Reviews

Perbandingan Konsumsi BBM Daihatsu Rocky Vs Nissan Magnite, Rivalitas Mobil Mesin 1.0L Turbo

Perbandingan konsumsi BBM Daihatsu Rocky dan Nissan Magnite menarik untuk ditelisik. Keduanya merupakan mobil SUV kompak yang sama-sama menggunakan mesin 1.0L dengan harga berkisar Rp250 jutaan.

daihatsu Rocky dan Nissan Magnite

Perbandingan konsumsi BBM Daihatsu Rocky vs Nissan Magnite

Kedua mobil SUV kompak ini ditawarkan ke konsumen di rentang harga yang tidak jauh berbeda.

Daihatsu Rocky dibanderol mulai dari harga Rp214,2 juta-236,1 juta. Sementara itu Nissan Magnite dijual mulai dari harga Rp214,8 juta-244,8 juta.

Sejak dirilis di ajang Tokyo Motor Show 2019, Daihatsu Rocky menjadi topik terhangat di kalangan pecinta otomotif. Pada 30 April 2021 Daihatsu Rocky bersamaan dengan kembarannya Toyota Raize pun akhirnya resmi dirilis di Indonesia.

Spesifikasi unit Daihatsu Rocky yang dirilis di Indonesia memiliki sedikit perbedaan dari versi Jepangnya. Ketersediaan varian mesin 1.2L sementara ini absen, hanya ada versi mesin 1.0L.

Daihatsu Rocky berkapasitas 5 penumpang dengan berbagai fitur yang menunjang kenyamanan dan keselamatan yang dibutuhkan konsumen dalam berkendara. Selain itu penggunaan platform DNGA yang inovatif dari Daihatsu menjadi salah satu kelebihan mobil SUV kompak satu ini.

Beralih ke Nissan Magnite yang rilis terlebih dahulu dari Daihatsu Rocky tepatnya pada Desember 2020, menjadi perhatian pecinta otomotif dengan mesin 1.0L turbo pertama di kelasnya. Mobil ini didatangkan dari India dalam bentuk utuh atau Completely Build Up (CBU).

Nissan Magnite dilengkapi dengan beragam fitur yang cukup lengkap dengan harganya yang tergolong terjangkau, membuat mobil SUV ini laris manis di India hingga masa inden tembus 32 minggu, hal ini berdampak ke pendistribusian mobil yang dikirim ke Indonesia.

Lantas seperti apa perbandingan konsumsi BBM Daihatsu Rocky dan Nissan Magnite?

Perbandingan Konsumsi BBM Rocky Vs Magnite

Dalam membandingkan konsumsi BBM antara Rocky dan Magnite pastinya kita perlu menilik dapur pacu kedua mobil ini.

Kedua mobil ini sama-sama menggunakan mesin bensin berkapasitas 1.000 cc dengan 3 silinder.

Informasi detail terkait mesin kedua mobil dapat kita simak dalam penjelasan di bawah ini.

Perbandingan Spesifikasi Mesin Rocky Vs Magnite

Daihatsu Rocky mengandalkan mesin berkode 1KR-VT dengan 3 silinder berkapasitas 1.000 cc turbo. Sayangnya varian mesin 1.2L absen tidak seperti rilisan unit Rocky di Jepang.

Performa mesin 1.0L turbo ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 96.5 Hp dan torsi 149 Nm. Adapun transmisi yang tersedia yaitu manual 5 percepatan dan otomatis D-CVT. Tenaga yang dihasilkan mesin dihantarkan oleh transmisi ke roda depan.

Beralih ke Nissan Magnite, kompetitor Rocky ini menggunakan mesin berturbo dengan kode HRAO berkapasitas 1.000 cc dengan 3 silinder. Memiliki konfigurasi mesin serupa namun performa yang dihasilkan berbeda.

Mesin turbo milik Magnite mampu memproduksi tenaga sebesar 98.6 Hp dan torsi 160 Nm. Sementara itu transmisi yang ditawarkan yaitu manual 5 percepatan dan otomatis X-Tronic CVT.

RockyMagnite
Jenis Mesin1KR-VET, 3 silinder turboHRA0 1.0L TURBO ENGINE, 3 silinder
Kapasitas998 cc998 cc
Jumlah katup1212
Tenaga96.5 Hp @ 6.000 rpm98.6 Hp @ 5.000 rpm
Torsi149 Nm @ 2.400 – 4.000 rpm160 Nm @ 2.200 – 4.400 rpm

Setelah menilik mesin yang digunakan Rocky dan Magnite mari kita lanjut ke perbandingan konsumsi bahan bakarnya.

Hasil Perbandingan Konsumsi BBM Rocky Vs Magnite

Eksterior Daihatsu Rocky versi modifikasi

Ilustrasi Daihatsu Rocky versi modifikasi

Walaupun menggunakan turbo guna mendorong performa mesin berkapasitas yang tergolong kecil, kedua produsen juga memperhatikan tingkat konsumsi BBM agar dapat tetap irit.

Menurut penelusuran Carmudi, Daihatsu Rocky mencatat angka konsumsi BBM di kisaran 17 – 18 km/liter berdasarkan uji rute kombinasi.

Sedangkan Nissan Magnite konsumsi bahan bakar rute dalam kota berkisar 14-15,6 km/liter. Kemudian untuk rute tol angkanya sekitar 16-17,8 km/liter.

Data di atas merupakan hasil pengujian dan dari berbagai sumber. Perlu dicatat, hasil konsumsi BBM tersebut bukan hasil yang pasti karena dipengaruhi juga oleh cara berkendara dan kondisi jalan yang dlewati

MobilKonsumsi BBM
Daihatsu Rocky (rute kombinasi)17 – 18 km/liter
Nissan Magnite (rute dalam kota)14 – 15.6 km/liter
Magnite (rute tol)16 – 17.8 km/liter

Apa yang Membuat Daihatsu Rocky Irit?

Melihat data komparasi konsumsi BBM Rocky dan Magnite di atas, konsumsi BBM kedua mobil ini sama-sama tergolong irit. Namun harus diakui Rocky unggul tipis atas Magnite.

Teknologi turbo pada mesin Rocky selain menyetarakan performa dengan mesin dengan kubikasi lebih besar juga terbukti meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Selain soal mesin, platform baru DNGA dari Daihatsu sepertinya juga memainkan peranan guna menghasilkan konsumsi BBM yang irit.

Platform ini mengusung konsep (1-1-1-1) yang berarti setiap pengembangan produk berbasis DNGA memperhitungkan segala aspek hingga kepada titik terdetilnya mulai pada ukuran, bobot, harga, dan waktu agar menghasilkan sebuah kendaraan yang efisien.

Kesimpulan

Harga Rocky 1.2L

Daihatsu Rocky 1.2L. (Foto: Indra Fathan/Instagram)

Hadir di segmen SUV kompak dengan harga dibawah Rp300 jutaan yang cukup kompetitif, Daihatsu Rocky dan Nissan Magnite memiliki keunikan yang tidak dimiliki pesaing lainnya. Mesin kubikasi kecil dengan turbocharged terbukti irit konsumsi BBM.

Konsumsi BBM Daihatsu Rocky nyatanya sedikit lebih irit dibandingkan Nissan Magnite.

Ada faktor lain yang mempengaruhi keiritan konsumsi BBM. Selain cara berkendara dan juga kondisi lalu lintas seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, perawatan rutin mobil juga akan sangat mempengaruhi.

Baca Juga:

Penulis: Suryo Adi

Editor: Dimas

Dimas Hadi

Menjadi jurnalis dan merangkap sebagai penulis konten otomotif di Carmudi sejak 2016. Masih terobsesi Toyota Starlet meski lebih sering mengemudikan Suzuki Ertiga karena cinta keluarga. Email: [email protected]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *