First Impression New Astra Daihatsu Ayla : “Naik Kelas”
Jakarta – Mobil LCGC (Low Cost Green Car) pertama di Indonesia, Daihatsu Ayla resmi hadir dengan tampilan wajah lebih sporty dan elegan, setelah diluncurkan Jumat (7/4). Tak bisa dibantah, New Astra Daihatsu Ayla sudah tidak bertampang mobil murah lagi dengan berbagai ubahan di segala sektor.
Apalagi sekarang Ayla mendapat suntikan mesin 1.200 cc dan menjadi satu varian baru, yakni New Daihatsu Ayla 1.2L Dual VVT-i. Performa tenaganya lebih besar dan diklaim semakin nyaman untuk dikendarai.
Mengusung tagline “It’s Fun to be More”, New Astra Daihatsu Ayla kini menjadi pesaing serius untuk kendaraan city car lainnya seperti Honda Brio, Suzuki Karimun maupun saudara kembarnya, Toyota Agya.
Isi Konten
Desain Eksterior Baru, Lebih Stylish
New Astra Daihatsu Ayla meluncur dalam dua varian mesin berbeda, 1.0L dan 1.2L Dual VVT-i sebagai varian baru yang belum pernah ada sebelumnya. Tak perlu ngebahas yang varian 1.0L disini. Fokus sama varian mesin terbarunya yang 1.2L Dual VVT-i.
Wujud mobil yang tertempel label ‘mobil murah’ ini sekarang memang tidak bisa dibilang murah lagi. Secara dari harga yang ditawarkan sekarang mencapai Rp 125,250 juta untuk tipe terbawah, dan Rp 146,250 juta untuk tipe paling lengkap. Itu kalau dilihat dari sisi harganya.
Dari bentuk desain serta teknologi yang dihadirkan, lebih menegaskan lagi kalau ini sudah tidak bisa digolongkan ke dalam mobil harga terjangkau.
Desain bumper terbaru dilengkapi dengan aerokit yang dikemas makin sporty dan dinamis menyesuaikan bentuk body Ayla baru yang terlihat makin tegas.
Bentuk headlamp membedakan antara Ayla 1.0L dengan Ayla 1.2L Dual VVTi. Kalau yang 1.0L bentuk lampu utamanya masih sama seperti di model sebelumnya, agak membulat. Sementara headlamp Ayla 1.2L Dual VVT-i lebih modern dengan kesan menyipit dilengkapi LED.
Oh iya, tidak ketinggalan LED Daytime Running Light yang terpasang pada bumper depan bagian bawah, membawa Ayla naik satu kelas lebih tinggi.
Bergerak ke bagian buritan, New Astra Daihatsu Ayla menghadirkan kombinasi lampu belakang yang lebih modern dengan paduan list chrome di bagian kaca belakang yang menambah kesan mewah. Tidak cukup sampai disitu, Daihatsu juga menghadirkan rear reflector yang memudahkan identifikasi kendaraan lain dibelakangnya.
Interior Lebih Bergaya
Puas mengagumi New Daihatsu Ayla dari sudut luar, waktunya beranjak ke dalam kabin untuk melihat hal baru apa yang ada di dalamnya. Modern dan stylish, dua kata tersebut cukup mewakili pengakuan Carmudi Indonesia terhadap ruang kabin Ayla ini.
Yup, kemudi Ayla sekarang sudah dilengkapi audio steering switch layaknya mobil-mobil seharga 200 jutaan keatas untuk memudahkan kontrol audio. Hebatnya, unit audio yang digunakan juga sudah sistem touchscreen. Sssst, audio ini lebih canggih loh ketimbang yang digunakan oleh New Toyota Agya di tipe tertinggi sekalipun.
Beberapa ornamen bernuansa silver gelap di dalam kabin serta ornament chrome pada AC register, shift knob dan handel pintu bagian dalam, menyempurnakan kesan elegan serta mewah sekaligus menegaskan New Daihatsu Ayla bukan lagi ‘mobil murah’.
Mesin Baru New Astra Daihatsu Ayla Lebih Bertenaga
Dari seluruh perubahan yang ditampilkan New Daihatsu Ayla, mungkin ini satu-satunya perubahan terbesar dan paling signifikan.
Yup, Ayla sekarang sudah punya varian mesin 1200 cc 3NR-VE, DOHC, DUAL VVTi dengan teknologi VVTi 4 silinder. Mesin ini juga yang dipakai pada model LCGC 7 penumpang Sigra dan Calya.
Sudah pasti Ayla kini lebih bertenaga. Tenaga maksimum mencapai 88 Ps di 6.000 rpm dengan torsi 108 Nm di 4.200 rpm. Ini lagi-lagi bikin Ayla unggul setingkat dibanding kompetitor lainnya di segmen LCGC.
Mesin ini tidak hanya menghasilkan tenaga serta torsi yang lebih besar, namun juga diklaim irit bahan bakar. Sistem
pengaturan suplai bahan bakar dan udara pada intake, serta emisi pada exhaust-nya diatur secara optimal. Wajar Daihatsu mengklaim mobil ini sangat ramah lingkungan.
Bertabur Fitur Keselamatan
Desain eksterior stylish dan modern, interior mengagumkan dan terkesan elegan, serta mesin bertenaga. Tiga poin ini tentu menjadi unique selling point paling beralasan kalau nantinya New Ayla 1.2L Dual VVTi akan diterima dengan sangat baik di pasaran.
Tapi sebenarnya bukan cuma itu saja yang ditawarkan Daihatsu Indonesia kepada konsumen pecinta Ayla. Dari soal fitur safety juga menarik diulas.
Di New Ayla sudah mengadopsi berbagai fitur keselamatan terdepan. Sebut saja dual SRS airbag, back sonar untuk memudahkan parkir mundur, pretensioner + force limiter seatbelt, immobilizer dan alarm integrated key, pedal clutch anti back up, side impact beam serta rear stabilizer untuk kestabilan berkendara.
Kalaupun ada yang kurang, mobil ini belum dilengkapi sistem keselamatan anti lock braking system. Sementara saudara kembarnya, New Toyota Agya sudah mengadopsi fitur ini.
Kesimpulan
New Daihatsu Ayla 1.2L Dual VVTi merupakan terobosan terbaik yang dilakukan oleh Daihatsu untuk memenuhi hasrat konsumen yang menginginkan mobil kompak, namun punya tenaga lebih. Secara bentuk dan tampilannya, Ayla terbaru ini memiliki paket keunggulan menarik dibanding beberapa kompetitornya.
Setidaknya model ini bisa mencuri perhatian konsumen yang menginginkan kendaraan keluarga berkapasitas 5 penumpang, tapi performanya setara dengan mobil 7 penumpang.
Kekurangannya, sudah pasti di soal harganya. Seluruh paket keunggulan yang ditawarkan oleh New Daihatsu Ayla setidaknya harus ditebus konsumen dengan harga lebih mahal dibanding model sebelumnya. Tapi ini tentu saja kembali lagi pada kemampuan konsumen masing-masing. Toh harga New Daihatsu Ayla 1.2L Dual VVTi tidak berbeda jauh dengan yang varian 1.0L.
Bahkan bila dibanding dengan kembarannya, harga Ayla 1200 cc masih jauh lebih murah. Artinya, worth it kalau New Daihatsu Ayla 1.2L Dual VVTi nongkrong di garasi rumah. (Zie)
DIMENSI | 3.660 X 1.600 X 1.520 |
JARAK SUMBU RODA | 2.450 |
RADIUS PUTAR | 4,5 mtr |
TIPE MESIN | 3NR-VE, DOHC, DUAL VVTi |
KAPASITAS MESIN | 1.197 cc |
SILINDER | 4-SEGARIS |
JUMLAH KATUP | 16 |
TENAGA MAKSIMUM | 88 Ps di 6.000 rpm |
TORSI MAKSIMUM | 108 Nm di 4.200 rpm |
SISTEM BAHAN BAKAR | EFI |
JENIS BAHAN BAKAR | BENSIN TANPA TIMBAL |
KAPASITAS TANGKI BAHAN BAKAR | 33 LITER |
TIPE TRANSMISI | MANUAL 5-SPEED, OTOMATIS 4-SPEED |
SISTEM KEMUDI | RACK & PINION dengan Electric Power Steering |
SISTEM PENGEREMAN | DEPAN : VENTILATED DISC BRAKE |
BELAKANG : DRUM, LEADING-TRAILING | |
SUSPENSI | DEPAN : MAC PHERSON STRUTS DILENGKAPI STABILIZER |
BELAKANG : SEMI INDEPENDENT TORSION AXLE BEAM DILENGKAPI STABILIZER | |
BAN | 175/65 R14 |
VELG | ALLOY (POLISHED WITH BLACK PAINTING) |