Equipment Manufactur Association (SEMA) ini cukup menarik perhatian.

Alasan Toyota Supra MK4 Banyak Diburu

Bryce Yeager, modifikator dari Street Aero pun membeberkan alasannya. Menurutnya mengapa dipilih mesin 2JZ lantaran mesin tersebut dapat dengan mudah untuk didongkrak tenaganya menggunakan komponen khusus balap.

Mesin 2JZ GTE 3.000 cc, 6 silinder tersebut dikawinkan dengan transmisi manual 6 percepatan bawaan Lamborghini Gallardo. Yang cukup menarik, walaupun kapasitasnya lebih kecil tetapi mesin 2JZ ini lebih panjang dibanding mesin V10 bawaan Gallardo.

lamborghini mesin 2jz

Modifikasi Lamborghini Gallardo dengan mesin 2JZ GTE

Hal tersebut membuat Bryce harus membuka bagian firewall hingga 8 inci agar mesin tersebut muat. Turbo bawaan mesin pun diganti dengan ukuran yang jauh lebih besar sehingga mampu mengeluarkan performa yang sangat buas.

Menurutnya Lamborghini berkelir biru tersebut kini sanggup mengeluarkan tenaga 1.000 hp, atau dua kali lipat dibanding tenaga aslinya.

Selain mesin, bagian yang membuat tercengang lainnya adalah kaki-kaki belakang. Pelek bawaan Gallardo diganti dengan ukuran yang sangat lebar, mencapai 14 inci. Hal ini membuat Bryce harus memutar otak agar pelek tersebut muat untuk digunakan pada Gallardo.

lamborghini mesin 2jz

Modifikasi Lamborghini Gallardo dengan mesin 2JZ GTE

Hasilnya fender bagian belakang harus dilepas dan sengaja dibiarkan terekspos pengunjung. Suspensi belakang dipasang tepat di atas ban belakang yang sudah dirancang sedemikian rupa olehnya.

Rear diffuser serta wing bagian belakang juga dibuat secara khusus untuk memperbaiki downforce. Mobil yang dipajang di SEMA 2021 ini seketika langsung menjadi pusat perhatian pengunjung yang datang ke pameran tersebut.

Cara Mengurus Surat-surat Ganti Mesin

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *