HomeSepeda motorMotor Bekas Rp 5 Jutaan, Kendaraan Harian Murah Meriah

Motor Bekas Rp 5 Jutaan, Kendaraan Harian Murah Meriah

Dengan modal Rp 5 jutaan, kalian bisa membeli motor bekas yang tangguh dan layak pakai

Jakarta – Sepeda motor sekarang ini sudah menjadi kebutuhan sekunder untuk transportasi harian, Namun tidak semua orang sanggup beli motor baru yang harganya belasan hingga puluhan juta rupiah. Kalian yang bingung, berikut ini kami sajikan beberapa motor bekas Rp 5 jutaan yang bisa jadi pilihan.

Meskipun disebut sebagai motor ‘bekas’, tetapi sebenarnya kualitasnya masih layak digunakan untuk sekarang ini.

Sudah banyak sekali motor-motor bekas yang justru memiliki kualitas tak kalah irit dan tangguh baik dibandingkan motor tahun muda, lho.

Kebutuhan akan kendaraan dua juga sangat tinggi, tiap tahunnya di Indonesia sekitar 6 jutaan unit sepeda motor baru laku terjual. Melonjaknya populasi sepeda motor baru di Indonesia berdampak membuat harga jual kembali menjadi sangat turun.

Peminat motor bekas pun masih tetap banyak, bahkan untuk motor yang sudah terbilang tua. Dengan bujet Rp 5 jutaan, kalian akan mendapatkan motor yang masih menganut sistem karburator.

Motor dengan sistem karburator bisa dikatakan mempunyai peminatnya sendiri terutama bagi mereka yang tidak suka dengan sistem pembakaran injeksi. Soal perawatan lebih murah dan masih bekerja secara mekanis sehingga tidak membebani kerja aki.

Pergeseran ke era injeksi membuat motor karburator harganya pun semakin semakin terjangkau. Bahkan umumnya motor bekas yang masih karburator harganya berkisar Rp 5 jutaan.

Daripada makin penasaran, yuk kita ulas satu per satu sepeda motor bekas dengan harga Rp 5 jutaan tersebut.

Daftar Sepeda Motor Bekas Harga Rp 5 Jutaan

  1. Yamaha Mio Series

daftar sepeda motor bekas 5 jutaan
Yamaha Mio Series kini harga bekasnya bisa di bawah Rp 5 jutaan (Foto: Carmudi)

Yamaha Mio sebenarnya adalah pelopor skuter matik dari merek Jepang di Indonesia.

Sebelum Honda berjaya dengan Beat dan Vario, Yamaha Mio sudah terlebih dahulu punya nama sebagai motornya ibu-ibu dan kaum hawa.

Soal harga bekas, Yamaha Mio kini makin terjangkau, karena sudah banyak sekali yang jual Rp 5 juta ke bawah.

Mio ini cukup banyak varian modelnya, mulai dari Mio Soul, Mio M3, dan masih banyak lainnya.

Pada awalnya skutik ini ditujukan untuk kalangan perempuan yang ingin memiliki sepeda motor yang mudah dikendarai dalam menjalankan rutinitas.

Saat itu, bahkan ada tagline “Yamaha Mio Mengerti Wanita”, dari kalimat itu terbukti sudah tujuan pemasaran skutik Yamaha Mio ini. Namun hasilnya ternyata di luar dugaan, Yamaha Mio justru banyak diminati kalangan pria, khususnya anak muda.

Dari awal Yamaha Mio sudah memakai mesin dengan kapasitas atau volume silinder sebesar 113.7cc. Seiring perkembangan zaman, Yamaha Mio tidak banyak mengalami perubahan dalam sektor mesin, perubahan drastis hanya terjadi pada sisi tampilan skutik ini. Dari yang bermodel lancip di segala penjuru bodi Yamaha Mio menjadi lebih aerodinamis dan elegan.

  1. Honda Spacy

daftar sepeda motor bekas harga Rp 5 jutaan
Honda Spacy masih layak digunakan untuk skutik harian (Foto: Carmudi)

Sebelum tren skutik dengan bagasi besar populer sekarang ini, Honda telah meluncurkan Spacy pada 2011. Karena kurang populer, Honda pun menghentikan produksi Spacy.

Padahal bagasi skutik ini mampu menyimpan helm, namun hasilnya membuat posturnya jadi gembul.

Harga jualnya pun ikut jatuh karena sedikitnya peminat. Sekarang ini, Honda Spacy cukup mudah dicari pada rentang harga Rp 5 jutaan.

Kalian yang butuh motor untuk belanja ke pasar sambil antar anak sekolah bisa terbantu oleh hadirnya skutik ini.

Terinspirasi dari kata “Space” yang berarti “luas”, Spacy berusaha menampilkan kesan luas yang terpancar dari bentuknya yang terlihat lebar. Honda Spacy pun ditempatkan sebagai skutik fungsional.

Artinya skutik ini ditujukan bagi pengendara yang mencari ruang penyimpanan super lega untuk menaruh barang penunjang aktivitasnya.

Konsumsi bahan bakar Spacy juga bersahabat karena memakai mesin yang juga digunakan pada Honda Beat. Nah, dengan efisiensi ala Honda Beat dan bagasi besar seperti PCX, tentunya sangat mendukung untuk aktivitas harian.

  1. Yamaha Xeon

daftar sepeda motor bekas harga Rp 5 jutaan
Dengan desain yang futuristik, Yamaha Xeon tetap sulit menggeser dominasi Mio Series kala itu (Foto:Carmudi)

Yamaha Xeon pertama kali diluncurkan pada 2010 lalu, untuk menjawab makin populernya skutik di pasar sepeda motor Indonesia. Generasi Pertama Xeon diproduksi hingga kisaran 2015.

Kini, Yamaha Xeon bisa kalian beli unit bekasnya dengan bujet Rp 5 jutaan.

Mengusung mesin berkapasitas 125 cc dan berpendingin cairan, Yamaha Xeon mengedepankan performa yang menawan.

Skutik ini juga memiliki racy layaknya sepeda motor berjenis sport. Xeon versi RC (Racing Champions), Yamaha Xeon juga didukung teknologi dan aura sporti yang terinspirasi dari motor balap Yamaha di ajang MotoGP.

Desain Yamaha Xeon terinspirasi dari pesawat jet tempur F117 Nighthawk. Karena itulah, kamu akan langsung mengenali desain Yamaha Xeon yang sangat sporti dan dengan sudut tajam. Desain cover depan yang aerodinamis, kemudian lampu belakang model after-burner jet, serta striping dan pilihan warna yang sporty.

Selain tampilan sporty dan menarik, Yamaha Xeon juga dilengkapi dengan fitur yang cukup berguna untuk skutik saat ini. Beberapa fitur Yamaha Xeon yang menarik adalah sport muffler, kunci motor dengan integrated key shutter, serta bagasi besar yang bisa menyimpan helm half-face.

Pabrikan berlogo garpu tala sayangnya memutuskan untuk mengakhiri produksi Xeon dan menggantinya dengan Yamaha Aerox 125. Nasib Aerox 125 juga tak lebih baik dari Xeon sekalipun mengusung tampilan yang lebih modern dan dibekali dengan teknologi bluecore.

  1. Honda Revo Absolute

sepeda motor bekas harga Rp 5 jutaan
Honda Revo sudah terbukti sebagai motor bebek tangguh (Foto: Carmudi)

Motor bebek yang satu ini sudah terbukti ketangguhan dan efisiensi bahan bakarnya. Soal performa juga tidak mengecewakan karena punya akselerasi spontan dan harga bekasnya pun makin terjangkau.

Honda Absolute Revo 110 atau Honda Revo 110 diproduksi pada 2009 hingga 2014. Motor bebek ini dijuluki sebagai Revo Koperasi karena sering digunakan sebagai motornya tukang tagih utang atau petugas leasing.

Untuk urusan harga motor bekas, Honda Revo ini bisa kalian dapatkan dengan bujet Rp 5 jutaan. Sebagai motor kelas menengah ke bawah, kebutuhan akan motor bebek yang murah sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk kendaraan operasional.

Sementara itu, Honda Revo juga banyak dilirik untuk pemakaian pribadi karena terkenal sebagai sepeda motor yang lincah, tangguh, dan irit konsumsi bahan bakarnya.

Honda saat digunakan sebagai alat transportasi untuk jarak menengah dan jauh, khususnya di daerah-daerah dengan infrastruktur yang kurang memadai.

Sistem pengereman Revo menggunakan rem cakram hidrolik dengan piston tunggal di bagian depan, dan rem belakangnya masih disematkan model rem tromol.

  1. Yamaha Vega Series

daftar sepeda motor bekas harga Rp 5 jutaan
Yamaha Vega RR jadi motor bekas tahun muda yang harganya Rp 5 jutaan (Foto: Carmudi)

Yamaha Vega mengisi kasta yang sama seperti Honda Revo Absolute, yaitu motor bebek entry level.

Yamaha Vega banyak digemari mulai dari mulai dari kalangan anak muda hingga orang tua, karena dikenal memiliki mesin yang tangguh dan performanya yang mantap.

Dengan bujet Rp 5 jutaan, kalian bisa memilih Vega RR atau Vega Force. Motor ini masih menggunakan mesin 115 cc, tapi sudah dibekali teknologi injeksi sehingga makin irit dan lebih ramah lingkungan.

Meskipun terjadi perubahan teknologi, tapi Vega Force tetap masuk ke dalam segmen motor entry level, sehingga harganya masih cukup terjangkau.

Yamaha Vega masuk ke dalam segmen motor bebek low end. Itulah mengapa fiturnya pas-pasan. Motor bebek ini juga belum menyediakan indikator perpindahan gigi, jadi pengendara terkadang harus mengandalkan perasaannya ketika berkendara.

Yamaha Vega RR yang kemudian menjadi Vega Force kini sudah memiliki kapasitas bagasi yang lebih luas sekitar 9.2 liter, sehingga mampu menampung barang bawaan yang lebih banyak.

Selain itu, Vega Force juga sudah dilengkapi dengan pengaman kunci dan tombol penutup yang praktis.

Perbedaan antara Vega RR dan Vega Force hanyalah pada velgnya saja. Vega RR masih memakai velg ruji atau jari-jari sementara Vega Force sudah memakai velg cast wheel. Namun demikian, fitur pengereman keduanya masih memakai rem tromol di roda belakang dan rem cakram di roda depan.

 

Penulis: Yongki Sanjaya

Editor: Dimas

Baca Juga:

Kenali Kode Kerusakan di Motor Injeksi Honda, Antisipasi Saat Terjadi Kerusakan

Previous post
Stok Xpander Cross 2019 Masih Ada, Mitsubishi Hadirkan Promo Menarik
Next post
Kenalan Lagi dengan Nissan Juke Terbaru yang Punya Desain Atletis