Produk

Mobil Terendam Banjir, Apakah Bisa Ditanggung Asuransi? 

Pemilik mobil sebaiknya menyadari bahwa asuransi mobil harus dimiliki sebelum hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Asuransi mobil berfungsi untuk memberikan perlindungan terhadap kendaraan kesayangan dari kejadian yang tak terduga di masa depan sesuai dengan lingkup jaminannya.

Untuk kerugian yang disebabkan bencana alam seperti banjir, pemilik mobil harus menambahkan perluasan perlindungan dari jenis pertanggungan asuransi Comprehensive.

Asuransi Mobil Kena Banjir

Waspada Banjir Saat Musim Hujan

Ketika musim hujan tiba, pemilik mobil akan dihadapkan pada risiko banjir, baik ketika dalam perjalanan atau saat mobilnya sedang terparkir.

Banjir dapat menimbulkan kerugian besar bagi pemilik mobil, mulai dari rangka keropos, kerusakan interior, sampai water hammer.

Kerusakan-kerusakan tersebut membutuhkan banyak biaya untuk memperbaikinya.

Oleh karena itu, memiliki perlindungan dari asuransi mobil tepercaya seperti Garda Oto akan memberikan peace of mind tersendiri bagi pengendara.

Cara Mengatasi Mobil yang Sudah Terendam Banjir

Prinsip di atas bersifat antisipasi, tapi bagaimana jika mobil sudah terendam banjir? Untuk itu, Garda Oto menyarankan 4 hal berikut ini:

  • Pastikan posisi mobil aman dari genangan banjir dan jangan lupa menutup knalpot terlebih dahulu untuk menghindari air masuk ke dalam mobil karena dapat merusak mesin.
  • Lepaskan kabel negatif aki untuk mencegah korsleting listrik. Pencabutan ini dilakukan sebelum kendaraan terendam air.
  • Cek kondisi oli. Apabila sudah berubah warna menjadi putih susu, maka tangki oli harus dikuras habis terlebih dahulu baru kemudian diisi kembali. Perubahan warna ini disebabkan karena oli sudah tercampur dengan air banjir.
  • Jangan menyalakan kendaraan yang terendam atau memaksakan diri untuk menerobos banjir. Hal ini dapat membuat klaim Anda ditolak karena dianggap telah sengaja menerobos atau menyalakan kendaraan saat banjir.

Asuransi Mobil Kena Banjir

Mobil Kebanjiran? #TenangAdaGARDAOTO!

Secara umum, asuransi mobil Garda Oto menawarkan dua jenis pertanggungan asuransi yang bisa dipilih oleh pemilik mobil.

Total Loss Only (TLO)

Jenis pertanggungan TLO memberikan perlindungan untuk kerusakan/kerugian total yang telah memenuhi syarat kerusakan/kerugian total (Total Loss) atas mobil yang diasuransikan akibat risiko yang dijamin oleh Polis.

Total Loss terjadi jika kerusakan atau kerugian karena suatu peristiwa yang dijamin oleh Polis memiliki estimasi biaya perbaikan mobil ≥ 75% (tujuh puluh lima persen) dari harga sebenarnya, atau mobil hilang karena pencurian.

Comprehensive

Jenis pertanggungan Comprehensive memberikan perlindungan untuk kerusakan/kerugian sebagian dan kerusakan/kerugian total atas mobil yang diasuransikan akibat risiko yang dijamin oleh Polis.

Contohnya adalah baret, penyok, dan lainnya yang membuat mobil kurang nyaman untuk dipandang.

Penting diketahui bahwa perlindungan dari banjir atau bencana-bencana alam lainnya, seperti angin topan, badai, atau tanah longsor, belum termasuk dalam perlindungan asuransi Comprehensive.

Oleh karena itu, agar perlindungan terhadap mobil lebih optimal, maka pelanggan bisa menambahkan perluasan jaminan dalam polis asuransinya. Adapun perluasan jaminan seperti bencana alam, huru-hara, & kerusuhan, terorisme & sabotase, kecelakaan diri pengemudi dan/atau penumpang, serta tanggung jawab hukum pihak ketiga.

Asuransi Mobil Kena Banjir

Benefit Asuransi Mobil Garda Oto Bikin Peace of Mind

Pelanggan tidak perlu khawatir jika mobilnya mengalami kendala dalam perjalanan atau ketika hendak mengajukan klaim. Berikut adalah benefit layanan yang didapatkan oleh pelanggan Garda Oto:

Garda Siaga 24 Jam

Garda Siaga merupakan layanan Emergency Road Assistance (ERA) 24 jam gratis bagi pelanggan Garda Oto.

Melalui layanan ini konsumen bisa mendapatkan layanan mobil gendong, mobil derek, dan motor untuk kebutuhan jumper aki, ban kempis, mogok, hingga kecelakaan.

Aplikasi myGarda

Aplikasi myGarda berfungsi untuk memudahkan pelanggan dalam melakukan lapor klaim dan cek status klaim kapan saja serta di mana saja.

Di dalam aplikasi myGarda terdapat tombol darurat yang dapat ditekan untuk memanggil Garda Siaga.

Garda Akses 24 Jam

Garda Akses merupakan layanan contact center 24 jam yang siap membantu terkait informasi produk, lapor klaim, layanan renewal polis asuransi, hingga layanan bantuan darurat.

Pelanggan bisa menghubungi contact center ini melalui nomor telepon 1 500 112 atau WhatsApp 08950 1500 112.

Garda Center

Garda Center merupakan layanan asuransi Garda Oto yang hadir di mal dan tersebar lokasi yang strategis untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan.

Garda Center buka setiap hari, termasuk hari Sabtu, Minggu, dan hari libur untuk memudahkan pelanggan mendapatkan layanan survei klaim, pembelian polis, dan informasi produk.

Garansi Hasil Kerja Bengkel dan Suku Cadang Asli

Untuk memastikan kualitas perbaikan, Garda Oto menggunakan suku cadang asli dan berkualitas serta memberikan garansi enam bulan untuk hasil pengerjaan kendaraan dari bengkel.

Garda Oto memiliki lebih dari 500 bengkel rekanan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dengan berbagai benefit layanan di atas, berkendara menjadi #TenangAdaGARDAOTO!

Segera dapatkan promosi spesialnya melalui tautan berikut ini, PROMO GARDA OTO!

(ADV)

Baca Juga: Prosedur Klaim Asuransi Banjir, Meringankan Biaya Kerusakan Mobil

Dimas Hadi

Menjadi jurnalis dan merangkap sebagai penulis konten otomotif di Carmudi sejak 2016. Masih terobsesi Toyota Starlet meski lebih sering mengemudikan Suzuki Ertiga karena cinta keluarga. Email: [email protected]

Related Posts