HomeSepeda motorMenengok Rincian Biaya Servis Yamaha RX-King

Menengok Rincian Biaya Servis Yamaha RX-King

biaya servis rx king
Yamaha RX King Master

Jakarta – Biaya servis Yamaha RX-King tentu bikin penasaran sebagian orang. Apalagi buat mereka yang suka membanding-bandingkan lebih sering dikenal dengan “kaum mending”.

Kaum mending ini biasanya selalu menjawab dengan jawaban ‘ah mending beli ini’ atau ‘ah mendingan beli merek A biaya servisnya murah’. Namanya

Dua-duanya sih enggak ada salahnya buat diikuti. Selama keduanya berjalan positif, hobi apapun pasti bisa membuat hati senang.

Yamaha RX-King beberapa tahun terakhir ini sering jadi perbincangan. Karena motor 2 tak ini dalam 5 tahun terakhir punya harga jual yang meroket tajam. Wuuuuuzzz, tau-tau banyak nih yang jual Yamaha RX-King di atas Rp20 jutaan.

Sontak hal ini membuat kaget sebagian orang. Kenapa sih harga RX-King ini jadi mahal? Apa sih yang ngebuat motor yang identik dengan jambret ini jadi incaran orang Indonesia?

Fenomena Mahalnya Harga Yamaha RX-King

Beberapa tahun lalu ramai menjadi perbincangan karena ada Yamaha RX-King yang dijual seharga Rp300 juta. Sang pemilik mengaku memiliki motor tersebut dalam kondisi New Old Stock (NOS) alias masih baru keluar dari diler.

Harga ini jelas menjadi hal yang viral bagi pecinta sepeda motor. Apa sih alasannya motor jadul 2 tak ini harganya bisa mahal? Salah satu penyebabnya adalah populasi.

Yamaha RX King Cobra
Yamaha RX King Cobra

Yamaha sudah tidak lagi memproduksi RX-King. Motor 2 tak dianggap sebagai salah satu penyebab polusi udara, makanya dihentikan produksinya.

Hal inilah yang diyakini menjadi alasan mengapa motor-motor 2 tak saat ini menjadi naik harganya. “Penyebab lain bisa juga dari komunitasnya itu sendiri. Karena penggunanya banyak, dan motor ini cukup legendaris di Indonesia,” kata Gilbert Ciputra dari Kings Club Djakarta dilansir dari laman Detik.

Biaya Servis Besar Yamaha RX-King

Walaupun harga bekasnya mahal, tapi biaya perawatannya bisa dibilang cukup murah. Biaya servis Yamaha RX-King di bengkel spesialis maupun bengkel resmi tidak terlalu mahal.

Untuk melakukan servis besar Yamaha RX-King kalian hanya membutuhkan dana sebesar Rp170 ribuan sampai Rp230 ribuan saja. Biaya ini merupakan biaya yang dipatok oleh bengkel spesialis maupun bengkel yang ada di pinggir jalan.

Yamaha RX King SE terjual Rp 150 juta (foto: Iwan Banaran)

Servis besar yang dilakukan ini terdiri dari pembersihan karburator, pengecekan ruang bakar, cek lidah reed valve dan membrane yang biasanya jadi penyakit. Biasanya servis besar dilakukan 6 bulan sekali atau 1 tahun.

Motor yang diservis besar biasanya akan dibuka bagian blok silinder, piston dan pengecekan kampas kopling. Intinya pembersihan dilakukan pada bagian mesin.

Maklum aja, motor ini merupakan motor yang usianya sudah mencapai 20 tahunan. Jadi servis besar dan servis rutin menjadi hal yang wajib dilakukan supaya performanya tetap terjaga.

Biaya Servis Ringan Yamaha RX-King

Sedangkan untuk biaya servis ringan biayanya jauh lebih murah lagi. Malah kalau boleh dibilang bisa lebih murah dibanding kalian membeli kopi kekinian. Atau malah setara lah sama kopi-kopi kekinian.

Harga yang dipatok di bengkel spesialis untuk servis ringan Yamaha RX-King berkisar Rp35 ribuan sampai Rp45 ribuan. Angka ini pastinya bervariasi di setiap bengkel.

Namun kisarannya di angka tersebut. Servis ringan yang akan dilakukan oleh bengkel apa aja sih? Mereka nantinya akan membersihkan bagian karburator, pengecekan klep, melihat kondisi bagian dalam blok mesin dan menyetel rantai.

Karburator RX-King (Foto Jiwa Kingers)

Biasanya bagian-bagian tersebut jadi fokus utama dalam servis ringan. Enggak lupa juga nih oli mesin dan oli samping juga diganti dan di cek kondisinya.

Busi juga dibersihkan atau diganti supaya tarikan lebih jos lagi brader. Bagi para pemilik motor 2 tak, servis ringan jadi salah satu cara merawat kendaraan kesayangan mereka.

Selain itu, main ke bengkel juga bisa menjalin silaturahmi dan menambah teman baru. Karena melakukan servis di bengkel spesialis biasanya konsumennya datang dari tempat yang lumayan jauh.

Restorasi Yamaha RX-King Sedang Digandrungi

Kalangan pehobi motor terbagi dalam beberapa kalangan, ada yang sekadar hobi mengumpulkan motor dan ada juga yang hobi membangun motor impian.

Nah, Muhammad Haris pemilik Aris Jaya Motor menyebut bila untuk menikmati RX King ini sebenarnya lebih asik dengan cara restorasi. Dengan merestorasi, kita bisa membangun rasa sayang kepada motor yang kita punyai.

Agar tidak terlalu menyulitkan saat restorasi, Haris menyarankan bila saat berburu RX King ini cari yang ‘setengah matang’. Maksudnya, unit yang akan dibeli tidak banyak yang dipreteli.

Kelemahan Yamaha-RX-King Cukup Mudah Diatasi (Foto: IWB)

Lagipula, harga unit yang ‘setengah matang’ ini juga cukup murah daripada cuma ambil motor dengan kondisi bahan.

“Kalau bahan setengah jadi sekitar Rp 13 jutaan. Dengan harga segitu, kita melengkapi yang kurangnya tidak banyak. Total uang untuk beli motor sama restorasi, mungkin habisnya sekitar Rp 16-17 juta sudah rapi semua,” bebernya.

Nah, buat yang mau main motor 2 tak legendaris ini, rasanya biaya servis Yamaha RX-King ini lumayan murah. Malah, lumayan seru juga nih beli RX-King, anggap saja investasi jangka panjang karena harganya naik terus. Bisa jadi harga jualnya bisa buat beli mobil baru.

Penulis : Rizen

Editor: Lesmana

Suspensi upside down, photo: pinterest
Previous post
Daftar Harga dan Spesifikasi Kawasaki KLX 2020, Motor Tangguh Spesialis Garuk Tanah
Next post
Spesifikasi Lengkap KIA Sonet Indonesia, Belum Punya Lawan Sepadan