Home » Modifikasi » Xpander Cross Meluncur, Xpander AP4 Rally Diuji Coba di Selandia Baru

Xpander Cross Meluncur, Xpander AP4 Rally Diuji Coba di Selandia Baru

Xpander AP4 mulai diuji coba pertama kali di sirkuit balap
Xpander AP4 mulai diuji coba pertama kali di sirkuit balap

Selandia Baru – Beberapa hari lalu Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) resmi merilis varian baru dari Xpander, Xpander Cross. Mobil tersebut merupakan Xpander yang hadir dengan tampilan semi SUV. Salah satu kelebihannya adalah ground clearance yang tinggi, dan tampilan yang bergaya lebih tangguh dengan penambahan aksen plastik doff.

Di tempat lain, brand ambassador yang juga pebalap reli nasional, Rifat Sungkar menguji coba Xpander AP4. Xpander AP4 ini merupakan mobil Mitsubishi Xpander yang dimodifikasi untuk ajang balap reli. Xpander AP4 sengaja dibuat dengan modifikasi yang cukup ekstrem demi kemampuan melibas segala trek reli.

Mitsubishi Xpander AP4
Eksterior Mitsubishi Xpander AP4 masih diselimuti motif kamuflase. (Foto: Carmudi/Dimas)

Mesin yang ditawarkan terbagi dalam dua pilihan mesin; 1.600 cc, 4 silinder, turbo dan 1.800 cc, 4 silinder, turbo. Proses pembangunan atau pembuatan mobil balap ini pun disebut memakan waktu yang cukup lama. Karena Rifat harus melakukan berbagai riset demi membuat mobil keluarga ini menjadi mobil yang siap di trek balap reli.

Untuk pertama kalinya, Xpander AP4 ini pun akhirnya diuji coba. Mobil ini diuji coba di Maramarua Forest, Selandia Baru pada pekan lalu.

“Saya rasa banyak yang tak menyangka hal ini akan terjadi, namun ini juga saya perhatikan pendapat banyak orang ketika perubahan tren terjadi pada mobil WRC berbentuk sedan menjadi hatchback. Di mana banyak orang yang juga meragukan hal itu. Namun ternyata hal itu kemudian menjadi tren di dunia,” kata Rifat Sungkar.

Mengubah Persepsi Mobil Balap

Satu hal yang ingin ditekankan oleh Rifat kepada masyarakat dunia. Ia ingin mematahkan stigma tentang mobil balap harus menggunakan model sedan. Padahal, mobil berjenis MPV alias mobil keluarga pun bisa dijadikan sebagai mobil balap. Maka dari itu, ia membuat proyek Mitsubishi Xpander AP4 ini sebagai mobil balap reli yang nanti akan digunakan olehnya.

“Saya berharap kehadiran Xpander AP4 akan menjadi kiblat atau trendsetter perubahan bentuk kendaraan mobil sport yang selalu identik dengan sedan ataupun kendaraan dua pintu, menjadi kendaraan berbasis keluarga. Ramuan AP4 sendiri adalah solusi terbaik untuk reli di kawasan Asia Pasifik karena memperbolehkan modifikasi untuk semua jenis kendaraan dengan basis AP4 kit,” sambung Rifat.

Mitsubishi Xpander AP4
Mitsubishi Xpander AP4 dibangun dari basis Xpander GLS

Setelah diuji coba, Xpander AP4 diharapkan dapat digunakan di ajang balap yang ada di dunia. Rifat ingin memberikan informasi jika mobil MPV pun dapat dijadikan sebagai mobil balap yang benar-benar tangguh, khususnya di Indonesia.

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Baca Juga:

Xpander AP4 Mulai Tes Balap Reli di Selandia Baru

Previous post
Makin Galak di Medan Offroad, Modifikasi Suzuki Jimny Ini Dibekali Mesin Turbo
Next post
Sah, Anak Perusahaan Indomobil Group Jadi Distributor Mobil Kia