BeritaMobilSumber informasi

Pemesanan Mobil Daihatsu Selama GIIAS 2018 Alami Penurunan

Teknologi terbaru Daihatsu (Foto: Santo/Carmudi)

Jakarta – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Daihatsu di Indonesia, turut serta dalam pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018. GIIAS 2018 resmi berakhir pada Minggu, (12/8).

Di GIIAS tahun ini Daihatsu tampil tanpa produk baru. Perusahaan hanya memamerkan mobil konsep, model edisi spesial dan sebagai pemanis ada beberapa kei car atau mobil kecil khusus pasar Jepang di booth.

Penyelenggaraan GIIAS tahun ini mungkin sedikit membuat Daihatsu kecewa. Tercatat total Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) selama 11 hari pameran mengalami penurunan jika dibandingkan dengan pemesanan mobil Daihatsu di GIIAS tahun lalu. Di GIIAS 2017, Daihatsu mencatat SPK sebanyak 778 unit. Angka tersebut turun sekira 8 persen dibandingkan dengan pemesanan mobil Daihatsu di GIIAS 2018.

Pemesanan mobil Daihatsu di GIIAS 2018 diklaim sebanyak 716 unit. Ada empat model yang menjadi kontributor utama pemesanan. Terios sebesar 36 persen, disusul Sigra sebanyak 18 persen, Xenia 13 persen dan Ayla 13 persen. Selain dari empat kontributor utama, penjualan Daihatsu juga didukung oleh Gran Max Mini Bus (MB), Sirion, Gran Max Pick-Up (PU), Luxio dan Hi-Max dengan total 20 persen.

Daihatsu Raih Penghargaan Booth Terfavorit di GIIAS 2018

Di GIIAS tahun ini Daihatsu mengusung tema ‘Light You Up’. Tidak hanya menyodorkan jajaran mobil, di booth Daihatsu para pengunjung booth juga bisa mengikuti berbagai program permainan unik dan interaktif.

Desain booth Daihatsu yang tampil berwarna dan ramah pengunjung mendapat penghargaan khusus dari pihak penyelenggara GIIAS 2018. Booth Daihatsu dinilai memiliki tampilan yang ceria dan bersahabat sehingga berhasil meraih peringkat 1 untuk kategori Favourite Booth Passenger Car Category 1000-2000 Sqm.

Pada GIIAS 2018 Daihatsu juga mendapatkan penghargaan pada pemilihan Miss Auto Show 2018 dengan kategori ‘Best Costume’.

Daihatsu Sigra edisi spesial (Foto: Santo/Carmudi)

“Kami bersyukur untuk apresiasi pengunjung yang positif terhadap booth Daihatsu di GIIAS 2018, walaupun capaian pemesanan kendaraan sedikit menurun apabila dibandingkan dengan GIIAS tahun lalu,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director PT ADM dalam keterangan resminya.

Edisi Spesial Merayakan Asian Games

Tema ‘Spirit Energy of Asia’ dari Asian Games ke-18 yang akan dimulai pada 18 Agustus 2018, mengilhami Daihatsu untuk mengeluarkan unit Special Edition (SE) bertema sporti. Pada GIIAS 2018, Daihatsu menghadirkan 18 unit Sigra SE, 18 unit Xenia SE dan 18 unit Ayla SE. Sehingga total ada 54 unit Special Edition (SE). Bukan hanya soal unit yang dibuat terbatas, namun tema mobil pun dibuat sporti untuk menyemarakkan Asian Games 2018.

Salah satu ciri penampilan booth Daihatsu setiap tahun di GIIAS adalah keberadaan Research and Development (RnD) Corner. RnD Corner memperkenalkan tentang visi Daihatsu akan teknologi kendaraan masa depan. RnD Corner di GIIAS 2018 juga dilengkapi dengan satu unit model hybrid sebagai sarana edukasi kepada pengunjung tentang teknologi yang dikembangkan Daihatsu. (dna)

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts