HomeMobilSpesifikasi Lengkap KIA Sonet Indonesia, Belum Punya Lawan Sepadan

Spesifikasi Lengkap KIA Sonet Indonesia, Belum Punya Lawan Sepadan

Kia Sonet Indonesia
Setelah India Kia Sonet hadir di Indonesia (Foto: KIA)

Jakarta – Spesifikasi KIA Sonet di Indonesia memang belum banyak diketahui oleh masyarakat. Merek asal Korea Selatan yang memproduksi mobil di India ini sebenarnya boleh berbangga diri.

Karena spesifikasi KIA Sonet yang ada di Indonesia benar-benar kaya fitur. Bahkan kami setuju kalau KIA Sonet ini jadi yang salah satu mobil yang punya fitur terlengkap.

Di Indonesia, KIA Sonet dijual mulai dari Rp193 jutaan tipe termurah sampai termahal Rp289 jutaan. Melihat dari spesifikasi KIA Sonet di Indonesia sebenarnya cukup menarik.

Karena KIA Sonet di Indonesia bisa dibilang masih melenggang sendirian tanpa adanya competitor serius. Hal ini jika membandingkan dari dimensi, harga dan fitur yang disematkan oleh KIA pada Sonet.

Dimensi KIA Sonet Indonesia

KIA Sonet yang dijual di Indonesia punya dimensi panjang 4.120 mm, lebar 1.790 mm dan tinggi 1.615 mm. Dimensi mobil terdekat yang bisa dibandingkan dengan KIA Sonet adalah Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.

Kia Sonet Indonesia
Kia Sonet resmi meluncur di Indonesia (Foto: Youtube/Kia Indonesia)

Tapi sayang, kedua mobil ini belum rilis secara resmi di Indonesia. Hmmmm, mungkin tahun depan Rocky dan Raize kalau dirilis di Indonesia jadi bisa berteman dengan Sonet ini ya.

Harga dan Varian KIA Sonet

Ada berapa tipe sih KIA Sonet yang dijual di Tanah Air? PT Kreta Indo Artha (KIA) menjual Sonet dengan 5 varian. Yang terendah ada tipe Standard, Active, Smart, Dynamic dan Premiere.

Berikut daftar lengkap varian dan harga Kia Sonet yang berlaku di wilayah Jakarta (OTR Jakarta):

  • Sonet 1.5 iVT Premiere                   Rp289 juta
  • Sonet 1.5 iVT Dynamic                   Rp265 juta
  • Sonet 1.5 iVT Smart                        Rp251,5 juta
  • Sonet 1.5 M/T Smart                      Rp238,5 juta
  • Sonet 1.5 M/T Active                      Rp204,5 juta
  • Sonet 1.5 M/T Standard                Rp193 juta

*harga bisa berubah-ubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu

Masing-masing varian punya fitur serta aksesori yang berbeda-beda. Khusus Sonet yang menjadi varian tertinggi sekaligus paling mahal di antara lainnya punya beberapa keistimewaan dan fitur lengkap.

Mesin KIA Sonet

Di Indonesia KIA Sonet hadir dalam mesin berkapasitas 1.497 cc, 4 silinder, DOHC, Dual CVVT, Smartstream, Gamma II. Mesin ini punya tenaga 115 hp dengan torsi 144 Nm.

Tenaga ini disalurkan ke penggerak roda depan melalui transmisi manual 6 percepatan, dan otomatis yang disebut Intelligent Variable Transmission (IVT).

Kia Sonet
Kia Sonet (Foto: KIA)

Transmisi ini diklaim bisa membuat konsumsi bahan bakar mobil jadi lebih baik. Sementara teknologi mesin Smartstream diklaim hadir dengan ubahan yang membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih efisien.

Mode berkendara yang disematkan pada mesin ini ada 3. Mulai dari Eco, Normal dan Sport. Ketiganya menjadi pilihan mode berkendara yang bisa menyesuaikan karakter pengendara saat di jalanan.

Warna yang Tersedia

Sebagai pemain baru, KIA Sonet boleh bangga juga nih sama pilihan warna yang ditawarkan. Karena pilihan warna untuk spesifikasi KIA Sonet di Indonesia terdiri dari 6 pilihan warna.

Mulai dari intense red, aurora black pearl, beige gold, glacier white pearl, iron grey dan intelligency blue. Buat pengendara yang suka sama mobil yang cerah, KIA Sonet lumayan cocok nih.

spesifikasi kia sonet indonesia
Bagasi KIA Sonet punya ukuran cukup besar. (Foto: KIA)

Karakter warnanya pun juga terbilang beda dibanding mobil lainnya. Warna yang dipakai pada KIA Sonet terlihat lebih cerah, menggambarkan sebuah mobil yang tidak biasa.

Fitur Berlimpah

Ini yang paling menarik buat dibahas. Spesifikasi KIA Sonet di Indonesia benar-benar kaya fitur! Misalnya nih, lampu depan sudah memakai LED dengan DRL dengan desain sporty.

Lalu ada pelek alloy 16 inci dengan warna two tone. Lampu belakangnya juga sudah memakai LED dengan warna yang terlihat mewah.

Yang menarik lagi, tipe tertingginya sudah dibekali dengan sunroof. Sunroof ini jadi salah satu fitur yang diandalkan oleh KIA Sonet. Harga di bawah Rp300 jutaan bisa dapat sunroof? Keren kan?

Jok dibekali Air Ventilated (Foto: KIA)

Di bagian atas juga sudah terdapat roof rail berwarna silver. Lalu head unit yang dipasang memakai ukuran 8 inci layar sentuh. Dan fitur yang lumayan jarang ditemui adalah LED sound mood lights yang warnanya bisa menyesuaikan dengan karakter lagu yang lagi disetel di dalam mobil.

Mobil ini juga masih punya banyak fitur menarik. Misalnya ada cruise control, sound system Bose, ventilasi udara di jok depan, lubang AC untuk baris kedua di tengah, USB charger di baris kedua, dan pengaturan AC yang udah pakai model digital.

Buat layar instrument clusternya, KIA Sonet juga sudah pakai model digital. Oh, di bagian tengah juga ada tempat pengisian daya buat hape dengan system wireless.

spesifikasi kia sonet indonesia
Jok Sonet dibekali Air Ventilated (Foto: KIA)

Gadget yang sudah bisa dicas lewat wireless tinggal ditaruh aja nih. Gimana, menggiurkan kan fiturnya? Tenang, masih ada lagi nih fitur yang ada di mobil 5 penumpang ini.

Fitur Keamanan Jempolan

KIA benar-benar tak main-main memberikan fitur keamanan. Hal ini bisa dilihat dari adanya airbag berjumlah 6 titik, sensor parkir di depan dan belakang, vehicle stability management dan brake assist system.

Selain itu, mobil ini juga udah punya hill start assist, kamera mundur, rem yang tentunya sudah ABS, parking distance warning dan electronic stability control.

Oh, mobil ini juga sudah ada keyless entry dengan start/stop button. Kalau dirasa masih kurang, ternyata masi ada nih smart phone connectivity yang ada di head unitnya.

Gimana nih spesifikasi KIA Sonet yang dijual di Indonesia, lumayan menggiurkan kan. Apalagi tak sampai Rp300 jutaan udah dapat fitur lengkap banget kaya begini.

 

 

 

Previous post
Menengok Rincian Biaya Servis Yamaha RX-King
Harga Lexus UX 300e
Next post
Harga Mobil Listrik Lexus UX 300e Lebih Mahal dari Kona Electric