Home » Berita » Penjualan Mobil Murah Daihatsu Sigra Masih Mendominasi

Penjualan Mobil Murah Daihatsu Sigra Masih Mendominasi

New Daihatsu Sigra 2019. (Foto: Carmudi/Rizen)

Jakarta – Penjualan ritel (diler ke konsumen) kendaraan bermotor mobil di Indonesia mengalami stagnasi. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) tercatat sebanyak 758 ribu unit mobil terjual sejak Januari sampai September 2019. Angka tersebut turun sekira 10,9 persen bila dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Dari total penjualan nasional Januari-September 2019, Daihatsu berkontribusi sebanyak 127.639 unit. Jika dirinci, Sigra masih mendominasi penjualan Daihatsu pada periode yang sama. Mobil murah Daihatsu itu terjual sebanyak 37.241 unit atau berkontribusi sebesar 29,2% dari total penjualan ritel Daihatsu. Setelah itu kemudian disusul Gran Max PU sebanyak 25.865 unit (20,3%), Ayla, GranMax MB, dan Terios berada di angka sekira 15-17 ribu unit (12-13%).

“Kami bersyukur, hingga kuartal 3 (Januari – September 2019) penjualan Sigra menunjukkan tren positif. Kami berharap New Astra Daihatsu Sigra yang baru diluncurkan pada September 2019 lalu, bisa mewujudkan impian masyarakat Indonesia untuk memiliki kendaraan keluarga yang handal,” ujar AmeliaTjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dalam keteranga resminya.

Seperti diketahui, Daihatsu Sigra terbaru tidak mengalami perubahan yang siginifikan. Meski begitu, tampilan barunya bisa menjadi jawaban bagi pelanggan yang sudah lama menunggu versi penyegarannya. Kembaran Toyota Calya itu baru kali ini mengalami penyegaran, sejak hadir pertama kali tiga tahun lalu.

Sigra baru kini tampil lebih stylish dan modern lewat penyematan gril, bumper dan rear garnish baru. Selain itu ada lampu LED, dan desain pelek baru yang tampil dinamis. Menambah kenyamanan penumpang, New Sigra dibekali head unit layar sentuh dan electric retractable mirror pada beberapa varian.

Kabin New Sigra tampil beda dari model lama. Menghadirkan nuansa mewah, Daihatsu menawarkan dua sentuhan warna dark dan ligth grey di beberapa bagian seperti dasbor, jok, dan lainnya.

Daihatsu Sigra terbaru ditawarkan dalam 10 varian dengan harga termurah Rp114 juta, sedangkan yang termahal atau varian tertinggi dibanderol Rp156,7 juta.

Penjualan LCGC Mengalami Penurunan

Ada banyak produsen mobil di dalam negeri yang bermain di segmen Low Cost Green Car (LCGC). Sebut saja Toyota dengan Calya dan Agya, Daihatsu lewat dua produk yaitu Ayla, Honda Brio Satya, dan lainnya.

Di awal kemunculannya mobil LCGC mampu menarik konsumen untuk membelinya. Akan tetapi semakin kesini peminatnya mulai berkurang. Menurut catatan Daihatsu, sejak Januari hingga September 2019 penjualan mobil LCGC mencapai 160.532 unit, atau menurun 2,5% dibandingkan tahun lalu.

Meski secara nasional mengalami penurunan, tapi penjualan mobil LCGC Daihatsu justru mengalami peningkatan sebesar 1,4% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Tahun lalu total penjualan mobil LCGC Daihatsu 53.497 unit, kini periode Januari-September 2019 sebesar 54.257 unit.

Kontribusi terbesar penjualan mobil LCGC Daihatsu datang dari Sigra yang terjual sebanyak 37.241 unit periode Januari-September 2019. Sedangkan saudaranya, Ayla sebesar 17.016 unit.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Test Drive New Daihatsu Sigra, Apa yang Berubah?

Previous post
Pameran Diecast Terbesar di Indonesia Berlangsung Akhir Bulan Ini
Next post
Bukan Ford, RMA Boyong Mahindra Scorpio