Berita

Mobil Listrik Otonom Garapan Hyundai dan Apple Diproduksi 2024

Mobil Listrik Otonom

Proyek mobil Apple (Foto: Paultan)

Washington – Hyundai menjalin kerjasama dengan Apple dalam pembuatan mobil listrik otonom (tanpa perlu pengemudi).

Kesepakatan kerja sama antar kedua perusahaan ternama itu rencananya akan ditandatangani pada Maret tahun ini.

Penandatanganan perjanjian kerja sama proyek mobil listrik otonom merupakan lanjutan dari hasil pembicaraan awal antara Hyundai dan Apple beberapa waktu lalu.

Surat kabar lokal Korea IT News, sebagaimana dikutip ulang oleh Reuters, Senin (11/1/2021) menyebutkan bahwa mobil garapan Hyundai dan Apple dijadwalkan masuk dapur produksi pada 2024 di Amerika Serikat.

Baca Juga: 

Hyundai Motor belum mau memberikan jawaban terkait kerjasama tersebut. Pihaknya hanya menegaskan bahwa saat ini Hyundai telah menerima banyak permintaan kerjasama dari berbegai perusahaan untuk mengembangkan mobil listrik otonom.

Demikian pula Apple menolak memberikan pernyataan terkait proyek tersebut.

Sejauh ini belum diketahui pasti soal lokasi pabrik serta jumlah unit yang nantinya akan diproduksi.

Masih dari sumber media yang sama, dilaporkan pula Hyundai dan Apple berencana untuk merilis mobil versi prototipe tahun depan dengan menggunakan nama merek Apple.

Bulan lalu Reuters melaporkan bahwa Apple akan terus bergerak membangun teknologi mobil otonom. Tujuannya untuk menghasilkan kendaraan penumpang berbasis baterai yang bisa bergerak tanpa sopir pada awal 2024.

Mobil Listrik Otonom

Mobil Apple (Foto: Paultan)

Proyek Mobil Listrik Otonom Apple

Raksasa teknologi yang berkantor pusat di California, Amerika Serikat ini sebenarnya sudah memiliki proyek mobil listrik otonom sendiri dengan nama Project Titan.

Saat ini perusahaan tengah melakukan pengembangan teknologi baterai terobosannya sendiri untuk dihubungkan ke kendaraan.

Peluncurannya masih jauh, Bloomberg melaporkan bahwa pengembangan masih dalam tahap awal, dan kemungkinan debutnya lima tahun lagi.

Apple telah memiliki tim kecil yang ditugaskan untuk mengembangkan sistem penggerak, desain interior dan eksterior mobil.

Baru-baru ini Apple juga mempekerjakan mantan karyawan Tesla untuk membantu mengembangkan mobil listrik otonom.

Apple juga mempekerjakan mantan Wakil Presiden Teknik Tesla, Steve MacManus pada 2019. Sekarang, dia berserta pekerja lainnya fokus mengembangkan interior mobil, kain, pengujian, dan manufaktur kendaraan.

Tim pengembangan mobil Apple terdiri dari belasan mantan karyawan Tesla. Mereka juga pernah terlibat dalam pembuatan teknologi otonom untuk mobil Tesla.

Secara total ada ratusan pekerja yang dibayar oleh Apple untuk membuat mobil, termasuk mengembangkan sistem penggerak roda.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts