HomeTips dan TrikMakin Gampang dan Praktis, Bayar Pajak Motor Bisa Pakai ATM

Makin Gampang dan Praktis, Bayar Pajak Motor Bisa Pakai ATM

Bayar Pajak Motor tidak cuma dari Drive Thru tapi bisa dari ATM BCA (Foto: Carmudi)

Jakarta – Pajak kendaraan bermotor menjadi kewajiban yang harus dibayarkan oleh pemilik setiap tahunnya. Kini, bayar pajak motor makin praktis karena kita bisa pakai layanan perbankan ATM.

Selama ini kalian biasanya membayar pajak kendaraan baik motor atau mobil langsung ke kantor Samsat (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap) di Kepolisian setempat. Hambatan terbesar adalah menyempatkan waktu untuk datang ke Samsat.

Sebelum era pembayaran digital seperti sekarang, proses pembayaran pajak kendaraan bermotor cukup menyita waktu. Kita harus antri bersama dengan puluhan orang lainnya yang membayar pajak kendaraan di jam yang sama.

Setidaknya proses membayar pajak kendaraan bermotor secara konvensional dapat memakan waktu hingga setengah hari kerja. Misalnya pagi jam 8 datang ke Samsat, baru selesai antara jam 11 sampai 12 siang.

Seiring kemajuan teknologi, BCA bekerjasama dengan kantor Samsat memberikan layanan e-Samsat kepada para wajib pajak. Dikutip dari laman resmi BCA, fasilitas e-Samsat memungkinkanmu membayar pajak kendaraan bermotor secara online melalui Jaringan ATM BCA.

Biaya Administrasi Bayar Pajak Motor Pakai ATM BCA

pemblokiran dokumen
Bayar pajak kendaraan bermotor di Jakarta bisa melalui SAMSAT online

e-Samsat merupakan salah satu komitmen BCA dalam memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi para nasabah, khususnya bagi para pemilik kendaraan bermotor. Dengan hadirnya kemudahan pembayaran online lewat ATM BCA, tidak ada lagi alasan buat kamu menunda pembayaran tahunan pajak motor. Cukup sisihkan 5 menit untuk mengakses aplikasi Samsat dan kemudian datang ke ATM BCA untuk membayar pajak.

Pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui jaringan ATM BCA dan mobile banking hanya akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 5 ribu saja. Dalam proses pembayarannya, harus mengunduh atau telah memiliki aplikasi Samsat sesuai asal provinsi STNK itu terbit.
Saat ini BCA telah melakukan kerja sama dengan :

  • Samsat Jawa Barat (Jabar) dengan kode provinsi 032
  • Samsat Kalimantan Timur (Kaltim) dengan kode provinsi 064
  • Samsat Jawa Tengah (Jateng) dengan kode provinsi 033
  • Samsat Nasional dengan kode provinsi 100 (bertahap dilakukan, saat ini untuk wilayah provinsi Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, DIY Yogyakarta dan Bali)
  • Samsat DKI Jakarta dengan kode provinsi 200

Namun demikian, patut disayangkan karena BCA malah belum menyediakan layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor dari mobile banking. Bisa jadi, alasan belum ada menu pembayaran pajak via mobile banking karena masih diperlukan kertas bukti bayar untuk ditukarkan ke kantor Samsat.

Tata Cara Pembayaran Pajak Motor Melalui ATM BCA

Data kendaraan ditampilkan pada layar monitor ATM saat kita bayar pajak motor pakai BCA (Foto: Dispenda Jabar)

Sebelum melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor, kalian harus memastikan bila data KTP sesuai dengan yang tercantum pada STNK. Selain itu, data di KTP juga harus sama seperti yang terdaftar untuk rekening BCA.

Dikutip dari laman Dispenda Jabar, untuk wilayah Jawa Barat, wajib pajak perlu mengirimkan sms ke Samsat untuk memperoleh kode bayar dan jumlah tagihan pajak. Kirim sms dengan format 08112119211 dengan format sebagai berikut:

Esamsat (spasi) nomor rangka (spasi) nomor KTP

Setelah mendapat kode bayar beserta nominal pajak yang perlu dibayar, kalian lantas pergi ke ATM BCA terdekat untuk menyelesaikan transaksi. Untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor ini ada menu tersendiri di ATM BCA.

Kode bayar perlu dimasukkan saat pembayaran pajak kendaraan bermotor di ATM BCA (Foto: Dispenda Jabar)

Langkah yang perlu kamu lakukan untuk mengakses menu pembayaran pajak kendaraan bermotor di ATM BCA yaitu:

  • Masuk ke menu PEMBAYARAN
  • Pilih MPN/PAJAK
  • Pilih PAJAK KENDARAAN
  • Pilih PEMBAYARAN PAJAK
  • Masukkan kode digit provinsi, untuk Jawa Barat kodenya yaitu 032
  • Proses selanjutnya masukkan kode bayar yang dikirimkan lewat sms

Pada layar ATM akan menampilkan data kendaraan bermotor dan nilai pajak yang harus kalian bayarkan. Setelah itu, pilih opsi YA. Kalian kemudian akan menerima struk bukti bayar pajak melalui ATM BCA.

Oh ya, pastikan juga di rekening memiliki cukup saldo untuk membayar pajak. Apabila saldonya tidak cukup maka pembayaran pajak motor tidak bisa dilakukan.

Penukaran Struk dengan Pengesahan Pajak Harus ke Samsat

Sekalipun kita sudah bayar pajak motor di ATM BCA, tapi tetap saja kita wajib datang ke Samsat. Tujuannya untuk menukarkan struk bukti bayar tadi dengan lembar pajak tahunan sekaligus melakukan pengesahan STNK.

Untuk pengesahan ini tidak perlu kembali ke daerah asal, dan bisa dilakukan di Samsat setempat selama masih satu provinsi. Misalnya saja kamu beserta kendaraan asalnya dari Kabupaten Pangandaran dan kini berdomisili di Kota Cirebon. Maka pengesahan cukup datang ke Samsat wilayah Kota Cirebon.

Baca juga: Bikin Lampu Honda Mobilio 2017 RS Makin Terang Pakai Cara Ini

Batas waktu penukaran struk untuk pengesahan pajak kendaraan bermotor yaitu sebulan atau 30 hari. Lebih dari itu, struk dianggap tidak berlaku.

Semoga kedepannya pembayaran pajak motor tidak cuma dari ATM BCA, tetapi juga bisa dari layanan mobile banking. Dengan demikian, proses pembayaran bisa semakin praktis dan tidak perlu keluar rumah selain untuk mencetak lembar pajak dan pengesahan STNK.

Penulis: Yongki

Editor: Lesmana

Previous post
Lokasi, Biaya, dan Cara Ikut Tes Swab Drive Thru
Toyota Recall
Next post
Toyota Recall 6 Model yang Dijual di Filipina Termasuk Innova dan Alphard