Reviews

Intip Perubahan Mitsubishi New Pajero Sport yang Resmi Ganti Baju

perubahan Mitsubishi New Pajero Sport

Mitsubishi New Pajero Sport resmi dirilis dan mendapatkan beberapa perubahan. (Foto: MMKSI)

Jakarta – Di awal tahun 2021, Mitsubishi resmi memperkenalkan New Pajero Sport generasi terbaru dengan beberapa perubahan, Selasa (16/2/2021).

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, apa saja yang berubah dari generasi terbaru Pajero ini?

Sebenarnya ada cukup banyak ubahan fitur pada Mitsubishi New Pajero Sport ini.

Padahal, sebenarnya Mitsubishi New Pajero Sport ini sudah hampir 2 tahun lalu dirilis, tepatnya pada 25 Juli 2019 di Thailand.

Saat itu Naoya Nakamura selaku Presiden Direktur PT MMKSI masih enggan memberikan jawaban mengenai kehadiran SUV kebanggaan tiga berlian ini di Indonesia.

Perubahan Tampilan Mitsubishi New Pajero Sport

Secara tampilan, generasi baru dari Pajero Sport ini lumayan berbeda di beberapa bagian.

Di bagian depan tetap mengusung bahasa desain khas Mitsubishi, Dynamic Shield. Lampu depannya berada di bagian atas yang hadir dengan LED DRL.

Sedangkan bagian bawahnya yang menempel bumper kini dibekali Active Cornering Lamp sebagai fitur baru guna menambah visibilitas pengemudi saat sedang berbelok.

tampilan depan New Pajero Sport

Tampilan depan New Pajero Sport 2021 (Foto: MMKSI)

Di bagian samping, penggunaan pelek desain baru berukuran 18 inci juga menyegarkan tampilan Pajero Sport. Tapi sayang, menurut kami desain terbaru ini lebih jelek dan kelihatan norak.

Beralih ke belakang, lampu belakangnya kini memakai kombinasi dengan desain yang baru. Sedangkan dua pembaruan lainnya terdapat pada antena sirip hiu dan spoiler belakang.

Interior Mitsubishi New Pajero Sport

Di bagian interior, pembaruannya ada pada beberapa fitur penting. Walaupun kesannya cuma sedikit, tapi penambahan fitur ini jelas bisa menambah kenyamanan berkendara di jalan.

Pada generasi terbaru kini sudah dibekali Electronic Parking Brake & Brake Auto Hold. Lalu penambahan fitur kedua ada di konsol baris kedua berupa power outlet.

perubahan Mitsubishi New Pajero Sport

Interior New Pajero Sport (Foto: MMKSI)

Menariknya, power outlet ini pun bisa digunakan untuk colokan rumahan AC 220 volt atau 150 watt. Mau cas laptop sambil berkendara di mobil bukan masalah lagi.

Fitur baru yang cukup menarik perhatian adalah Power Tailgate with Kick Sensor pada varian Dakar Ultimate 4×4 AT dan Dakar Ultimate 4×2 AT.

Selain itu, fitur menarik lainnya adalah Mitsubishi Remote Control. Dengan fitur ini, pengguna bisa membuka dan menutup pintu melalui smartphone. Nantinya, pengguna hanya perlu meng-install aplikasi Mitsubishi Motors untuk menggunakan fitur tersebut.

Fitur ini sendiri bisa dinikmati pada semua varian Dakar.

Tak hanya sebagai remote control, lewat aplikasi Mitsubishi Motors ada beberapa kelebihan yang bisa dinikmati seperti Vehicle Reminder, Operation Assist, Vehicle Information, dan Car Finder. Semuanya bisa dilakukan lewat satu genggaman smartphone saja.

Power Tailgate with Kick Sensor new pajero sport

New Pajero Sport kini dibekali fitur Power Tailgate with Kick Sensor. (Foto: MMKSI)

Tambahan terakhir di bagian interior adalah penggunaan layar 8 inci pada LCD meter. Pihak Mitsubishi mengklaim jika penggunaan layar 8 inci pada LCD meter adalah yang pertama kali dilakukan.

Lalu fitur lain yang cukup membantu adalah Multi Around View Monitor, yakni 4 unit kamera yang dipasang di sisi depan, samping kiri dan kanan, serta belakang.

Multi Around View Monitor ini bisa memudahkan pengendara dan meminimalisir titik buta (blind spot), terutama saat sedang parkir di tempat yang sempit dan gelap.

Performa Mesin

Soal dapur pacu, mesin Mitsubishi New Pajero Sport tidak mendapat perubahan apapun. SUV ladder frame ini masih mengandalkan mesin yang lama yaitu tipe 4N15 dengan kapasitas 2.442 cc, 4 silinder, turbocharge. Mesin ini mampu meletupkan tenaga 178 Hp @3.500 rpm dengan torsi maksimal 430 Nm @2.500 rpm.

