Reviews

Mengulik Perbedaan Masing-masing Tipe pada All New Lexus NX

Jakarta – Membuka lembaran baru di awal 2022, Lexus Indonesia meluncurkan All New NX di ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2022. Sport Utility Vehicle (SUV) kompak mewah tersebut hadir dalam tiga tpe yang berbeda.

All New Lexus NX meluncur pertama kali secara global pada 2021 sebagai model 2022. Kehadirannya menggantikan generasi pertama yang muncul perdana pada 2014.

Kini Lexus NX generasi kedua sudah resmi dipasarkan di Tanah Air dengan membawa berbagai pembaruan di sektor eksterior, interior, hingga penyematan beragam fitur baru.

Lexus NX 450h+

Bansar Maduma, General Manager Lexus Indonesia (Foto: Santo/Carmudi)

“Sejak kehadirannya pertama kali di tahun 2014, kalau di Indonesia 2015, Lexus NX telah menempatkan posisinya sebagai Premium Urban Sports Gear, dan menjadi salah satu favorit SUV di masyarakat. Kali ini Lexus telah membuka sebuah lembaran baru dengan tema “The Next Chapter of Intuitive Luxury” melalui kehadiran generasi kedua The All New Lexus NX,” ungkap Bansar Maduma, General Manager Lexus Indonesia dalam acara Exclusive Media Experience The All New Lexus NX, di Jakarta, Senin (14/3/2022).

All New Lexus NX yang diniagakan hadir dalam tiga pilihan tipe, seperti NX 250 Luxury, NX 350h Luxury, dan NX 350h F Sport. Masing-masing dibanderol Rp1,273 miliar, Rp1.339 miliar, dan Rp1.385 miliar on the roda Jakarta.

>>>>> Cek daftar harga mobil Lexus baru 2022

Secara umum ketiga tipe All New Lexus NX memiliki kesamaan dari segi fitur, tampilan luar dan dalam. Namun, jika diulik lebih dalam lagi ada beberapa perbedaan yang cukup mencolok di antara ketiga tipe tersebut.

All New Lexus NX

Lexus NX 350h Luxury (Foto: Santo/Carmudi)

Lantas apa saja perbedaan dari masing-masing tipe pada All New Lexus NX? Sebelum jauh membahas ke arah sana, simak dahulu sejumlah pembaruan yang diterapkan oleh Lexus di model terbarunya itu.

Limitless Design

Konsep desain yang diusung All New Lexus NX adalah kombinasi Vital X Tech. Tujuannya untuk menciptakan desain yang mewah dan berkarakter. Konsep ini merupakan bahasa desain baru Lexus yang akan diterapkan pada seluruh model keluaran terbaru.

Bagian depan NX terbaru memberikan kesan berbeda yang tercemin pada bentuk gril berukuran besar dan dibalut dengan warna hitam. Tepat di sampingya terdapat lampu depan LED dengan adaptive high beam system yang merupakan salah satu fitur keselamatan pengemudi.

Pada bagian samping mobil tersemat pelek desain baru berukuran 20 inci, kaca depan kiri dan kanan sudah menggunakan accoustic glass yang dapat meredam suara bising dari luar kendaraan ke kabin.

Lexus NX 250 Luxury (Foto: Santo/Carmudi)

“Suara dari luar kendaraan disaring secara maksimal untuk menciptakan ketenangan di dalam kabin,” tutur Bansar.

Berpindah ke bagian belakang terdapat logo Lexus yang sudah didesain ulang untuk menunjukkan kesan modern dan simpel, tapi tetap mudah untuk dikenali.

Pada bagian yang sama desain lampu belakang NX terbaru tampak menarik, selain dibuat meruncing pada ujungnya terdapat pula garis pipih di tengah yang membuat kesan menyatu antara lampu sisi kiri dan kanan.

Lexus Driving Signature

Melalui Lexus Driving Signature, pabrikan asal Jepang itu coba menghadirkan nuansa berkendara yang menyenangkan bagi pengguna All New NX. Ini dikarenakan mayoritas pemilik ALL Lexus NX masih mengendarai mobil sendiri.

Setidaknya ada dua pilar utama yang menjadi turunan dari konsep tersebut. Pertama adalah Linearity, di mana mobil dapat mengikuti keinginan pengemudinya. Kedua, Balance yaitu keseimbangan antara performa dan kenyamanan.

All New Lexus NX

Kokpit All New Lexus NX (Foto: Santo/Carmudi)

“Sehingga pengguna akan selalu merasakan kenyamanan khas Lexus,” terang dia.

NX generasi kedua ini mengadopsi GA-K Platform yang telah diperbarui sehingga menjadi lebih rigid dan dapat meningkatkan kestabilan dalam berkendara.

>>>>> Beli mobil Lexus baru atau bekas terbaik dari Carmudi di sini!

Human Centered Technology

Sebagai pelengkap kenyamanan saat berkendara, Lexus menerapkan konsep desain Tazuna Cockpit yang terinpirasi dari seni berkuda Jepang. Desain cockpit terbaru ini dapat membantu pengemudi dalam mengoperasikan fitur-fitur kendaraan, namun tetap fokus berkendara.

Contoh penerapannya bisa dilihat dari penyematan Head-up Display (HUD) yang menampilkan berbagai informasi kendaraan tepat dihadapan pengemudi, sehingga pandangan pengemudi selalu ke arah depan.

NX terbaru juga dibekali head unit berukuran 14 inci lengkap dengan fitur perintah suara atau voice command yang memungkinkan pengemudi mengaktifkan beberapa sistem seperti navigasi, AC dan lain-lain hanya melalui suara.

Layar entertainment All New NX 350h 350h Luxury (Foto: Santo/Carmudi)

Untuk memberikan rasa nyaman yang lebih bagi pengemudi dan penumpang, Lexus menyematkan pencahayaan kabin dengan 64 pilihan warna kombinasi yang bisa diganti-ganti sesuai selera.

Selain itu, ada total 17 speaker Mark Levinson yang menghasilkan suara berkualitas dan mampu memanjakan telinga pengemudi maupun penumpang di kabin.

Tak kalah menariknya, mobil ini sudah dilengkapi teknologi E-latch.

“Fitur ini dapat membuka pintu dari luar maupun dari dalam hanya dengan satu sentuhan jari, sehingga memberikan kenyamanan yang maksimal,” tutur Bansar.

Fitur lainnya di kabin NX terbaru yaitu wireless apple carplay dan wire connect android auto.

Sementara di sisi perangkat keselamatan, pabrikan berlogo “L” ini menghadirkan Lexus Safety System generasi ketiga, di dalamnya terdapat fitur keselamatan aktif seperti Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Pre-Collision System yang kali ini dapat mendeteksi pejalan kaki dan pesepeda.

Teknologi E-latch (Foto: Santo/Carmudi)

Ada juga Lane Tracing Assist (LTA) dan Adaptive High Beam System (AHS).

Perbedaan NX 250 Luxury, NX 350h Luxury, dan NX 350h F Sport

Lexus NX 250 Luxury, NX 350h Luxury, dan NX 350h F Sport memang sama secara tampilan, tapi jika menilisik ke bagian mesin, pelek, dan aksesori baru akan ketahuan letak perbedaan dari ketiganya.

Mesin

Khusus tipe NX 250 Luxury dibekali mesin konvensional berbahan bakar bensin berkubikasi 2,5 liter inline 4 silinder, direct injection dengan transmisi otomatis 8 percepatan. Tenaga yang dihasilkan mencapai 204 hp dan torsi 234 Nm.

Sedangkan tipe NX 350h Luxury, dan NX 350h F Sport memiliki dua mesin penggerak yaitu mesin bensin 2,5 liter dan motor listrik. Kombinasi dua sumber tenaga tersebut dapat menghasilkan daya sebesar 240 hp dan torsi puncak 239 Nm.

Mesin All New Lexus NX (Foto: Santo/Carmudi)

Tenaga disalurkan ke roda melalui Hybrid Transaxle CVT.

Pelek

Perbedaan selanjutnya ada pada bagian pelek. Tipe NX 250 Luxury dan NX 350h Luxury mendapat pelek model palang bercabang. Sedangkan NX 350h F Sport 10 palang.

“Pelek Luxury dan Sport memiliki desain yang berbeda sehingga dapat menunjang karakter masing-masing,” terang Bansar.

Pelek NX Luxury dan Sport

Aksesori

Secara umum tampilan Lexus NX 250 Luxury dan NX 350h Luxury tidak berbeda. Namun, khusus NX 350h F Sport ada beberapa tambahan aksesori untuk menguatkan karakternya, seperti F Sport Meters, Dimpled Leather Streering Wheel, Wireless Charger, bibir spoiler depan, hingga bingkai fooglamp.

>>>> Cari deretan mobil baru maupun bekas di seluruh Indonesia dari penjual terpercaya di sini!

Penulis: Santo Sirait

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts