Sumber informasi

Lihat Kondisi Lalu Lintas Bogor Lewat CCTV Live

CCTV live daerah Bogor bisa dipantau untuk melihat kondisi lalu lintas  secara online sehingga berguna bagi para pengendara.

Pemerintah menyediakan CCTV online agar masyarakat bisa lihat dan tahu kondisi lalu lintas terkini di beberapa titik jalan.

Saat musim liburan atau mudik, adanya CCTV ini sangat membantu karena kita bisa jadi tahu lalu lintas yang harus dilalui dan terhindar dari kemacetan parah.

Ilustrasi CCTV jalan tol

Ada cara melihat kondisi lalu lintas di Bogor secara live lewat CCTV online. (Foto: Freepik)

Canggihnya, CCTV online kini tidak hanya bisa diakses lewat komputer di meja ataupun laptop. Tapi, juga dapat diakses lewat ponsel.

Carmudian pun tidak perlu repot mengisi data diri untuk mengaksesnya.

Berdasarkan penelusuran Carmudi, kebanyakan CCTV online bisa langsung diakses tanpa harus mengisi data diri terlebih dahulu.

Cara Melihat Kondisi Lalu Lintas di Bogor lewat CCTV Online

Sudah jadi hal lumrah bagi masyarakat Bogor menemukan kondisi jalan macet pada akhir pekan, terutama jalur Puncak di musim liburan.

Untuk itu, Carmudi telah rangkum beberapa cara melihat kondisi lalu lintas di Bogor lewat CCTV online sebagaimana dilansir dari berbagai sumber.

Melalui Situs Web Khusus

cctv live bogor

Melihat kondisi lalu lintas di Bogor secara live lewat CCTV online milik DLLAJ Kota Bogor. (Foto: Carmudi)

Warga Bogor yang ingin melihat kondisi lalu lintas saat berkendara bisa mengakses situs DLLAJ Kota Bogor.

Ini merupakan situs milik Dinas Lalu Lintas dan Angkatan Jalan (DLLAJ) Kota Bogor, Jawa Barat, yang menyediakan tayangan CCTV online.

Situs ini hanya menyediakan tayangan langsung kondisi lalu lintas khusus Kota Bogor yang meliputi Bogor Utara, Selatan, Barat, Tengah, dan Timur.

Berdasarkan situs web tersebut, total ada 12 CCTV DLLAJ yang dipasang di seluruh Kota Bogor.

Bagi Carmudian yang ingin memantau kondisi lalu lintas di Bogor dengan menggunakan situs DLLAJ Kota Bogor, caranya sangat mudah.

Pertama, Carmudian bisa kunjungi situsnya di sini dengan menggunakan browser di ponsel yang sudah terkoneksi ke internet.

Setelah situsnya terbuka, Carmudian bisa pilih tayangan CCTV di lokasi yang ingin dipantau kondisi lalu lintasnya secara live.

Setelah itu, akan muncul tayangan CCTV-nya yang menampilkan kondisi lalu lintas terkini di lokasi yang sudah dipilih.

Selain situs DLLAJ Kota Bogor, Carmudian juga bisa ke situs web swasta lewatmana.com yang memiliki beberapa kamera CCTV online di beragam kota di Indonesia, mulai dari DKI Jakarta, Depok, hingga Bogor.

Carmudian bisa mengakses situsnya di sini dengan menggunakan browser di ponsel. Pastikan browser-nya sudah terkoneksi ke internet.

Setelah masuk ke situsnya, Carmudian bisa memilih tayangan langsung CCTV di kawasan Bogor yang ingin diketahui kondisi lalu lintasnya.

Adapun CCTV ini dapat memantau kondisi lalu lintas di Cibubur, Ciloto Puncak, dan Puncak Raya KM 84.

Menggunakan Aplikasi CCTV Online

Selain lewat CCTV online di situs, ada juga cara lain untuk memantau kondisi lalu lintas di Bogor, yaitu menggunakan aplikasi berikut.

NTMC TV

Aplikasi ini merupakan milik Polri (Kepolisian Republik Indonesia). Aplikasi tersebut berfungsi untuk memantau kondisi lalu lintas Indonesia secara live, termasuk di Bogor.

Aplikasi NTMC TV telah terkoneksi dengan banyak CCTV yang tersebar di kawasan Bogor, sehingga masyarakatnya bisa melihat kondisi lalu lintas di berbagai titik jalan kawasan tersebut.

Untuk menggunakan aplikasi ini, Carmudian harus unduh aplikasinya dahulu secara gratis di Google Play Store.

Menggunakan Waze dan Google Maps

Tampilan Waze

Selain CCTV online di situs, Carmudian juga bisa pantau kondisi lalu lintas Bogor live di Waze. (Foto: Ilustrasi)

Carmudian juga bisa memanfaatkan beberapa aplikasi lain, seperti salah satunya Waze.

Seperti diketahui, Waze merupakan suatu aplikasi navigasi GPS belokan demi belokan yang tidak dikenai biaya alias gratis dengan pembaruan lalu lintas secara real-time.

Dengan aplikasi ini, Carmudian dapat melihat kondisi lalu lintas terkini di beragam lokasi sekitar Carmudian, termasuk di kawasan Bogor.

Jika ingin menggunakan Waze, Carmudian sebaiknya ketahui dulu beberapa warna yang ada di aplikasi tersebut di mana menunjukkan status kondisi lalu lintas.

Beberapa di antaranya adalah warna merah yang memberitahukan kondisi jalan macet. Ada pula warna kuning untuk memberitahu kondisi jalan yang juga macet, tapi tidak terlalu parah.

Tak ketinggalan, ada juga warna abu-abu untuk menunjukkan kondisi jalan yang lancar. Bagi Carmudian yang ingin menggunakan Waze, bisa mengunduh aplikasinya di Google Play Store maupun App Store.

Selain Waze, Carmudian bisa menggunakan Google Maps yang juga termasuk aplikasi di mana dapat digunakan untuk melihat kondisi lalu lintas secara live di kawasan Bogor.

Mirip seperti Waze, Google Maps juga menggunakan warna. Semakin gelap warnanya, makin macet jalanan. Untuk mengakses Google Maps, Carmudian bisa mengunduh aplikasi tersebut di App Store atau Google Play Store.

Tips Anti Stres Saat Berkendara

Tips mengatasi stres saat berkendara. (Foto: Ilustrasi)

Carmudian pastinya akan merasa stres saat menemui jalan yang macet saat berkendara. Ada beberapa tips yang perlu diketahui Carmudian agar tidak stres saat berkendara, khususnya di jalan macet.

  • Berangkat Lebih Pagi

Salah satu alasan jalan bisa macet yaitu banyak orang yang menggunakan jalan sama di satu waktu. Untuk mencegah Carmudian terjebak di jalan macet, bisa berangkat lebih pagi dari biasanya.

Jika tetap terkena macet di tengah jalan, Carmudian tidak perlu merasa khawatir dan stres akan telat sampai di tempat tujuan. Kemungkinan besar Carmudian tetap sampai di sana tepat waktu.

  • Sabar dan Tenang

Ketika menghadapi jalan yang macet, Carmudian harus tetap sabar dan tenang. Hal ini dapat mencegah perasaan kesal yang nantinya dapat menimbulkan stres.

Carmudian bisa melihat sekeliling untuk mengetahui bahwa tidak hanya Carmudian yang terjebak macet, tapi juga banyak orang lain di mana nasibnya sama.

Dengan melakukan hal ini, Carmudian bisa tenang karena tidak merasa sendirian. Jika ingin merasa tenang, Carmudian dapat menarik nafas dalam-dalam, kemudian menghembuskannya perlahan. Lakukan secara berulang sampai benar-benar tenang.

Ini juga bisa membuat Carmudian merasa rileks saat berkendara di jalan macet. Disarankan lakukan cara ini saat merasa mulai kesal.

  • Berikan Afirmasi Positif

Alih-alih merasa kesal saat melewati jalan macet, sebaiknya Carmudian memberi afirmasi positif pada diri sendiri.

Merasa kesal dan ngomel saat terjebak macet di perjalanan akan membuat energi Carmudian terkuras habis sehingga bisa mengakibatkan tubuh jadi lebih cepat lelah yang tentunya dapat membahayakan keselamatan Carmudian.

Perlu diingat, kesal dan ngomel tidak akan mengubah situasi jalan yang macet. Oleh karena itu, lebih baik Carmudian manfaatkan waktu macet untuk memberi afirmasi positif pada diri Carmudian sendiri.

  • Mematuhi Rambu Lalu Lintas

Rambu ini merupakan alat pengedali lalu lintas yang sudah dirancang untuk menjamin kenyamanan serta keselamatan setiap pengguna jalan.

Dengan adanya rambu tersebut, dapat mengurangi resiko kecelakaan. Meski kondisi jalan sedang macet, Carmudian harus tetap patuhi rambu lalu lintas agar tetap selamat sampai tempat tujuan.

Jika tidak, Carmudian bisa terkena kejadian yang tidak diinginkan di mana tentunya dapat menyebabkan stres.

Penulis: Nadya Andari
Editor: Dimas

Nadya Andari

Memulai karir sebagai Content Writer di Carmudi Indonesia sejak awal tahun 2019. Lulusan Desain Komunikasi Visual yang suka sekali menulis, seperti cerpen, artikel, dan sebagainya.
Follow Me:

Related Posts