Berita Mobil

Penjualan Wholesales Honda Turun, Hanya Model SUV Ini yang Naik

Honda Brio

Honda Brio Satya. (Foto: Carmudi Indonesia)

Jakarta – PT Honda Prospect Motor (HPM) Agen Pemegang Merek mobil Honda di Indonesia, menutup bulan Juni 2018 dengan penjualan wholesales (pabrik ke dealer) yang lebih rendah dibanding bulan sebelumnya.

Berdasarkan data penjualan wholesales yang dirilis HPM, tercatat sepanjang Mei 2018 total mobil Honda yang terdistribusi sebanyak 16.723 unit. Sedangkan pada Juni turun cukup drastis yaitu sebesar 9.096 unit.

Penurunan penjualan wholesales mobil Honda dinilai wajar mengingat pada Juni waktu kerja lebih sedikit menjelang Idul Fitri. Selain itu panjangnya hari libur menyebabkan proses produksi mobil di pabrik mengalami penghentian yang cukup lama.

“Penjualan Honda di bulan Juni lalu turut dipengaruhi oleh libur Lebaran yang hanya menyisakan sekitar 11 hari kerja,” ujar Jonfis Fandy, Marketing and After Sales Service Director PT HPM dalam keterangan resminya.

Masih Sesuai Target

Walaupun dari segi total penjualan wholesales mobil Honda mengalami penurunan, tapi ada produk andalan yang mengalami kinerja penjualan positif di bulan lalu.

Sepanjang Juni 2018 salah satu produk Sport Utility Vehicle (SUV) milik Honda yaitu Honda BR-V mencatat peningkatan penjualan wholesales yang signifikan. BR-V melesat dari 397 unit di Mei menjadi 1.370 unit di Juni.

Peningkatan penjualan Honda BR-V didukung oleh penyegaran model yang diperkenalkan pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 pada April lalu.

Jajaran Mobil Terlaris Honda

Honda BR-V

“Angka penjualan yang kami capai masih sesuai dengan target. Serta menunjukkan performa yang positif untuk produk-produk seperti Honda BR-V yang baru melakukan penyegaran model,” tambah Jonfis.

Selain Honda BR-V, ada satu produk Honda yang sampai saat ini masih menjadi andalan. Hatchback ini sekaligus penyumbang terbesar penjualan selama beberapa bulan ke belakang. Adalah Honda Brio Satya yang berhasil menyumbang sebanyak 2.452 unit pada penjualan Juni.

Produk Honda lainnya yang juga berkontribusi terhadap penjualan Honda selama satu bulan yaitu Honda HR-V 1.5L mencetak penjualan sebanyak 1.781 unit. Sementara Honda Mobilio menyumbang penjualan sebanyak 1.303 unit.

Honda Jazz masih memiliki penggemar terutama anak muda dengan mencatatkan penjualan sebanyak 668 unit. Selanjutnya diikuti Honda HR-V 1.8L sebanyak 577 unit, Honda Brio RS 513 unit dan Honda CR-V 228 unit.

Di segmen sedan, penjualan terbanyak diraih Honda City sebanyak 89 unit. Kemudian disusul Honda Civic Sedan sebanyak 62 unit dan Honda Accord sejumlah 14 unit. Selain itu, Honda Civic Hatchback juga berkontribusi terhadap penjualan sebanyak 36 unit, Honda Odyssey 2 unit dan Honda Civic Type R 1 unit. (dna)

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts

/