Home » Berita » Hyundai Siapkan Mobil Listrik di Akhir Tahun, Ioniq?

Hyundai Siapkan Mobil Listrik di Akhir Tahun, Ioniq?

Hyundai Ioniq full electric akan segera meluncur ke Indonesia
Hyundai Ioniq full electric akan segera meluncur ke Indonesia

JakartaPT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) dikabarkan akan segera membawa satu produk barunya ke Indonesia. Produk baru ini merupakan salah satu line up yang belum pernah dijual di Indonesia. Hal tersebut disampaikan oleh Hendrik Wiradjaja, Deputy Marketing Director PT HMI. Dirinya mengatakan bahwa Hyundai Indonesia sudah menyiapkan produk baru di akhir tahun mendatang.

“Jadi kita memang sudah mempunyai produk baru yang akan diluncurkan. Pokoknya akhir tahun akan kita luncurkan lah, ditunggu saja,” buka Hendrik kepada Carmudi saat ditemui di kantor HMI, Jakarta, Selasa (8/10/2019).

Hyundai Ioniq full electric akan segera meluncur ke Indonesia
Hyundai Ioniq full electric akan segera meluncur ke Indonesia

Saat dikonfirmasi lebih lanjut, Hendrik mengatakan bahwa produk yang akan diluncurkan merupakan model hatchback, Hyundai Ioniq. Hyundai Ioniq yang masuk ke Indonesia nantinya merupakan produk mobil listrik.

“Iya Ioniq. Ditunggu saja pokoknya akhir tahun ya. Yang akan kita kenalin nanti itu yang versi listrik. Karena kita punya Ioniq versi combustion engine, hybrid dan elektrik. Yang akan dibawa nanti yang versi listrik,” bebernya.

Pandangan Hyundai Tentang Mobil Listrik

Banyaknya produsen otomotif di Indonesia yang gencar memasarkan kendaraan hybrid dan listrik, HMI pun punya pendapat tersendiri.

“Kenapa kita mau memasukkan Ioniq, karena kita punya line up mobil listrik. Kita juga masih menunggu Peraturan Menteri (Permen) nantinya akan seperti apa. Semua produsen kan juga masih menunggu Permennya ini seperti apa,” sambung Hendrik Wiradjaja.

Sekarang Indonesia tengah bersiap melangkah ke era kendaraan bermotor listrik. Ini diperkuat dengan ditandatanganinya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan oleh Presiden Joko Widodo pada 12 Agustus 2019 lalu. Sebagai pelengkap Perpres, nantinya akan diterbitkan juga Peraturan Menteri (Permen) yang menyoroti berbagai hal termasuk uji tipe kendaraan.

Interior Hyundai Ioniq full electric
Interior Hyundai Ioniq full electric

Saat ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah menyiapkan Peraturan Menteri supaya sejalan dengan Perpres No. 55 Tahun 2019. Nantinya, Permen tersebut akan berisi sejumlah materi. Di mana berhubungan dengan kelayakan kendaraan listrik sebelum dipasarkan dan beredar di jalan raya. Hyundai Ioniq listrik sendiri merupakan mobil yang diproduksi sejak 2016 sampai sekarang Korea Selatan.

Hyundai Ioniq dibekali baterai polimer lithium ion (LiPo) 28 kWh. Mobil yang pertama kali diluncurkan di ajang Los Angeles Auto Show 2016 ini punya daya tempuh yang cukup jauh. Mobil ini mampu berjalan dari baterai penuh hingga jarak 320 km. Tenaga yang dihasilkan mobil ini mencapai 120 hp dengan torsi maksimal di angka 295 Nm.

Hyundai Ioniq full electric akan segera meluncur ke Indonesia
Hyundai Ioniq full electric akan segera meluncur ke Indonesia

Mobil yang masuk ke dalam kategori liftback ini juga terintegrasi dengan In Cable Control Box (ICCB). ICCB ini memungkinkan pengemudi mengisi daya Ioniq di listrik rumah tangga biasa dengan tegangan outlet standard 110 volt. Nama Ioniq diambil dari nama Portmanteau Ion dan Unique. Mobil ini juga menjadi mobil pertama yang ditawarkan oleh Hyundai dalam varian combustion engine, hybrid, plug in hybrid dan full elektrik.

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Baca Juga:

Melihat Nilai Investasi dan Lokasi Pabrik Hyundai di Indonesia

Toyota Agya dari Toyota Team Indonesia (TTI) semakin mendekati gelar juara.
Previous post
Toyota Agya Terjun di Ajang Balap, Langsung Jadi Pemuncak Klasemen
Next post
5 Model Nissan yang Akan Diperlihatkan Akhir Oktober 2019

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *