Berita Sumber informasi Tips dan Trik

Memilih Asuransi Mobil yang Tepat untuk Mudik Lebaran

Klaim Asuransi

Mudah melakukan klaim asuransi asal semua dokumen lengkap. Foto/Istimewa

Jakarta – Bagi sebagian orang mengasuransikan mobil hanya membuang uang saja, sebab biaya perbulan yang harus dibayarkan relatif sangat mahal. Padahal jika dilihat dari segi manfaat, asuransi mobil mampu menyelamatkan pelanggannya dari pengeluaran yang lebih tinggi lagi. Terutama ketika tengah mengalami masalah, misalkan kecelakaan, mobil dicuri, rusak akibat bencana alam, dan sebagainya.

Saat ini sudah banyak banyak perusahaan asuransi yang menawarkan perlindungan untuk berbagai kendaraan. Promo serta kemudahan yang dtawarkan masing-masing perusahaan asuransi beragam.

Banyaknya perusahaan asuransi untuk kendaraan tentunya membuat para pemilik mobil kebingungan. Supaya tak salah pilih asuransi sebaiknya pemilik mobil harus lebih teliti dan selektif.

Laurentius Iwan Pranoto, Head of Communication & Event Asuransi Astra mengatakan memilih perusahaan asuransi layaknya mencari rekan kerja yang cocok. Mampu memberikan pelayanan maksimal, dan bersedia menemani kapan saja.

“Pilih asuransi sebetulnya seperti pilih partner yang siap setiap saat 24 jam saat kita membutuhkan. Untuk itu pastikan perusahaan asuransi yang akan jadi partner kita kredibel secara brand, finansial, dan pelayanan yang diberikan kepada pelanggannya,” kata Iwan.

Itu saja belum cukup, dirinya menambahkan pilihlah perusahaan asuransi yang memiliki call center yang selalu siaga ketika dibutuhkan. Kemudian cari tahu seberapa banyak cabang di miliki oleh perusahaan asuransi.

Selain itu pastikan perusahaan memiliki rekanan bengkel yang banyak dan ada di berbagai daerah. Tujuannya memudahkan pemilik mobil melakukan pemeriksaan bila terjadi masalah pada mobilnya. Satu lagi yang tidak kalah pentingnya yaitu memiliki layanan darurat.

Selanjutnya pemilik kendaraan harus mencari tahu pula proses klaim asuransi. Pastikan perusahaan asuransi yang dipilih memberikan kemudahan, jangan sampai merugikan bahkan proses klaim memakan waktu lama.

“Urusan klaimnya mudah atau tidak, bisa online dan simple atau tidak. Lalu saat mobil diperbaiki bagaimana kualitas pengerjaan dan kualitas suku cadang, apakah dijamin asli atau tidak dan sebagainya,” pungkas Iwan.

Beda Asuransi Mobil TLO dan Comprehensive

Terkadang pemilik kendaraan asal dalam memilih jenis asuransi untuk mobil tanpa tahu kelebihan dan kekurangannya. Ada dua jenis asuransi kendaraan yang sangat cukup familiar di telinga pemilik kendaraan, sebut saja TLO (Total Loss Only) dan Comprehensive.

Meski keduanya bisa diandalkan dalam memberian perlindungan terhadap mobil pribadi, tapi masing-masing punya perbedaan yang sangat mencolok, terutama dalam hal pelayanan.

Sebagaimana dikutip dari Gardaoto.com, keuntungan yang di dapat oleh pemilik mobil jika memilih asuransi jenis TLO meliputi:

1. Risiko yang ditanggung, berupa kerugian atau kerusakan jika biaya perbaikan sama dengan atau 75 persen (total loss accident) kehilangan akibat pencurian (total loss stolen).

2. Usia kendaraan maksimal 15 tahun.

3. Disarankan untuk mobil yang berusia di atas 5 tahun, dan frekuensi penggunaan mobil rendah.

Sedangkan asuransi kendaraan jenis comprehensive keuntungan yang didapat seperti:

1. Risiko yang ditanggung kerugian atau kerusakan ringan hingga berat yang diakibatkan oleh semua risiko yang dijamin dalam polis partial loss dan total loss

2. Usia kendaraan maksimal 9 tahun.

3. Disarankan untuk kendaraan baru sampai usia 5 tahun, frekuensi pemakaian mobil tinggi, nilai pertanggungan tinggi sehingga kerusakan kecil butuh biaya perbaikan yang besar.(dol)

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di santo.evren@icarasia.com

Related Posts