Berita

Presiden Jokowi “Meluncurkan” Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5

Cikarang — Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri peresmian pabrik PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) di Cikarang, Jawa Barat, Rabu (16/3/2022). Dalam kesempatan tersebut, Jokowi menyebut dirinya juga “meluncurkan” mobil listrik Hyundai Ioniq 5.

“Hari ini saya datang ke Bekasi untuk menyaksikan, meluncurkan mobil listrik Ioniq 5,” kata Jokowi dalam pidatonya disaksikan di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

mobil listrik hyundai ioniq 5 jokowi

Momen setelah Presiden Jokowi menandatangani mobil Hyundai IONIQ 5. (Foto: Sekretariat Presiden)

>>>>> Cari mobil Hyundai baru dan bekas terbaik dari Carmudi di sini!

Ia menambahkan, Hyundai Ioniq 5 merupakan mobil listrik pertama yang dibuat di Indonesia. Mobil tersebut diproduksi untuk memenuhi pasar nasional maupun pasar ekspor.

“Saya harapkan mobil listrik Hyundai Ioniq 5 ini akan menjadi milestone penting dalam pengembangan kendaraan listrik di Indonesia. Memacu pengembangan mobil listrik yang makin canggih dan diminati,” sambungnya.

Meski demikian, istilah “meluncurkan” yang digunakan Jokowi lebih mengacu pada dimulainya produksi mobil listrik tersebut di pabrik Hyundai. Bukan berarti sudah dilepas ke pasar, seperti yang biasanya selama ini dipahami.

Hal tersebut disampaikan Head of Public Relations Hyundai Motors Indonesia (HMID) Uria Simanjuntak saat dihubungi melalui sambungan telepon.

“Hari ini grand opening ceremony pabrik. Memang dari sisi pabrik itu memperkenalkan Ioniq 5 karena akan diproduksi di sini. Bukan dalam artian yang biasa kita kenal (diluncurkan untuk publik), tapi sebenarnya ini sudah siap produksi,” katanya.

Mobil Listrik Hyundai IONIQ 5

Hyundai IONIQ 5 menjadi mobil listrik pertama yang diproduksi di Indonesia (Foto: Carmudi/Dimas)

Uria menambahkan, peluncuran Hyundai Ioniq 5 untuk publik akan dilakukan dalam waktu dekat.

>>>>> Cari mobil Hyundai baru dan bekas terbaik dari Carmudi di sini!

Mobil Listrik Sebagai Tumpuan Transportasi

Pada pidatonya, Jokowi berharap kendaraan listrik dapat menjadi moda transportasi utama di negara ini. Termasuk sebagai tumpuan transportasi ramah lingkungan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Pesan tersebut dibarengi penekanan pentingnya bagi Indonesia menjadi pemain dalam global supply chain industri mobil listrik. Menurut Jokowi, Indonesia memiliki sumber daya mineral sangat besar untuk mendukung pengembangannya.

“Pada tahun 2024, mobil-mobil listrik yang diproduksi di Indonesia sudah menggunakan baterai listrik dan juga komponen-komponen penting lainnya yang diproduksi di negara kita, Indonesia,” katanya.

tanda tangan jokowi di ioniq 5

Tanda tangan Presiden Jokowi di atas mobil Hyundai IONIQ 5. (Foto: Sekretariat Presiden)

Dikatakan Jokowi, pemerintah akan terus mendorong peningkatan lokal konten kendaraan listrik dengan pemberian insentif dan memangkas hambatan regulasi sehingga industri hulu dari kendaraan listrik juga akan tumbuh.

Seremoni peresmian pabrik ini diakhiri oleh Jokowi dengan membubuhkan tanda tangan di atas kap mesin Hyundai Ioniq 5.

>>>>> Cari mobil Hyundai baru dan bekas terbaik dari Carmudi di sini!

Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts