Berita

Mengenal Teknologi e-Power di Nissan Kicks

Nissan Kicks e-Power (Foto: Nissan)

JakartaNissan Kicks e-Power akan meluncur di Indonesia hari ini, Selasa (2/9/2020). Dari namanya, SUV baru ini telah dibekali dengan teknologi e-Power. Teknologi ini bukanlah sesuatu hal yang asing di telinga sebagian orang, sebab PT Nissan Motor Indonesia (NMI) pernah memperkenalkannya pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017.

Kendati demikian, tidak ada salahnya untuk mengingat kembali apa itu teknologi e-Power dan manfaatnya.

Teknologi e-Power adalah rangkaian tenaga (powertrain) listrik 100%, yang masih dibekali mesin bensin yang berfungsi sebagai sumber utama pengisian baterai. Mesin tidak bekerja sendiri, ada perangkat generator listrik, dan inverter yang membantu. Teknologi e-Power memanfaatkan teknologi kendaraan listrik (EV) yang disempurnakan dari Nissan Leaf.

Teknologi terbaru dari Nissan ini diklaim mampu memberikan akselerasi kuat, torsi, dan tarikan yang responsif serta berkendara yang senyap.

Teknologi e-Power

Teknologi e-Power pada Nissan Kicks e-Power (Foto: Nissan)

Cara Kerja Teknologi e-Power

Dalam sistem e-Power, mesin bensin tidak terhubung ke roda, fungsinya hanya untuk mengisi baterai. Tidak seperti kendaraan listrik murni pada umumnya, sumber tenaga utama e-Power bukan hanya dari baterai tapi juga mesin bensin.

Sistem e-Power memiliki motor listrik yang berfungsi untuk menggerakkan semua roda.

Adapun manfaat yang didapat dengan mengaplikasikan e-Power adalah pemilik kendaraan tidak perlu repot-repot mengisi ulang baterai mobil. Selain itu, tidak usah membangun sistem charging di rumah sendiri.

e-Power juga menawarkan efisien bahan bakar yang baik, karena mesin bensin hanya mengisi baterai untuk motor listrik utama. Torsi yang dihasilkan sangat besar sehingga meningkatkan respon berkendara dan menghasilkan akselerasi yang mulus.

Selain Kicks, teknologi yang sama juga sudah dipasangkan ke Nissan Note. Di Jepang, Nissan Note e-Power menjadi salah satu kendaraan ramah lingkungan terlaris.

teknologi e-power dari nissan

Nissan Kicks e-Power (Foto: Nissan)

Nissan Kicks e-Power Meluncur Secara Digital

PT NMI selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Nissan di Indonesia akan meluncurkan Kicks e-Power secara digital lewat kanal Youtube resminya pada pukul 19:00 WIB.

Kicks e-Power akan menjadi kendaraan listrik sekaligus model dengan teknologi e-Power pertama yang dibawa Nissan ke Indonesia.

Peluncuran Kicks e-Power merupakan bagian dari wujud nyata NMI dalam mendukung percepatan pengembangan Kendaraan Bermotor Listrik (KBL) di Indonesia.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Review: Siap Masuk Indonesia, Nissan Kicks e-Power Punya 4 Keunikan

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts