Mobil

Pengguna New Xpander Cross Boleh Bangga Punya Fitur Ini Kala BBM Mahal

Jakarta — Para pengguna Mitsubishi New Xpander Cross mungkin bisa berbangga diri lantaran mobilnya dilengkapi fitur Eco Indicator agar konsumsi BBM lebih efisien alias irit.

Review New Xpander Cross 2022

(Foto: Carmudi)

Seperti dirasakan banyak pihak, situasi kenaikan harga BBM patut disikapi dengan gaya berkendara yang lebih baik agar konsumsi bensin tetap irit.

Oleh karenanya, fitur Eco Indikator pada New Xpander Cross akan sangat berguna untuk memandu gaya berkendara sehari-hari tetap irit BBM.

Fitur Eco Indikator terdiri dari Eco Drive Assist dan Eco Drive Meter.

Keduanya ada pada display meter dengan simbol daun dan tulisan “ECO”.

MID Mitsubishi Xpander Cross

(Foto: MMKSI)

Jika pengemudi berkendara dengan efisien maka indikator ECO tersebut akan terus menyala. Jika tidak, maka indikator akan mati.

Tak hanya itu, indikator bersimbol daun akan menunjukkan seberapa “baik” gaya berkendara pengemudi.

Jika seluruh daun terisi warna hijau maka bisa dipastikan gaya berkendara pengemudi benar-benar efisien.

Sekadar informasi, fitur ini pun hadir lebih dulu di New Xpander dan Pajero Sport.

Tips Berkendara “Eco” Agar Irit BBM

Mitsubishi Xpander Cross 2022

(Foto: Carmudi)

Berikut ini adalah beberapa tips menerapkan gaya berkendara ala Eco Driving dirangkum dari laman Mitsubishi Indonesia.

  • Saran pertama adalah tidak memanaskan mesin mobil terlalu lama. Cukup tunggu jarum penunjuk suhu mesin bergerak, maka mobil sudah bisa dijalankan
  • Meski menjadi syarat utama kenyamanan di dalam kabin mobil, tapi nyatanya penggunaan AC diimbau jangan berlebihan seperti menyetel suhu terdingin (18 derajat celcius) terus-menerus. Aturlah suhu kabin hingga sekira 25 derajat celcius agar kerja kompresor tidak terlalu membebani mesin.
  • Menginjak pedal gas secara perlahan sangat disarankan demi mengirit konsumsi BBM terutama dari kondisi mobil diam. Untuk mencapai kecepatan tinggi, cukup berakselerasi secara perlahan di sekitar 20 km/jam beberapa detik lalu injak penuh pedal gasnya.
  • Menjaga kecepatan mobil tetap konstan merupakan salah satu saran menuju gaya berkendara Eco Driving. Misalnya, jaga kecepatan —terutama di jalan tol— pada kecepatan 80 km/jam. Untuk menjaga kecepatan ini pada New Xpander Cross jadi lebih mudah berkat kehadiran fitur Cruise Control.
  • Pengemudi juga bisa memanfaatkan engine brake saat hendak mengurangi kecepatan atau deselerasi.
  • Sebagai satu-satunya komponen mobil yang bersentuhan langsung dengan jalan, ban juga perlu diperhatikan kondisi tekanan anginnya. Jangan sampai berada di bawah angka yang direkomendasikan!
  • Meski harga BBM tengah melonjak, tapi jangan sampai membuat kita lalai menggunakan spesifikasi bahan bakar yang salah. Penggunaan BBM dengan kandungan oktan yang benar dimaksudkan agar pembakaran pada mesin tetap sempurna.

Cek di sini untuk trik mengemudi irit BBM lainnya.

Simak juga video ulasan Mitsubishi Xpander Cross persembahan Carmudi berikut ini:

Penulis: Dimas Hadi

Dimas Hadi

Menjadi jurnalis dan merangkap sebagai penulis konten otomotif di Carmudi sejak 2016. Masih terobsesi Toyota Starlet meski lebih sering mengemudikan Suzuki Ertiga karena cinta keluarga. Email: [email protected]

Related Posts