Modifikasi

Porsche 964 Restomod Theon Design, Jantung Muda di Badan yang ‘Tua’

Inggris — Rumah modifikasi asal Inggris, Theon Design baru saja memperkenalkan Porsche 964 yang direstorasi serta modifikasi (restomod). Menariknya, mobil berbodi tua tersebut dijejali mesin usia muda bertenaga buas.

Mobil yang diproduksi pada tahun 1988 tersebut diberi nama dengan kode BEL001. Dalam proyek terbaru mereka, Porsche 964 yang diberi kelir hijau ini dibekali mesin spesial.

porsche theon design

Jika biasanya Theon Design menggunakan mesin naturally aspirated pada Porsche racikannya, kini mereka menggunakan mesin berkapasitas 3.600 cc, 6 silinder dan dipadukan supercharge buatan Rotex pada BEL001.

Klaim tenaga yang dihasilkan dari mesin tersebut mencapai 450 hp dengan torsi 500 Nm. Agar semakin ‘gurih’ saat dikendarai, transmisinya menggunakan manual 5-percepatan.

porsche theon design

Untuk mengimbangi mesin yang buas, Theon Design pun melakukan reinforce di bagian bodi Porsche 964 tersebut. Bodinya pun diperkuat dengan lapisan aluminium agar mampu menahan lontaran tenaga dari mesin.

Di bagian kaki-kaki, mereka menggunakan satu set suspensi adaptive damper lansiran TracTive. Suspensi tersebut terdiri dari beberapa mode yang bisa dipilih sesuai kebutuhan pengemudi.

Uniknya, suspensi adaptif tersebut ternyata dirancang khusus untuk Porsche 964. Diperkirakan handling yang akan dihasilkan dari mobil ini bisa setara Porsche generasi baru.

Agar tampilannya tidak terlalu ‘kuno‘ maka Theon Design mendesain ulang bagian interior Porsche tua ini. Dasbor, jok, setir, klaster instrumen, dan bagian interior lain disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

Nantinya proyek Porsche 964 dengan nama BEL001 ini akan diperkenalkan secara resmi di pertengahan tahun 2022. Theon Design pun sudah membuka keran pemesanan untuk custom order seperti BEL001 yang saat ini sedang dibuat.

Belum jelas berapa kisaran harga yang harus dikeluarkan untuk membangun sebuah Porsche 964 menjadi restomod seperti ini. Pastinya kisaran biaya yang harus dikeluarkan bisa setara dengan membeli Porsche baru lantaran harga Porsche 964 tua juga saat ini sudah sangat mahal.

Porsche tua di Indonesia pun seperti ini sudah menjadi buronan kolektor papan atas.

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts