Home » Mobil » Penampilan Perdana Toyota Supra di Asia Tenggara, Indonesia Kapan?

Penampilan Perdana Toyota Supra di Asia Tenggara, Indonesia Kapan?

Penampilan Toyota Supra di Clark International Speedway, Pampanga, Filipina (Foto: Carmudi Philippines)

Manila – Bersamaan dengan event Vios Racing Festival di Clark International Speedway, Pampanga, Filipina akhir pekan lalu, Sabtu (8/6/2019), Toyota Motor Philippines (TMP) secara diam-diam mendatangkan Toyota Supra. Menariknya ini merupakan penampilan perdana mobil sport model 2019 itu di Asia Tenggara.

“Sebagai cara kami mengucapkan ‘terima kasih’ karena datang jauh-jauh ke sini di Clark International Speedway, saya merasa sangat terhormat mengumumkan bahwa Anda sekarang berada di antara yang pertama di Asia Tenggara untuk melihat Toyota Supra 2019,” kata Satoru Suzuki Presiden TMP seperti dikutip dari Carmudi Philippines.

Kemunculan Toyota Supra di Vios Racing Festival tidak hanya menjadi yang pertama di Asia Tenggara tapi juga di Filipina. Ini juga akan menjadi pertama kalinya nama Supra berada di Filipina, karena generasi sebelumnya Toyota tidak pernah mendatangkannya di sini.

Jika Toyota Supra sudah menampakkan diri di Filipina, lantas kapan masuk ke Indonesia? Sepertinya dalam waktu dekat ini, namun jadwal peluncuran Toyota Supra belum terungkap sampai sekarang.

“Kami belum tentukan (jadwal peluncuran), sabar ya. Karenakan yang namanya launching itu bisa rubah sampai detik-detik terakhir pun kami pernah berubah waktu launching. Misalnya contoh amit-amit ya, misalkan proses perizinannya delay atau belum selesai kan enggak mungkin kami luncurkan mobil baru. Jadi ada faktor-faktor yang diluar kekuasaan kami,” ujar Anton Jimmi Suwandy Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), disela acara buka puasa bersama media, belum lama ini.

Berkaca dari hal tersebut lanjut Jimmi, pihaknya sampai saat ini belum berani mengungkapkan secara gamblang waktu peluncurannya kepada media maupun publik. Akan tetapi dirinya berjanji peluncuran Toyota Supra akan dilakukan tahun ini. Sekarang kembaran BMW Z4 itu masih dalam proses perizinan supaya bisa dijual di dalam negeri.

“Kami lagi menunggu proses perizinan, kami juga sedang hitung-hitung harga jualnya yang pas berapa. Ya persiapan peluncuran lah ya,” tegas Anton.

Datang Dalam Bentuk CBU dari Austria

Toyota Supra yang akan dipasarkan di Indonesia, dibawa dalam bentuk utuh Completely Built Up (CBU) dari tempat kelahirannya di pabrik Graz, Austria. Ini kali pertama TAM mengimpor mobil dari sana, biasanya Jepang atau Thailand.

“Kami biasanya impor dari Jepang atau Thailand, ini pertama kali kami dari Austria. Pernah dulu kami impor dari Australia tapi kali ini benar-benar jauh dan produsennya (Supra) juga unik. Ini bukan pabrikan BMW ini pabrikan Magna Steyr, cukup unik,” kata Anton.

Dikembangkan bersama BMW

Toyota Supra generasi kelima ini dikembangkan bersama BMW. Secara global Toyota Supra dibekali dengan dua pilihan tenaga dari satu mesin yang sama yaitu 2.0 litre turbocharged empat silinder. Mesin ini diklaim mampu menghembuskan tenaga maksimal 194 hp dan torsi puncak 320 Nm pada rentang 1.450 sampai 4.200 rpm. Sedangkan satunya lagi mengendong mesin yang sama hanya saja tenaga lebih tinggi yaitu 254 hp dan torsi 400 Nm pada 1.550 – 4.400 rpm.

Ada juga pilihan mesin 3.0 litre turbocharged enam silinder bertenaga 335 hp dan torsi 500 Nm pada 1.600 sampai 4.500. Tenaga disalurkan ke roda belakang lewat transmisi otomatis delapan percepatan. Toyota Supra diklaim mampu melaju dari 0 sampai 100 kilometer per jam (kpj) dalam 4,3 detik.(dol)

Previous post
Berburu Aksesoris Toyota Avanza Murah, Tampilan Jadi Lebih Stylish
Next post
Daftar Bengkel Mobil Terdekat dengan Tol Cipali