Dapur pacu ini memiliki karakter overstroke, sehingga torsi mesin bisa didapatkan sejak putaran mesin yang rendah.

Fitur Keamanan dan Keselamatan Bertambah

Soal fitur keamanan dan keselamatan tak perlu diragukan lagi karena Mitsubishi New Pajero Sport ini juga mendapat dua tambahan fitur.

Pertama ada Blind Spot Warning & Lane Change Assist serta Rear Cross Traffic Alert. Kedua fitur ini menjadi fitur tambahan yang ada pada varian Dakar Ultimate 4×4 AT dan Dakar Ultimate 4×2 AT.

Klaster instrumen kini memakai layar LCD 8 inci (Foto: MMKSI)

Diluar dari itu, ada juga fitur Forward Collision Mitigation System, Adaptive Cruise Control, Ultrasonic Misacceleration Mitigation System, rem ABS + EBD + Brake Assist dan 7 unit airbag.

Struktur sasisnya pun menggunakan Reinforced Impact Safety Evolution (RISE) Body dan Rigid Lightweight Body. Teknologi ini menjamin keamanan standar modern dari Mitsubishi.

Harga Mitsubishi New Pajero Sport 2021

Harga Mitsubishi New Pajero Sport 2021 dibanderol mulai dari Rp502,8 jutaan hingga Rp733,7 jutaan.

Harga Mitsubishi New Pajero Sport 2021

Sport Exceed 4×2 MTRp502,8 juta
Sport Exceed 4×2 ATRp517,8 juta
Sport GLX 4×4 MTRp567,8 juta
Sport Dakar 4×2 ATRp575,7 juta
Sport Ultimate 4×2 ATRp624,7 juta

Sport Dakar Ultimate 4×4 AT

Rp733,7 juta

Harga saat launching Selasa (16/2/2021)*

Program Penjualan Mitsubishi New Pajero Sport

Hampir sama dengan manufaktur lainnya saat merilis produk baru, Mitsubishi memberikan penawaran menarik buat calon konsumen New Pajero Sport.

Ada beberapa program yang bisa langsung dinikmati, di antaranya sebagai berikut ini:

  1. Kemudahan dan keuntungan biaya perawatan Smart Package Silver
  2. Gratis kaca film V-Kool
  3. Hadiah langsung speaker portable Bose Soundlink 2 (khusus SPK 16 Februari – 31 Maret 2021)
  4. Program pembiayaan spesial dari Dipo Star Finance
  5. Garansi kendaraan 100 ribu km atau 3 tahun

Kelebihan Mitsubishi New Pajero Sport

Jika melihat ubahan yang dilakukan oleh MMKSI, ada beberapa nilai positif yang bisa diambil.

Pertama adalah desainnya menjadi semakin modern, sporty dan elegan. Tampilan depan dan belakang dari mobil ini menjadi lebih modern.

Kami setuju jika wajahnya saat ini terlihat lebih keren dibanding generasi sebelumnya.

perubahan Pajero Sport 2021 di bagian belakang

Tampilan belakang samping Mitsubishi New Pajero Sport. (Foto: MMKSI)

Apalagi desain lampu belakangnya juga mengalami sedikit ubahan.

Lalu adanya penambahan pada fitur keamanan dan keselamatan juga sangat baik serta sesuai dengan kebutuhan. Terbukti, Mitsubishi memikirkan konsumen loyal Pajero Sport.

Kekurangan Mitsubishi New Pajero Sport

Walaupun ini adalah model baru, kekurangan pertama New Pajero Sport yang cukup mengganggu bagi kami adalah perubahan desain peleknya. Buat mobil seharga Rp730 jutaan rasanya desain peleknya cukup jelek.

Bahkan kami bisa bilang kalau desain peleknya lebih bagus generasi sebelumnya dibanding generasi yang sekarang.

tampak samping

New Mitsubishi Pajero Sport tampak samping. (Foto: MMKSI)

Hal lain yang menjadi kekurangan adalah jelas dari faktor harga. Harga Pajero Sport termahal sudah hampir mencapai Rp800 jutaan atau naik hingga kisaran Rp30 jutaan.

Pada generasi sebelumnya, harga Pajero Sport tertinggi ada di Rp708,9 jutaan.

Kelebihan Mitsubishi New Pajero SportKekurangan Mitsubishi New Pajero Sport
Desain menjadi semakin modern, sporty, dan elegan.Desain pelek cenderung dinilai jelek untuk mobil sekelasnya.
Fitur semakin lengkap sesuai kebutuhanKenaikan harganya terlampau tinggi.

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *