Beli Mobil Jangan Mudah Terpengaruh Influencer Sosmed, Sesuaikan Kebutuhan dan Kantong Anda!

London – Sosial media seperti, Facebook, Instagram, Twitter, dan lainnya saat ini tengah digandrungi banyak orang baik itu muda maupun tua.
Maklum, hampir rata-rata orang saat ini butuh pengakuan diri juga butuh eksist dimana saja.
Sosial media bikin orang punya banyak teman dimana saja karena komunikasi yang semakin mudah. Bahkan dengan orang baru dikenal sekalipun bisa langsung akrab.
Ramainya traffic informasi di sosial media menjadikan ajang ngumpul online ini sebagai media andalan mendapatkan berbagai hal, mulai dari hal-hal positif hingga yang negatif. Termasuk info HOAX alias info menyesatkan.
Namun kecenderungan orang memanfaatkan sosial media jadi berkah tersendiri bagi perusahaan pembiayaan kendaraan. Khususnya lembaga pembiayaan kendaraan.
Berdasarkan hasil survei yang dilakukan perusahaan pembiayaan asal Inggris Admiral Car Finance tercatat hampir seperempat atau sekira 22 persen kaum muda berumur 19 hingga 36 tahun mengaku bahwa Facebook memiliki dampak besar ketika mereka ingin membeli mobil baru.
Sementara 16 persen orang mengaku tertarik untuk membeli mobil baru setelah melihatnya di Instagram.
Masih dari hasil survei yang sama, disebutkan juga bahwa postingan selebriti dengan mobil pribadinya di sosial media turut mempengaruhi 14 persen kaum muda dalam memilih mobil yang hendak dibelinya.
Sedangkan sekira 37 persen membeli mobil setelah melihat postingan dan mengikuti saran dari para influencers yang dikenalnya.
Mirisnya tidak sedikit atau sekira dua pertiga kaum muda nekat untuk beli mobil tanpa memperhatikan terlebih dahulu kondisi keuangannya.
Rata-rata penghasilan mereka jauh dari kata cukup untuk membeli sebuah mobil. Namun demi gengsi sekira 37 persen kaum muda rela melakukannya (beli mobil) dengan cara kredit dan cicilan perbulannya besar.
Dalam survei itu pula, perusahaan pembiayaan menemukan bahwa lebih dari satu orang kaum muda (dari total 10 orang) mengaku siap menggunakan setengah dari gaji mereka untuk membayar cicilan mobil. Demikian seperti dilansir dari The Sun.
Brand Manfaatkan Influencer Untuk Memengaruhi Minat Beli Mobil
Hasil survei membuktikan, hampir setengah dari milenial memosting foto diri mereka dengan mobil pribadinya di sosial media.
Setidaknya ada tiga mobil yang paling diincar oleh kaum muda di rentang umur 19 sampai 36 tahun. Ketiganya adalah BMW i8, Audi R8 dan Ford GT.
Namun, tiga mobil teratas yang dimiliki oleh banyak kaum muda adalah Ford Fiesta, Vauzhall Corsa dan Volkswagen Golf.
CEO Admiral Loans, Scott Cargill mengatakan, “Siapa pun yang tertarik untuk membeli mobil, ingat bahwa faktor yang paling penting bukanlah apa yang terlihat di sosial media, atau di mata pasangan mereka yang menganggap itu keren. Tetapi memilih mobil yang baik adalah memastikan terlebih dahulu bahwa kondisi keuangan tidak dalam keadaan pas-pasan.”
Cargill mengingatkan supaya kaum muda jangan langsung percaya begitu saja dengan postingan para selebritis dan influencer di sosial media.
Menurutnya bisa jadi foto mobil atau kendaraan yang dipajangnya di sosial media hanya untuk memenuhi kebutuhan sponsor.
“Foto mobil selebritis dan influencer online yang ada di sosial media belum tentu miliknya melainkan dipinjamkan sebagai bagian dari sponsor atau digunakan untuk tujuan iklan. Kemungkinan besar mereka tidak memiliki atau mengeluarkan uang untuk untuk mobil itu,” pungkas Cargill. Nah loh??? (Z)