Produk Tips dan Trik

Perbandingan Harga BBM dan Fasilitas di SPBU Pertamina Vs Swasta

SPBU COCO Pertamina

Perbandingan harga BBM di SPBU COCO Pertamina dan SPBU lain

Jakarta – Saat ini pemerintah tidak lagi melakukan monopoli penjualan bahan bakar minyak (BBM) untuk kendaraan bermotor. Perusahaan migas swasta baik lokal atau impor memanfaatkan kesempatan ini untuk membuka SPBU di beberapa kota. Perusahaan migas ini menjual dengan harga yang sedikit berbeda dibanding harga di SPBU Pertamina, dimana perbandingan harga BBM ini ada yang lebih murah atau mahal.

Masing-masing perusahaan migas ini punya racikan yang sedikit berbeda pada BBM yang mereka jual. Ini berpengaruh pada harga jual masing-masing jenis BBM mereka. Sekarang ini cukup banyak merek yang membuka layanan SPBU selain Pertamina, misalnya saja AKR, Vivo, Shell, Total, dan British Petrolium (BP). Bahkan, merek Petronas dahulu juga sempat membuka beberapa gerai SPBU di Indonesia sampai pada akhirnya sekarang resmi tutup.

Tidak hanya jual minyak kalau kata orang Medan bilang, SPBU baik yang dikelola Pertamina Retail atau perusahaan migas swasta juga menyediakan beberapa layanan lain. Paling umum ditemui yaitu minimarket dan toilet umum. Dua layanan ini sangat membantu pengemudi atau penumpang yang sudah terlanjur kebelet buang air atau lapar di perjalanan dan ingin jajan. Sembari menunggu mobil sedang isi BBM, penumpang bisa istirahat sejenak keluar kendaraan.

Perbandingan Harga BBM di SPBU Swasta dan Pertamina

SPBU BP-AKR

SPBU BP-AKR

Pertama kita bahas terlebih dahulu perbandingan harga jual bahan bakar di tiap merek dagang. Untuk Pertamina, harga jual BBM termasuk untuk non subsidi ditentukan oleh pemerintah pusat sehingga kadang tidak langsung berubah ketika ada fluktuasi harga minyak dunia. Berikut ini perbandingan harga BBM untuk wilayah Jabodetabek

Harga BBM non subsidi di SPBU COCO Pertamina:

Pertamax Turbo 98 Rp 11.200
Pertamax 92 Rp 9.850
Pertalite (90) Rp 7.650
Pertamina Dex Rp 11.700

SPBU Shell

SPBU Shell

Harga BBM non subsidi di SPBU Shell

Shell Super 92 Rp 9.900
Shell V-Power 95 Rp 10.950
Shell Regular 90 Rp 9.300
Shell Diesel Rp 11.900

Harga BBM non subsidi di SPBU BP-AKR

BP 90 Rp 9.700
BP 92 Rp 10.250
BP 95 Rp 11.250
BP Diesel Rp 11.700

Harga BBM non subsidi di SPBU Total

SPBU Total

SPBU Total

Performance 90 Rp 9.650
Performance 92 Rp 10.200
Performance 95 Rp 11.200
Performance Diesel Rp 12.100

Harga BBM non subsidi di SPBU Vivo

Revvo 89 Rp 7.600
Revvo 90 Rp 9.250
Revvo 92 Rp 9.800
Revvo 95 Rp 10.850

SPBU Vivo

SPBU Vivo

Bisa dilihat bila harga masing-masing merek berbeda untuk suatu jenis bahan bakar. Sebagai perbandingan harga BBM yaitu untuk oktan 95 termurah yaitu Revvo 95 yang dijual Vivo seharga Rp 10.850 dan paling mahal yaitu BP 95 dari BP-AKR seharga Rp 11.250 per liternya. Sementara untuk Pertamax Turbo 98 keluaran Pertamina dijual seharga Rp 11.200 per liternya.

Soal performa, masing-masing punya komposisi bahan kimia tersendiri untuk bahan bakar yang mereka jual. Biasanya, ada sedikit perbedaan dari performa kendaraan saat mengisi jenis bensin yang berbeda sekalipun nilai oktannya sama. Menurut pengalaman kami yang sudah mencoba beberapa merek di,atasAda bahan bakar yang fokus pada performa, tapi ada juga bahan bakar yang membuat mesin jadi lebih adem karena kerjanya lebih ringan.

Perbandingan Layanan di SPBU Pertamina vs Merek Lain

Perbandingan harga BBM di SPBU COCO Pertamina dan SPBU lain

Bicara soal layanan retail, SPBU modern tentunya tidak bisa hanya sekedar jual BBM saja. Kebutuhan pengendara dan penumpangnya di SPBU semakin banyak. Ini mendorong pelaku usaha retail SPBU menambah minimarket dan toilet berikut mushola sebagai layanan dasar mereka.

Minimarket ini merupakan perluasan usaha produk migas yang disediakan oleh perusahaan. Bila dahulu toko di SPBU biasanya cuma jualan oli dan air aki, sekarang kita bisa mencari makanan dan minuman pada minimarket yang tersedia. Bahkan, jamak sekarang ini SPBU juga menyediakan ATM corner untuk pengunjung yang ingin melakukan transaksi perbankan secara cepat.

Beberapa SPBU yang posisinya strategis, bahkan bekerja sama dengan membuka cafe untuk para pengunjungnya. Jadi, pemilik kendaraan bisa melakukan pertemuan atau sekedar bersantai setelah isi BBM. Misalnya saja pada SPBU COCO Pertamina di Jl. MT Haryono, kawasan Tebet yang menyediakan cafe dan minimarket didalamnya.

Beberapa pelaku usaha otomotif juga melihat posisi strategis suatu SPBU untuk membuka gerai mereka di dalamnya. Contohnya yaitu jaringan bengkel Nawilis, bekerja sama dengan Shell membuka beberapa gerai di dalam SPBU. Bengkel Nawilis di SPBU Shell menyediakan layanan perbaikan cepat kendaraan roda empat seperti ganti oli dan spooring-balancing roda.

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts