Berita Komersial Produk Sumber informasi

Mesin Diesel Commonrail Truk Ringan Isuzu Pertama di Indonesia

mesin diesel Commonrail truk ringan Isuzu

Isuzu Elf NMR 81 truk ringan Commonrail pertama di Indonesia (Foto: Enda/Carmudi)

Penulis: Endara Darata

Jakarta –  PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) selaku agen pemegang merek Isuzu di Tanah Air, memperkenalkan mesin diesel Commonrail pertama di Indonesia pada segmen truk Light Duty Truck (LDT).

Truk ringan baru milik Isuzu dibagi menjadi dua tipe yakni NMR dan NLR. Truk dengan ban belakang ganda memiliki kode NMR, sedangkan truk dengan ban belakang tunggal memiliki kode NLR.

Salah satu tipenya mengadopsi teknologi mesin diesel Commonrail standar Euro4. Teknologi ini antara lain berfungsi untuk menghemat penggunaan bahan bakar serta pengurangan gas buang mesin diesel. Penggunaan teknologi ini juga disebut mampu menghasilkan pembakaran yang optimal.

Kebijakan ini diterapkan Isuzu lebih awal untuk mengantisipasi kebijakan penggunaan standar emisi Euro4. Standar emisi Euro4 bakal terlebih dahulu ditetapkan pada kendaraan konvensional roda empat dengan bahan bakar bensin, mulai Oktober mendatang. Sedangkan untuk mesin kendaraan berbahan bakar solar, kebijakan tersebut baru diterapkan pada 2021.

Mengenai peraturan ini telah diterbitkan pada peraturan Menteri lingkungan hidup no P. 20/MENLHK/SETJEN/KUM1.3/2017. Dengan demikian, Isuzu sejak jauh hari sebelumnya siap menjalankan peraturan Pemerintah akan kebijakan standar emisi gas buang Euro4 untuk mesin berbahan bakar solar.

“Isuzu sangat mendukung dengan keputusan Pemerintah mengenai EURO4. Kami mulai dengan hadirnya Isuzu GIGA sebagai kendaraan truk pertama yang menggunakan mesin diesel Commonrail, kami lanjutkan dengan Isuzu Elf NMR 81 pada tahun ini,” ujar Ernando Demily President Director PT Isuzu Astra Motor Indonesia di GIIAS 2018, baru-baru ini.

mesin diesel Commonrail truk ringan Isuzu

Isuzu Elf NMR 81 truk ringan Commonrail pertama di Indonesia (Foto: Enda/Carmudi)

Isuzu Elf NMR 81, Truk Ringan dengan Mesin Diesel Commonrail Pertama di Indonesia

Peluncuran Elf NMR 81 di GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) kemarin, merupakan truk ringan pertama di Indonesia yang diperkenalkan Isuzu. Sekaligus diakui sebagai Commonrail pertama di segmennya.

“Isuzu harap Elf NMR 81 Commonrail akan menjadi kendaraan yang dapat bersaing di kelasnya serta mampu membantu mobilitas niaga di bidang Mining, Quarrying, Agriculture, Foresty, Fishing dan Construction dengan mengedepankan beberapa factor, yaitu faktor performance, kekuatan serta faktor keamanan, keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara,” ungkap Attias Asril, General Manager Marketing PT Isuzu Astra Motor Indonesia.

Spesifikasi Isuzu Elf NMR 81

Mesin 4HL1-TC, Injection Commonrail (145-100MPa), dengan Engine Power 150 PS serta torsi sebesar 1400-2600 rpm.
Transimsi 6 manual percepatan, mampu lebih tangguh dalam berakselerasi di berbagai situasi jalan.
Suspensi Suspensi depan dan belakang menggunakan Multi Leaf Spring, mampu menahan muatan barang banyak.

“Kami siap dengan peraturan Pemerintah mengenai kebijakan emisi gas buang rendah EURO4. Sebagai langkah awal memenuhi kebijakan tersebut, kami hadirkan melalui Isuzu Elf NMR 81 standar EURO4,” tutup Ernando.

Wahyu Perdana Putera

Berkarir di sejumlah online media sejak 2012 sebagai jurnalis teknologi, sains dan otomotif, kini di Carmudi Indonesia sejak Juli 2015 untuk mengulas & mempublikasikan kabar otomotif terkini dari perspektif lain. Menggilai mobil retro era '80-90an, modifikasi & kultur balap jalanan Jepang serta hobi modifikasi dengan aliran oldschool brutal seperti Shakotan, Kyusha & Kaido Racer. Email: [email protected]
Follow Me:

Related Posts

/