BeritaMobilSumber informasi

Mitsubishi Outlander Terbaru Akan Diproduksi di Pabrik Renault

Outlander sport

Mitsubishi Outlander tidak masuk ke Indonesia, hanya Outlander Sport. (Foto: Carmudi)

Douai – Mitsubishi kini menjadi bagian dari aliansi Renault-Nissan. Jadi bukan tidak mungkin ketiganya saling bekerjasama dalam banyak hal. Seperti yang telah dilakukan Mitsubishi dengan Nissan di Filipina yang mana keduanya bergabung untuk membuat training center.

Tidak hanya itu saja, ada kemungkinan Mitsubishi-Renault-Nissan berbagi fasilitas pabrik untuk memproduksi mobil rekannya satu aliansi.

Sebuah laporan dikutip dari Indianautosblog, mengungkap bahwa salah satu produk andalan Mitsubishi yaitu Outlander kemungkinan besar bisa diproduksi di pabrik Renault di Prancis. Jangan tertukar dengan Outlander Sport karena berbeda model. Outlander memiliki dimensi lebih besar.

Mitsubishi Outlander (Foto: Arnold Crack)

Laporan ini diperkuat oleh pernyataan dari seorang sumber internal dari aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi. Sumber itu mengatakan bahwa ‘Sport Utility Vehicle (SUV) besar Mitsubishi’ akan masuk jalur produksi di Eropa pada 2020. Dari pernyataan tersebut, ada kemungkinan SUV yang diproduksi di sana adalah generasi penerus dari Mitsubishi Outlander.

Sumber yang sama juga mengungkapkan bila sampai saat ini aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi belum memutuskan pabrik mana yang akan digunakan untuk memproduksi Mitsubishi Outlander terbaru di Prancis.

Diperkirakan Renault bisa membangun mobil itu di pabrik Douai. Saat ini, ada lima model yang diproduksi di pabrik tersebut. Mulai dari Renault Espace, Renault Talisman, Renault Talisman Estate, Renault Scenic dan Renault Grand Scenic.

Pada Mei lalu, Motor Trend mengungkap bahwa generasi penerus dari Mitsubishi Outlander mulai dipasarkan pada 2021, Konon mobil akan dibangun menggunakan platform aliansi (CMF-C / D). Kemungkinan Outlander akan berbagi platform dengan Nissan Rogue.

Bila benar adanya maka besar kemungkinan bahwa generasi penerus dari Mitsubishi Outlander akan memiliki bodi yang panjang dan lebih lebar dibanding model sebelumnya. Itu dilakukan supaya ada pembeda tegas antara Outlander dengan Eclipse Cross. Eclipse Cross digadang-gadang sebagai suksesor versi kompak Outlander yang kita kenal dengan Outlander Sport.

Di Indonesia Mitsubishi Outlander Sport Sudah CKD

Versi kompak dari Outlander, Mitsubishi Outlander Sport dipasarkan di Indonesia oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sejak 2012.

Crossover/SUV kompak itu sudah dirakit secara lokal di pabrik Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) di Pulo Gadung, Jakarta Timur. Sehubungan dengan telah beroperasinya pabrik baru MMKI di Bekasi, Jawa Barat, maka ada kemungkinan produksi Mitsubishi Outlander Sport, atau mungkin suksesornya nanti, Eclipse Cross, dilakukan disana.

Kemungkinan pemindahan produksi Mitsubishi Outlander dari pabrik Mitsubishi di Pulo Gadung ke Bekasi tidak dilakukan dalam waktu dekat. Saat ini konsentrasi pabrik baru itu masih tertuju kepada produksi Xpander dan Pajero Sport. (dna)

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts