Berita Sepeda motor Sumber informasi

Yamaha Aerox Punya Banyak Fitur, Pengguna NMax Tidak Peduli

Penulis: Santo Evren Sirait

Jakarta – Hampir semua agen pemegang merek (APM) sepeda motor memasarkan produk matic yang saat ini menjadi primadona di Indonesia. Satu di antaranya yaitu Yamaha Motor Manufacturing Indonesia (YIMM).

Saat ini Yamaha memiliki beberapa pilihan sepeda motor jenis matik, baik itu yang sudah diproduksi lokal maupun dibawa dalam bentuk utuh atau CBU dari negara lain.

Dari sekian banyak sepeda motor matic yang ditawarkan, NMax dan Aerox 155VVA merupakan dua produk yang memberikan kontribusi cukup besar terhadap peningkatan penjualan Yamaha di Indonesia. Walaupun sama-sama memiliki body yang ‘gendut’, tapi pengemudinya akan merasakan pengalaman berkendara yang jauh berbeda.

“Awal-awal itu ada pengguna NMax itu coba pindah ke Aerox, tapi ternyata justru mereka bilang sekarang ternyata Aerox dengan NMax itu beda. Jadi mereka sudah tahu dan kembali ke alamnya masing-masing. Jadi NMax bagi mereka yang suka selonjoran saat mengemudi, gaya tersebut tidak didapat oleh pengemudi Aerox,” kata M.Abidin GM After Sales & Public Relation YIMM, kepada Carmudi, Rabu (5/12).

Selain dari gaya berkedara, masing-masing juga punya aura yang berbeda sehingga konsumen yang suka desain motor yang sporty lebih memilih memakai Aerox, sebaliknya jika ingin tampilan elegan dan santai dalam berkendara pilihnya NMax.

“Jadi posisi duduk itu sangat menentukan meskipun secara teknologi Aerox luar biasa, pakai banyak fitur terbaru, tapi penggemar NMax itu enggak peduli yang penting bisa selonjoran,” terang Abidin.

Gara-Gara Aerox, NMax Naik Daun

Tidak sedikit konsumen yang membandingkan Aerox dan NMax, namun akhirnya mereka menarik kesimpulan sendiri bahwa kedua model tersebut bebeda. Menariknya hal itu yang justru membuat NMax semakin banyak peminatnya.

“Menurut mereka karakter mesin keduanya berbeda. Jadi kembali ke segmen masing-masing, malah gara-gara Aerox, NMax malah naik gitu,” jelas Abidin.

Ditambahkannya bahwa sampai saat ini penjualan NMax masih tinggi. Padahal di awal ketika motor gambot itu meluuncur belum banyak yang meliriknya.

“Orang yang dulunya mau jual NMax sekarang enggak jadi. Walaupun NMax masih juga (desainnya) kami tetap aja kekurangan barang,” pungkas Abidin.

Yamaha NMAX dibekali mesin 155 cc bertenaga 11,1 kW pada 8.000 rpm dan torsi puncak 14,4 nm pada 6.000 RPM. Motor ini memiliki dua varian, versi antilock brake sistem (ABS) dan tanpa antilock brake sistem (non-ABS).

Sementara itu Yamaha Aerox 155VVA didukung mesin 155cc generasi baru. Serta dilengkapi dengan Variable Valve Actuation (VVA) membuat performa tarikan mesin lebih bertenaga. Semua tipe Aerox 155VVA sudah ditanamkan teknologi Blue Core sehingga performa mesin semakin maksimal namun tetap irit bahan bakar.

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts