Berita

Nasib Hyundai H1 Setelah Hadirnya Staria, Apakah Masih Dijual?

Jakarta – Kehadiran Hyundai Staria di Indonesia memunculkan pertanyaan apakah H1 masih dijual untuk konsumen Tanah Air. Pasalnya, secara sekilas kedua mobil bermain di segmen yang sama.

Apakah Hyundai H1 masih dijual setelah hadirnya Staria

Apakah Hyundai H1 masih dijual setelah hadirnya Staria? (Foto: Hyundai)

Kemiripan antara Staria dan H1 dapat dilihat dari profil bodi yang sama-sama hadir dengan bentuk boxy. Dalam hal penampilan, Staria memang terlihat lebih futuristis dan modern. 

Sementara itu, H1 memiliki desain yang cenderung konvensional seperti mobil people carrier pada umumnya.

Di samping itu, kedua mobil juga menawarkan desain kabin yang luas dan nyaman.

Atas dasar tersebut wajar jika publik mengira bahwa Staria hadir sebagai penerus H1 seperti yang dirumorkan sebelum peluncurannya.

Untuk itu PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) memberikan tanggapannya. Dijelaskan bahwa Hyundai Staria bukanlah penerus dari H1. Pada saat ini pun pihak HMID masih menjual H1 bagi konsumen di Indonesia.

Eksterior Hyundai Staria 2021

Eksterior Hyundai Staria 2021 (Foto: Hyundai)

“Hyundai Staria ini adalah dua platform yang berbeda dengan Hyundai H1. Jadi kita tetap memasarkan kedua-duanya,” terang Erwin Djajadiputra, Sales Director HMID pada acara peluncuran Staria, Jumat, 20 Agustus 2020 lalu.

Secara konsep kedua mobil boleh jadi mirip. Tapi perbedaannya dipertegas oleh harga yang dipatok untuk masing-masing model. 

Di satu sisi, Staria menyasar pasar lebih “tinggi” dengan rentang harga antara Rp888 juta sampai Rp1,020 miliar. Dengan harga jual tersebut Staria berhadapan dengan Toyota Alphard atau Honda Odyssey. 

Di lain sisi, H1 dijual dengan rentang harga yang lebih murah, yakni Rp506 juta sampai Rp621 juta. Saat ini salah satu rivalnya di pasaran adalah Toyota Voxy.

Harga Hyundai Staria OTR Jakarta

Harga Hyundai Staria OTR Jakarta mulai Rp888.000.000 untuk varian terendah. (Foto: Hyundai)

“Kita menempatkan Staria sebagai MPV premium yang dilengkapi dengan fitur-fitur yang sangat lengkap,” ujar Makmur, Chief Operating Officer HMID.

Staria Hanya Punya Satu Mesin

Berbeda dengan H1 yang punya pilihan mesin bensin, Staria versi Indonesia hanya tersedia dalam pilihan mesin diesel 2.200 cc yang dipasangkan dengan transmisi otomatis 8 kecepatan. 

HMID memasarkan Staria dalam dua varian, yakni Signature 7 dengan harga Rp1,020 miliar dan Signature 9 yang ditawarkan Rp888 juta.

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts

/